Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Partisipasi Aktif Lanal Denpasar Dalam Lomba Perahu Layar Dan Tangkap Itik Di Pantai Lovina Kabupaten Buleleng | Lawu Post

Partisipasi Aktif Lanal Denpasar Dalam Lomba Perahu Layar Dan Tangkap Itik Di Pantai Lovina Kabupaten Buleleng

Rabu, 08 Agustus 20180 komentar

Banjar (LawuPost.Com) Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke – 73 tahun 2018, Kabupaten Buleleng menggelar kegiatan lomba Perahu Layar Tradisional. Tim Sinar Bahari dari Desa Kaliasem, Kecamatan Banjar serta Tim Satria Samudra dan Bhineka Samudra dari Desa Sangsit Kecamatan Sawan mendominasi juara Lomba Perahu Layar.

Perlombaan kali ini menempuh rute mulai dari pantai Kerobokan, Kecamatan Sawan hingga pantai Bina Ria Lovina, Kecamatan Banjar, Singaraja Kab. Buleleng Bali dan diikuti oleh para peserta dengan penuh semangat dan kebersamaan.

Acara lomba dibuka dan dilepas oleh Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.Og tersebut dihadiri oleh Komandan Lanal Denpasar, Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko dan para pejabat Muspida Pemkab Buleleng serta tamu undangan dari seluruh elemen masyarakat Kab. Buleleng.

Dalam pernyataannya, Kadis Perikanan dan Kelautan Kabupaten Buleleng, Ir. Made Arnika mengatakan bangga dan terima kasih atas partisipasi warga masyarakat pesisir pantai dalam menyukseskan kegiatan rutin setiap tahun memperingati HUT Kemerdekaan RI.

Pada kesempatan yang sama, Pak Made juga menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan tahun ini pihaknya telah berkolaborasi dengan dinas terkait seperti Disbudpar maupun Distanak yang menyiapkan kegiatan lomba, seperti lomba gebuk bantal maupun lomba menangkap itik di pantai, semata-mata untuk lebih meningkatkan cinta bahari terhadap masyarakat.

Perlombaan ditandai dengan pelepasan balon oleh Wakil Bupati Buleleng didampingi oleh Danlanal Denpasar, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Buleleng,  serta segenap Muspida Kabupaten Buleleng dari atas kapal Sar BNPB Kab. Buleleng di pantai Kerobokan Kec. Sawan dan finish di pantai Binaria Lovina.

Pangkalan TNI AL Denpasar (Lanal) dalam hal ini Pos TNI AL (Posal) Celukan Bawang dan Posal Sangsit menurunkan tim rubber boat nya serta mengerahkan personel untuk melaksanakan pengamanan perairan. Serta membawa Itik-itik dengan rubber boat Posal Celukan Bawang serta melepaskan itik – itik tersebut untuk diperebutkan di garis finish. Suatu bentuk kepedulian TNI AL dalam memberikan contoh untuk mencintai kebaharian karena Negara kita adalah sebagian besar adalah laut.

Tahun 2018, peserta lomba perahu diikuti oleh 70 peserta dari 5 kecamatan di Kabupaten Buleleng, yaitu Kecamatan Sawan 15 peserta, Kecamatan Buleleng 36 peserta, Kecamatan Banjar 10 peserta,Kecamatan Seririt 8 peserta dan Kecamatan Gerokgak 1 peserta. Koordinator Dewan Juri Sugiantono, S.H., dari unsur Koni menetapkan Tim Sinar Bahari Desa Kaliasem yang diperkuat Saiful Rahman dan Rahmat Hidayat Sah sebagai juara I. Disusul rekannya Mursalim bersama Aziz Satria Samudera Kec. Sawan sebagai juara II dan juara III diambil oleh Tim Bhineka Samudera, Kec. Sawan atas nama Sadikin dan Sudirja. Hadiah kepada para juara diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Buleleng  didampingi Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Buleleng Ny. Aries Suradnyana dan Ny. Ayu Wardhani Sutjidra.

Wakil Bupati Buleleng ketika ditemui usai penyerahan hadiah menyatakan, lomba perahu layar ini menjadi tradisi yang harus dilestarikan, meskipun lomba didominasi oleh beberapa kelompok nelayan saja, namun antusiasme dari membludaknya jumlah peserta bisa dijadikan tolok ukur kesuksesan pembinaan bahari yang gencar dilakukan Pemkab Buleleng melalui Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) bersama-sama unsur Maritim dari Potensi Maritim Pangkalan TNI AL Denpasar.

“Semua peserta telah semangat dan sportivitas dalam bertanding, dari kegiatan ini membuka mata kita, bahwa tugas untuk melestarikan potensi bahari tidak hanya menjadi tugas nelayan semata,melainkan tugas kita semua dikarenakan Negara kita sebagian besar adalah lautan” tegas Wakil Bupati.(Lantamal V )

Team Redaksi www.lawupost.com
Reporter/Editor : Krisna S
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

NUSANTARA BERSATU

KODAM III/ Siliwangi

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost