Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Bakamla Latihan Bilateral Dengan Japan Coast Guard di Perairan Utara Jakarta | Lawu Post

Bakamla Latihan Bilateral Dengan Japan Coast Guard di Perairan Utara Jakarta

Rabu, 11 Juli 20180 comments

Jakarta ,Humas Bakamla (LawuPost.Com) "Ini bukan latihan militer, namun latihan operasi bersama keamanan dan keselamatan maritim", ucap Direktur Latihan Bakamla Laksma TNI Eko Jokowiyono, S.E., M.Si. pada saat acara live bersama stasiun Televisi Republik Indonesia menjelang keberangkatan kapal-kapal untuk melaksanakan Latihan Bersama di Perairan Jakarta Utara, Rabu (11/7/2018).

Yang perlu digarisbawahi, lanjutnya, kita menjaga keamanan dan keselamatan laut di perairan Indonesia ini bersama beberapa instansi lainnya, secara bersinergi. Oleh karena itu dalam latihan bersama ini juga melibatkan unsur-unsur dari Polair, KKP, KPLP dan Basarnas.

Dalam latihan bersama ini setiap unsur memiliki perannya masing-masing. Skenario dibuat dalam upaya menjaga keamanan dan keselamatan laut. Unsur-unsur maritim Indonesia bersama kapal patroli JCG di laut berlatih bersama dalam beberapa jenis formasi latihan, yaitu Formasi Komunikasi yang dipimpin oleh JCG Tsugaru PLH-02 mulai dari Flash, Whistle dan Flag, dilanjutkan dengan pengambilan kendali pimpinan seluruh kapal oleh Bakamla KN Tanjung Datu 1101 dalam Formasi Pencarian Suspect Ship Search Training terhadap kapal yang diduga menyelundupkan narkoba melalui Perairan Natuna Utara menuju Laut Jawa. Dalam pencarian ini, informasi posisi kapal suspect diperoleh dari Pusat Informasi Maritim yang berada di Mako Bakamla.

Ketika posisi kapal terduga pembawa narkoba sudah diketahui, aksi lanjut dilakukan oleh KPLP KN Alugara selaku OCS yang memimpin pembentukan Formasi Pengejaran dan Penangkapan kapal suspect Pursuit and Capture Training. Terhadap kapal suspect yaitu KN Basudewa yang telah ditangkap, dilakukan pemeriksaan oleh Polair KP Jalak dan KKP KP Hiu Macan Tutul yang menempati posisi di sebelah kanan dan kiri kapal suspect sehingga kapal berhasil diamankan.

Tidak hanya operasi keamanan laut, seluruh unsur yang terlibat juga melakukan formasi penyelamatan. Dalam hal ini Basarnas KN Basudewa memimpin pelaksanaan pencarian dan penyelamatan korban jatuh di laut dengan memerintahkan KP Jalak dan KP Hiu Macan Tutul untuk melaksanakan evakuasi terhadap korban, bahkan heli Basarnaspun dikerahkan untuk mendukung aksi penyelamatan ini.

Terlihat keberadaan media lokal, nasional, dan internasional  meliput kegiatan latihan bersama Indonesia dan Jepang yang diinisiasi oleh Bakamla bersama Japan Coast Guard ini, yang mana merupakan kegiatan latma pada tingkat bilateral untuk pertama kalinya. Sebelumnya memang telah beberapa kali dilakukan latihan bersama antara Bakamla dengan JCG, namun sifatnya multilateral karena juga melibatkan banyak negara lainnya.


Autentikasi: Kasubbag Humas Bakamla, Mayor Marinir Mardiono
 
 
Admin : Erwin M
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost