Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Pemkab Bandung Barat Gelontorkan 2,6 M Untuk Bankeu Parpol | Lawu Post

Pemkab Bandung Barat Gelontorkan 2,6 M Untuk Bankeu Parpol

Jumat, 14 April 20230 comments


LAWUPOST.COM  kabupaten Bandung Barat,- Badan Kesbangpol Kabupaten Bandung Barat bakal cairkan bankeu partai politik atau bantuan keuangan partai politik.

Bahkan terkait rencana bakal cairkan bankeu partai politik, Badan Kesbangpol Bandung Barat menargetkan bisa mulai mencairkan bankeu partai politik pada bulan April 2023.

Namun,  Kata Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Kesbangpol KBB Didin Suhendar, rencana bakal cairkan bankeu partai politik tersebut,  tinggal menunggu laporan hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan atau LHP BPK.

Pencairan Bankeu Parpol KBB Menunggu LHP BPK terkait pemeriksaan bankeu untuk parpol,” ujar Didin saat ditemui dikantornya, Rabu 12 April 2023.

Masih kata Didin, LHP BPK keuangan parpol pada tahun 2022 menjadi syarat pencairan. 

“Salah satu yang menjadi tahapan yang harus dilakukan oleh kita, dan itu juga tersosialisasikan ke partai politik, adalah terlebih dahulu kami harus menunggu LHP BPK,” ungkap didin.

Masih kata Didin Suhendar, bahwa untuk parpol sendiri sudah menyampaikan pengajuan pencairan ke Kesbangpol KBB. Namun, kembali ditegaskan Didin bahwa, pencairan menunggu LHP BPK.

Sebagaimana dijelaskan dalam Peraturan menteri dalam negeri RI nomor 36 tahun 2020. Bahkan LHP BPK menjadi syarat pencairan bankeu parpol.

“Seluruh parpol sudah mengusulkan pengajuan untuk pengajuan pencairan dana tersebut, ke Bakesbangpol KBB dan telah selesai diverifikasi untuk  pengajuan  pencairan bantuan keuangan (Bankeu) partai politik (parpol) tahun 2023.

Anggaran bankeu parpol KBB tahun 2023 totalnya sebesar Rp2,6 miliar yang akan didistribusikan pada 10 parpol pemenang Pemilu pada tahun 2019, jelas didin

Masih kata Didin bahwa, nilai bankeu untuk parpol  sebesar Rp3000/suara, besaran bankeu yang diterima parpol variatif tergantung hasil raihan suara pada Pemilu Legislatif (Pileg) tahun 2019.

Untuk wilayah KBB, pemenang Pemilu 2019 adalah PDIP, PKS, Gerindra, Golkar, Demokrat, PKB, Nasdem, PAN, PPP dan Perindo.

Pada saat Pemilu 2019, PDIP meraih 142.433 suara, PKS 127.797 suara, Gerindra 126.844 suara, Golkar 98.699 suara, PKB 79,479 suara, Demokrat 76.792 suara, PAN 71.080 suara, Nasdem 61.226, PPP 55.922 suara dan Perindo 30.617 suara.

Didin juga mengatakan,  bahwa angka bankeu parpol per satu suara pada tahun 2024 rencananya bakal dinaikkan menjadi Rp4.500/ suara. Hal itu, sebagai bentuk perhatian Pemkab Bandung Barat terhadap Parpol KBB, katanya.

Lebit lanjut, Didin  mengatakan, bahwa bantuan anggaran parpol nanti bisa diperuntukan untuk pendidikan politik bagi kader partai itu sendiri, sosialisasi, belanja gedung kantor, dan ATK,  jelasnya.

Ia juga berharap, anggaran yang digelontorkan Pemkab Bandung Barat tersebut bermanfaat bagi parpol dan bisa dipertanggungjawabkan.

“Kita hanya meminta, para parpol agar nantinya bisa menyerahkan SPj dari bankeu ini, juga tepat waktu,” pungkasnya.( bg)


     


Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost