Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) KASAL TERIMA BREVET KEHORMATAN HIDRO-OSEANOGRAFI | Lawu Post

KASAL TERIMA BREVET KEHORMATAN HIDRO-OSEANOGRAFI

Jumat, 26 Februari 20210 comments


Jakarta (LawuPost.Com)
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.  menerima Brevet Kehormatan Hidro-Oseanografi.

Upacara Penyematan Brevet Kehormatan Hidrografi dan Oseanografi ini dilakukan oleh Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Agung Prasetiawan, M.A.P dilaksanakan di atas anjungan KRI Rigel-933 yang sedang berlayar di perairan Teluk Jakarta, Kamis (25/02/2021).


Hadir dalam acara perwakilan pejabat teras TNI AL di antaranya, Asrena Kasal, Asops Kasal, Aslog Kasal, Aspers Kasal, Pangkoarmada I, Kadiswatpersal, Kadisfaslanal, Kadispenal, Danlantamal III, Danpasmar I, Koorsmin Kasal, Pabungkol Kasal, serta perwakilan pejabat utama Pushidrosal yang diwakili oleh Diropssurta Pushidrosal, Dirpamkersamtas Pushidrosal, serta Dansatsurvei Pushidrosal.

Adapun Penyematan Brevet kehormatan hidro-oseanografi ini merupakan bentuk penghargaan kepada Kasal atas dukungan, peran, serta kontribusi dalam turut memajukan dan mengembangkan Pushidrosal sebagai Lembaga Hidrografi militer dan Lembaga Hidrografi Nasional. Selain itu juga dengan penyematan  brevet kehormatan yang juga secara resmi menetapkan Kasal sebagai warga kehormatan komunitas hidrografi, diharapkan dapat memberikan inspirasi dalam peningkatan motivasi dan semangat profesionalisme bidang hidrografi bagi seluruh personel Pushidrosal sebagai Kotama Pembinaan dan Operasi pada lingkup TNI AL dan pengembangan hidrografi pada tingkat nasional.

 Sebelum acara penyematan, Kasal berkesempatan untuk turut serta mengikuti rangkaian kegiatan survei hidro-oseanografi di Pulau Damar Kepulauan seribu, yang meliputi  kegiatan pemasangan dan pengamatan pasang surut, pengukuran beda tinggi atau levelling, pengukuran geodetik, pengukuran garis pantai serta pengamatan meteorologi, dimana hal tersebut merupakan kegiatan utama dalam penyelenggaraan kegiatan survei hidro-oseanografi.

Dalam amanatnya, Kasal antara lain mengatakan bahwa eksistensi Pushidrosal dimasa mendatang memiliki peran yang strategis dan penting dihadapkan pada dinamika lingkungan strategis lingkup global, regional dan  nasional serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang hidrografi. Berbagai program pembangunan alutsista dan pembinaan kemampuan serta kompetensi surveyor hidrografi perlu direncanakan serta dikembangkan, guna meningkatkan profesionalisme dan kompetensi kelembagaan Pushidrosal dalam menghadapi dinamika tantangan penugasan di masa depan sebagai Lembaga Hidrografi Nasional Indonesia yang turut serta menjaga kedaulatan wilayah yurisdiksi nasional Indonesia.

Lebih lanjut Kasal mengatakan, bahwa selama ini dalam perjalanan mengemban tugas negara, Pushidrosal telah mampu membuktikan peran serta secara aktif dan berkontribusi dalam mendukung berbagai operasi yang digelar TNI, seperti penyiapan Peta Tempur Gabungan, kegiatan MNEX Komodo, latihan pendaratan, penyiapan alur kapal selam, serta turut dalam kegiatan SAR seperti pendeteksian lokasi black box FDR pesawat Sriwijaya SJ-182, penemuan CVR Lion Air JT-610, pendeteksian lokasi tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba. Selain itu Pushidrosal juga turut berperan serta dalam upayas mendukung kegiatan bantuan kemanusiaan dan penelitian geologi pasca bencana tsunami Palu dan Donggala, dan Selat Sunda Pasca erupsi Gunung Anak Krakatau, serta mendukung program pemerintah khususnya dalam percepatan proyek strategis nasional dan upaya perundingan penyelesaian batas maritim dengan negara tetangga.

Kegiatan penyematan brevet kehormatan hidro-oseanografi di perairan Teluk Jakarta ini melibatkan beberapa unsur, di antaranya KRI Rigel-933, KRI Dewa Kembar-932, Unit Survei Satsurvei Pushidrosal, KRI Karotang-872, KRI Kerambit-627, RIB Satkopaska dan Tim Satkopaska, serta tim pendukung lainnya dari Lantamal III Jakarta. (*) 


Team Redaksi www.lawupost.com
Ucu / Dewi / Wahyudi
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost