Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Komandan Lanal Cilacap Berikan Kultum di Masjid Agung Darussalam Cilacap | Lawu Post

Komandan Lanal Cilacap Berikan Kultum di Masjid Agung Darussalam Cilacap

Minggu, 03 Juni 20180 komentar

Cilacap (LawuPost.Com) Dengan tema "Toleransi Dalam Islam", Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Cilacap Lantamal V Kolonel Laut (P) Agus Prabowo Adi, S.E. didaulat menyampaikan Kultum Ba'da Isya dan Shalat Taraweh bersama masyarakat kota Cilacap yang dilaksanakan di Masjid Agung Darussalam Cilacap Jl. Jendral Sudirman Kel. Sidanegara Kec. Cilacap Tengah Kab. Cilacap. Sabtu (02/18).

Dalam Ceramahnya, Komandan Lanal Cilacap menyampaikan beberapa hal diantaranya Toleransi adalah merupakan salah satu diantara sekian banyak ajaran inti dalam Islam toleransi juga sejajar dengan ajaran fundamental yang lain seperti kasih sayang (Rohman) dan kebijaksanaan (hikmah).

Toleransi dalam Islam disebut Tasammuh yang berarti membiarkan atau memperbolehkan  orang lain menjadi diri mereka sendiri menghargai orang lain dengan menghargai asal usul dan latar belakang mereka dan sekarang kita hidup di suatu negara yang mempunyai kemajemukan adat istiadat,budaya dan agama yang memiliki tujuan luhur yaitu terciptanya kerukunan baik intern agama maupun antar agama.

Kita lanjutnya,  mengakui eksistensi suatu agama, sebagai orang muslim tetaplah kokoh dengan akidah kita bahwa "Inna Dinna Indallohil Islam bahwa agama yang di sisi Allah adalah Islam.

Biarlah mereka menjalankan ibadah sesuai dengan akidah mereka, dan kitapun bebas menjalankan ibadah sesuai yang kita anut tanpa ada gangguan dari orang lain dan perlu kita yakin bahwa pluralitas agama yang di Indonesia ini bukanlah suatu kebetulan akan tetapi sudah menjadi rencana Allah SWT dan sebagai ujian buat kita agar kita bisa menentukan dan memilih agama mana yang paling benar dan yang akan kita pertanggung jawaban di hadapan Allah SWT di akherat kelak.

Sebagai mana di firman kan oleh Allah SWT didalam surat An Nahl Ayat 93 yang artinya : "Dan kalau Allah menghendaki niscaya Allah jadikan kalian satu kaum saja, (Pemeluk satu agama saja) dan Allah menyesatkan siapa yang dikehendaki, dan memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan sesungguhnya kalian akan ditanya tentang apa yang kalian kerjakan".

Memperkuat keyakinan atas kebenaran ajaran Islam dengan tidak mengikuti ajaran agama lain, dengan tidak menjelekan dan mencaci maki sesembahan mereka sebagaimana dijelaskan oleh Allah SWT di dalam Surat Al Anam ayat 100 yang artinya : Dan janganlah kamu memaki sesembahan yang mereka sembah selain Alloh SWT. Karena mereka nanti akan memaki Allah SWT dengan melampaui batas tanpa dasar pengetahuan.

Demikian kami jadikan setiap umat menganggap baik pekerjaan mereka, kemudian kepada Tuhan tempat kembali mereka, lalu dia akan memberitahukan kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan.

Menolak dakwah yang bertentangan dengan ajaran Islam dengan cara yang baik dan dengan amar ma'ruf nahi mungkar, yaitu dengan memberikan contoh-contoh yang baik dan tidak mencampur adukan antara ajaran agama yang kita anut dengan ajaran agama yang lain.

Dengan demikian maka akan tercipta kedamain dan kerukunan di dalam mengamalkan ajaran agama masing-masing. Selesai kultum dilanjutkan Sholat Taraweh berjama'ah dengan Imam Kyai Sholihat, S.Ag. yang diikuti sekitar 500 jama'ah yang terdiri dari Personil Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lanal Cilacap beserta Masyarakat Kabupaten Cilacap.(Lantamal V/Red)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

NUSANTARA BERSATU

PEMKOT CIMAHI

PEMKOT CIMAHI

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost