Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Hari Kesehatan Nasional Ke-52 Tingkat Kabupaten Tasikmalaya | Lawu Post

Hari Kesehatan Nasional Ke-52 Tingkat Kabupaten Tasikmalaya

Minggu, 20 November 20160 comments

Kab, Tasikmalaya (LawuPost) ’’Program prioritas pembangunan kesehatan pada periode 2015-2019 dilaksanakan melalui program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga, sebagai tindak lanjut Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga’’. Hal tersebut dikatakan  Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum, menghadiri pada kegiatan Hari Kesehatan Nasional Ke-52 Tingkat Kabupaten Tasikmalaya, di Kecamatana Jamanis, Senin (14-11-2016). Hadir pada kegiatan tersebut Ketua Komisi 4  DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Usman Kusmana, S. Ag, H. Doni, Drs. H. Asep Husen, M.Si, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda  Kabupaten Tasikmalaya, drh. H.  Budi Utarma Wahyudin, MM,  para Kepala SKPD Kabupaten Tasikmalaya, para Camat se- Kabupaten Tasikmalaya, para Kepala Desa serta para tamu undangan lainnya.

Dikatakan Bupati Uu, dalam rangka penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, ditetapkan 12 indikator utama sebagai penanda status kesehatan sebuah keluarga, yaitu 1. Keluarga mengikuti Program Keluarga Berencana (KB), 2. Ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan, 3. Bayi mendapatkan imunisasi dasar lengkap, 4. Bayi mendapatkan air susu ibu asi eksklusif, 5. Balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan, 6. Penderita turbeculosis paru mendapatkan pengobatan sesuai standar, 7. Penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur. 8. Penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak terlantarkan , 9. Anggota keluarga tidak ada yang merokok, 10. Keluarga menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), 11. Keluarga mempunyai akses sarana air bersih dan 12. Keluarga menggunakan jamban sehat.

Lebih lanjut Bupati mengungkapkan, program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, bertujuan agar masyarakat berperilaku sehat, sehingga berdampak pada kesehatan yang terjaga, terciptanya lingkungan yang bersih. Jika dalam kondisi sehat, produktivitas masyarakat akan meningkat dan biaya yang dikeluarkan masyarakat untuk berobat akan berkurang. ’’Kegiatan Germas hidup sehat dilakukan dengan cara  melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersehkan lengkungan dan menggunakan jamban’’, tegas Bupati.

Diungkapkan Bupati Uu,  pelaksanaan Germas harus dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat, Pemerintah Pusat dan Daerah, swasta, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, serta masyarakat, untuk bersama-sama berkontribusi menciptakan gerakan masyarakat hidup sehat.

’’Tema Hari Kesehatan Nasional ke-52 adalah Indonesia Cinta Sehat dengan Sub Tema Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat. Hal ini dimaksudkan untuk membangkitkan kembali pesan-pesan kesehatan bahwa kesehatan bahwa sehat itu harus dijaga, bergaya hidup sehat, berpartisipasi aktif dalam jaminan kesehatan nasional. Sehingga nantinya akan terbangun kemandirian masyarakat yang sadar akan kesehatan untuk mencapai pada Indonesia kuat’’, imbuh Bupati Uu.

Pada kegiatan Hari Kesehatan Nasional Ke- 52 Tingkat Kabupaten Tasikmalaya, Bupati mengajak segenap jajaran kesehatan, para penmangku kepentingan, mitra kesehatan dan seluruh elemen masyarakat, untuk melaksanakan pengabdian bidang kesehatan baik di fasilitas pelayanan milik pemerintah maupun fasilitas kesehatan swasta. Tantangan kesehatan saat ini, imbuh Bupati, Indonesia menghadapi masalah kesehatan Triple Buden yaitu masih tingginya penyaki infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular dan muncul kembali penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi.

Pada kesempatan yang sama Panitia Hari Kesehatan Nasional Ke-52 Tingkat Kabupaten Tasikmalaya, dr. H. Oki Zulkifli Duski, M. Epid, menyampaikan laporan, kegiatan Peringatan Hari Kesehatan Nasional di isi oleh berbagai kegiatan antara lain, Pekan Olahraga Kesehatan dan Kesenian,  Seminar Kesehatan, Pemilihan Tenaga Kesehatan dan Kader Kesehatan Teladan dan Fasilitas Kesehatan Berprestasi, Pemeriksaan Kesehatan bagi Lansia, Pemeriksaan Hemoglobin pada Remaja,  Donor Darah, Gosok Gigi masal, dan Jalan Sehat.(Yr) 
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost