Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Kasum TNI Buka Rakorwas Inspektorat TNI dan Kemhan Tahun 2018 | Lawu Post

Kasum TNI Buka Rakorwas Inspektorat TNI dan Kemhan Tahun 2018

Rabu, 12 Desember 20180 komentar

Puspen TNI (LawuPost.Com) Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksdya TNI  Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A. mewakili Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. membuka Rapat Koordinasi Pengawasan (Rakorwas) Inspektorat TNI dan Kemhan Tahun 2018, bertempat di Aula Gatot Soebroto, Mabes TNI, Cilangkap Jakarta Timur, Rabu (12/12/2018).

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam sambutannya yang dibacakan Kasum TNI Laksdya TNI  Dr. Didit Herdiawan menyampaikan bahwa pengawasan merupakan salah satu proses untuk menegaskan seluruh aktifitas pengelolaan administrasi dari pelaksanaan tugas yang diselenggarakan oleh suatu organisasi telah sesuai dengan program kerja yang sudah direncanakan, untuk mencapai tujuan dari organisasi tersebut.

“Proses pengawasan dapat memberikan nilai, analisis dan rekomendasi bahwa hasil laporan penyelenggaraan program kerja telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujarnya.

Panglima TNI mengatakan bahwa Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) merupakan pengawas intern, dan pembina penyelenggaraan sistem, serta pengendali intern pemerintah di lingkungan TNI.

“Salah satu indikator keberhasilan bidang penguatan pengawasan adalah profesionalisme APIP.  Peran APIP disamping melaksanakan tugas sebagai auditor, juga melaksanakan review terhadap Laporan Keuangan (LK), Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan review atas Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP),” jelasnya.

Menurut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, sangatlah tepat bila Rakorwas Inspektorat TNI dan Kemhan Tahun 2018 mengambil tema “Penguatan Peran APIP Yang Profesional Dalam Mendukung Pelaksanaan DIPA Sebagai Otorisasi Guna Mewujudkan Opini WTP di Lingkungan TNI dan Kemhan”.

Diakhir sambutannya Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto berharap agar APIP harus lebih meningkatkan kemampuan profesionalisme yang meliputi kemampuan teknis, manajerial, dan konseptual yang terkait dengan audit, guna memberikan keyakinan sebelum dokumen laporan/RKA dilaporkan kepada Kementerian Pertahanan.

Autentikasi : Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Taibur Rahman

________________________________
Team Redaksi www.lawupost.com
Reporter/Editor : Yudi
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

NUSANTARA BERSATU

PEMKOT CIMAHI

PEMKOT CIMAHI

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost