Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Unjani Kembali Luluskan 1.820 Wisudawan | Lawu Post

Unjani Kembali Luluskan 1.820 Wisudawan

Kamis, 11 Oktober 20180 komentar

Cimahi (LawuPost.Com) Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) kembali mewisuda 1.820 mahasiswanya di Gedung Sasana Krida, Kampus Unjani Kota Cimahi, Kamis (11/10/2018).

Diawal sambutannya Rektor Unjani, Mayjen TNI (Purn.) Witjaksono MSc NSS, memberikan ucapan khusus selamat kepada seluruh para wisudawan.


Dalam kesempatan tersebut Mayjen TNI (Purn.) Witjaksono juga memberikan laporan highlight terbaru, terkait dengan perkembangan Unjani pada semester kedua tahun 2018.

Pertama, Secara Eksternal Bahwa Dalam
Rangka Penguatan Tugas Pokok Dan Fungsi Kopertis, Berdasarkan Pemenristekdikti No.15 Tahun 2018, Kopertis Bertransformasi Menjadi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi. LL-DIKTI merupakan satuan kerja pemerintah yang berfungsi membantu meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi tidak hanya bagi perguruan tinggi swasta, melainkan juga perguruan tinggi negeri.

Terkait adanya perubahan tersebut, unjani
tentu akan senantiasa berkomitmen untuk menjadikan arahan dari LL-DIKTI sebagai pedoman dalam melakukan tata kelola perguruan tinggi, yang sesuai standar nasional pendidikan tinggi, dengan dukungan penuh dari Yayasan Kartika Eka Paksi.

Dengan adanya perubahan ini, saya juga turut menghimbau kepada segenap pejabat dan staf terkait, untuk semakin optimal dalam menyampaikan data dan informasi
penyelenggaraan perguruan tinggi setiap akhir semester melalui aplikasi pddikti, yang menjadi dasar dan sumber informasi perguruan tinggi secara nasional.

Kedua,
seiring dengan peningkatan animo masyarakat untuk melanjutkan studi di Unjani, kami juga telah merencanakan beberapa langkah strategis untuk mengantisipasi ledakan jumlah mahasiswa yang mungkin saja terjadi, dalam beberapa tahun yang akan datang.

Sebagai gambaran bahwa tahun ini, Unjani
menerima sebanyak 14.272 pendaftar untuk pilihan satu dan dua. dari target sebanyak 3640 mahasiswa baru, kami telah menerima sebanyak 3680 mahasiswa atau mencapai 101,1 % melebihi target yang sudah dicanangkan.

Oleh karena itu kedepan, kami akan menerapkan mekanisme ujian berbasis komputer atau CBT, khususnya di beberapa program studi favorit, agar kami betul-betul dapat melakukan penyaringan calon mahasiswa, bukan sekedar penjaringan calon mahasiswa.

Selain itu, mekanisme CBT juga akan lebih menjamin ujian yang bebas dari praktek-praktek kecurangan dalam bentuk apapun. jika ledakan mahasiswa ini tidak diantisipasi sejak awal, selain unjani akan semakin sulit mencapai rasio dosen ideal, kami juga dihadapkan pada keterbatasan lahan  untuk menyediakan berbagai fasilitas pendukung perkuliahan, seperti ruang kelas, laboratorium, maupun lahan parkir kendaraan bagi mahasiswa.

Pada kesempatan ini, secara khusus kami juga menyampaikan terima kasih kepada Bapak Ketua Pengurus Yayasan Kartika Eka Paksi, atas komitmen-nya dalam terus melakukan pembangunan fisik di Unjani.

Insyaallah tidak lama lagi, kita bersama akan segera meresmikan penggunaan Masjid Al Hidayah, gedung serbaguna fakultas kedokteran, dan juga gedung fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, yang semoga peresmiannya dapat dihadiri secara langsung oleh Bapak Kepala Staf Angkatan Darat, Selaku Ketua Pembina Yayasan Kartika Eka Paksi, Jenderal TNI Mulyono.

Ketiga,
berdasarkan usulan dari mahasiswa terkait dengan pelaksanaan job fair dan pendidiran career and development center di unjani, kami laporkan bahwa saat ini tim sudah menyelesaikan perangkat aturannya terlebih dahulu, dengan memasukkan unit ini ke dalam statuta Unjani 2018 dan rancangan struktur organisasi dan tugas unjani yang baru.

Dalam operasionalisasinya, kami juga berharap unit CDC ini tidak hanya dapat mewadahi mahasiswa ataupun alumni yang ingin mengembangkan karir sebagai pegawai, tetapi juga diharapkan CDC dapat memberikan jalan kepada para mahasiswa ataupun alumni untuk memulai wirausaha, melalui serangkaian program-program yang sedang kami susun.

Keempat, dalam rangka senantiasa meningkatkan kualitas Tri Dharma perguruan tinggi yang dilakukan oleh Unjani, kami juga baru saja menandatangani letter of intent, yang menjadi awal dari kerjasama antara unjani dan university of hawai’i. Hal-hal yang menjadi isu utama dalam kerjasama tersebut, antara lain dalam bidang pengelolaan lingkungan hidup, khususnya terkait dengan kontribusi Unjani dalam program citarum harum.

Dengan terus memformulasikan kebijakan-kebijakan yang didasarkan pada kebutuhan mahasiswa dan perkembangan dunia pendidikan tinggi di lingkungan LL-DIKTI wilayah 4 khususnya, kami mengharapkan bahwa Unjani akan mampu bersaing, tidak hanya dalam aspek kualitas pembelajaran, tetapi juga dari segi lulusan, yang harus mampu beradaptasi dan acceptable, terhadap tuntutan perubahan di era revolusi industri yang ke-4 ini.

Mayjen TNI (Purn.) Witjaksono juga berpesan kepada para wisudawan dan wisudawati agar tetap terus menjadi pribadi-pribadi intelektual yang rendah hati. Nilai-nilai Keachmadyanian yang dikemas dalam istilah kick; keen, integrity and intiative, courage and creativity serta knowledge, perlu senantiasa di pedomani.

Dalam rangka mempersiapkan diri untuk memasuki tahun politik yang akan datang, saya juga menghimbau kepada seluruh wisudawan dan wisudawati, untuk tetap memposisikan diri sebagai agent of change, bukan justru malah menjadi destructive agent. Jadilah orang-orang yang bijak, khususnya dalam menggunakan media sosial, agar kita turut berkontribusi dalam menjaga iklim politik yang sejuk di tengah optimisme saudara nanti, dalam masa-masa awal membangun karir.

Di tempat yang sama ketua pengurus YKEP Adi Mulyono menyampaikan pesan yang sama kepada para wisudawan/wati, Saya dan seluruh pengurus Yayasan Kartika Eka Paksi mengucapkan selamat kepada para wisudawan/wisudawati yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan di Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi dan dinyatakan lulus dengan menyandang predikat magister, sarjana, profesi  dan ahli madya.

Perlu saudara ketahui bahwa orang yang paling bersyukur dan bahagia atas diwisudanya saudara sekalian pada saat ini adalah orang tua dan wali para wisudawan/ wisudawati sekalian, karena salah satu do’anya telah terkabul, yaitu menyaksikan putra dan putrinya diwisuda.

Oleh karenanya saudara sekalian patut bersyukur dan berterima kasih kepada orang tua saudara sekalian, wujudkan rasa syukur dan terima kasih saudara dengan terus belajar dan mengembangkan diri serta bekerja lebih keras dan melakukan hal-hal positif yang bermanfaat bagi orang tua, keluarga, nusa dan bangsa.

“Buktikan kepada orang tua, keluarga, dan masyarakat, bahwa saudara adalah sarjana-sarjana yang memiliki kualitas, keunggulan, ketangguhan, dan integritas, yang siap bekerja secara cerdas dan tuntas,” terangnya. (***)

________________________________
Team Redaksi www.lawupost.com
Reporter/Editor : Yudi
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

NUSANTARA BERSATU

KODAM III/ Siliwangi

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost