Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) 40 Persen Dana Desa Tahap II Sudah Disalurkan | Lawu Post

40 Persen Dana Desa Tahap II Sudah Disalurkan

Senin, 17 Oktober 20160 comments

Ciamis (LawuPost) – Sebanyak  137 desa di Kabupaten Ciamis sudah menerima anggaran dana desa tahap kedua. Pencairan anggaran desa tersebut sudah dilaksanakan pada awal Bulan September lalu dari Dinas Keuangan melalui rekening masing-masing kantor desa.

Ketua Tim penyusun Anggaran Daerah (TPAD) sekaligus Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis, Drs. H. Herdiat S, MM menerangkan, sebanyak 43 desa sudah melengkapi persyaratan pencairan. Dengan kata lain, dana desa sudah bisa dicairkan, sehingga total keseluruhan mencapai 180 desa menerima dana desa tahap kedua. “Dari sisa keseluruhan mencapai 78 desa yang belum menerima dana desa, namun kami sangat optimis jika pencairan dana desa tahap kedua ini dapat berjalan dengan lancar, “kata H. Herdiat saat mengunjungi Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Ciamis.

Menurut H. Herdiat, dana desa dilaksanakan secara bertahap terutama bagi seluruh desa yang sudah menyelesaikan persyaratan, khususnya laporan pertanggungjawaban penggunaan dana desa pada tahap pertama. “Bagi yang belum menyelesaikan persyaratan pencairan dana desa agar segera menyelesaikannya. Sehingga semua desa bisa segera menyerap dana desa tahap kedua ini. Dana desa bisa segera dicairkan melalui proses yang sudah semestinya, “jelasnya.

H. Herdiat menghimbau kepada seluruh Kepala desa seta perangkatnya untuk segera melaksanakan pembangunan ataupun pemberdayaan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan Pemerintah Pusat. “Pada tahun 2016 pelaksanan tinggal tiga bulan lagi, pembangunan harus segera dilaksanakan dengan baik, baik dari hasil pembangunan dan administrasinya, “ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala BPMPD Ciamis, H. Lily Romli, SH.,MM didampingi Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Drs. Dian Budiana, M.Si menambahkan, penyaluran dana desa di Kabupaten Ciamis berjalan lancar. Untuk dana desa tahap 1 tahun 2016 sudah terserap 100 persen. “Alhamdulillah, pencairan dana desa di Ciamis selalu bisa terealisasi berkat kerjasama semua pihak, “ucapnya.

H. Lily menjelaskan, Dana Desa di Kabupaten Ciamis mengalami kenaikan yang signifikan. Di tahun 2015 sekitar Rp. 74 miliar lebih dan tahun 2016 Rp. 167,8 miliar. Proses pencarian dana Desa tersebut pada tahun 2016 in dilaksanakan dua tahap, tahap pertama yaitu 60 persen atau sekitar Rp. 100.700.771.200 dan tahap kedua 40 persen senilai Rp. 67.137.180.800.

Adapun realisasi pencairan dana desa tahap dua gelombang 1 sebanyak 80 desa sudah terealisasi sebesar Rp. 20 miliar, pencairan tahap ke 2 sudah terealisasi untuk 57 Desa sebesar Rp. 14 miliar dan untuk gelombang tiga sebanyak 43 Desa sebesar Rp. 11 miliar. “Mudah-mudahan 78 Desa lagi bisa segera menyusul pencairan, kita akan bantu agar dana Desa bisa segera terserap, ‘tandasnya. (mamay)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost