Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Museum Bahari Lanal Yogyakarta Gelar Lomba Cerdas Cermat Kemaritiman Ke-3 Se-DIY | Lawu Post

Museum Bahari Lanal Yogyakarta Gelar Lomba Cerdas Cermat Kemaritiman Ke-3 Se-DIY

Jumat, 23 Agustus 20190 comments

DIY (LawuPost.Com) Museum Bahari bekerjasama dengan Pangkalan TNI AL (Lanal) Jogyakarta, Lantamal V, Kparmada ll menggelar Lomba Cerdas Cermat Kemaritiman Tingkat SLTP dan SLTA Sederajat Se-DIY, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-10 Musium Bahari dan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI Tahun 2019, Jumat  (23/8).

Lomba Cerdas Cermat kemaritiman kali ini, memperebutkan piala Laksamana TNI (Purn) Dr. Marsetio, M.M (Kepala Staf TNI Angkatan Laut Tahun 2012-2015), dengan mengusung tema “Mengenal Dunia Maritim Indonesia”, bertempat di Hall A dan B hotel Dermaga Keluarga Jl. Ambarbinangun No 470 Sonosewu Baru, Ngestiharjo, Kasihan Bantul Yogyakarta.

Tampak hadir Laksamana TNI (Purn) Dr. Marsetio, M.M bersama Ny. Peni Marsetio, Pembina Musium Bahari Laksdya TNI (Purn) Y. Didik Heru P, Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Marinir Bambang Adriantoro, Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Yogyakarta Letkol Laut (P) R. Haryo Wiji Pratomo, S.H, M Mar Stud, Ketua Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Laut (PPAL) DIY Kolonel Marinir (Purn) Suwalino, perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi DIY, unsur TNI Polri DIY serta para siswa-siswi peserta didampingi guru pembina.

Perwira Staf Potensi Maritim (Paspotmar) Lanal Yogyakarta Mayor Laut (P) Wahono selaku Ketua Panitia mengatakan  bahwa tujuan lomba ini adalah untuk mencetak generasi muda yang cinta terhadap laut, bahwa 2/3 wilayah negara kita adalah laut yang harus dimaknai laut bukan sebagai pemisah namun sebagai pemersatu wilayah negara kesatuan republik Indonesia.
Penyelenggara kegiatan tahun ini merupakan yang ke-3 kalinya dan mengundang animo luar biasa dari masyarakat DIY, terutama pelajar sebagai peserta lomba maupun hadir menyaksikan jalannya lomba, tercatat peserta tingkat SMP diikuti 24 regu dan tingkat SMA diikuti 27 regu.

Laksdya TNI (Purn) Yosefat Didik Heru Purnomo selaku Pembina Museum Bahari Yogyakarta menyampaikan bahwa pelaksanaan lomba cerdas cermat kemaritiman yang digelar, merupakan bukti semangat dan kecintaan kita akan dunia maritim Indonesia, dimana tidak ada negara besar di dunia yang tidak menguasai laut dan sejarah membuktikan bahwa negara kita juga pernah mencapai kejayaan maritim pada era kerajaan Sriwijaya dan Majapahit.

Sementara itu Laksamana TNI (Purn) Dr. Marsetio, dalam sambutannya menyatakan rasa syukur bahwa presiden Joko Widodo sebagai presiden Republik Indonesia memiliki konsep dan memproyeksikan kesejahteraan rakyat Indonesia dengan bertumpu pada visi misi penguasaan maritim dan menjadikan negara kita sebagai poros maritim dunia.

Usai sambutan, mantan Kasal ini membuka lomba cerdas cermat dengan penekanan tombol disertai menyanyikan bersama lagu Nenek Moyangku Seorang Pelaut, dilanjutkan menyaksikan langsung pelaksanaan lomba cerdas cermat kemaritiman.

Pada kesempatan lomba cerdas cermat kemaritiman tahun ini, keluar sebagai juara 1 tingkat SMA oleh SMAN 1 Wonosari, juara 2 oleh SMAN 9 Yogyakarta dan juara 3 oleh SMAN 8 Yogyakarta. Tingkat SMP juara 1 oleh SMPN 2 Wonosari, juara 2 oleh SMP PL 1 Yogyakarta dan juara 3 oleh SMP Muh 3 Yogyakarta, hadiah pemenang lomba diserahkan langsung oleh Laksamana TNI (Purn) Dr. Marsetio, M.M. (Dispen Lantamal V)

______________________________
Team Redaksi www.lawupost.com
Reporter/Editor : Yudi

Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost