Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Bakamla RI Latih ABK Singa Laut | Lawu Post

Bakamla RI Latih ABK Singa Laut

Selasa, 18 Juli 20170 comments

Humas Bakamla RI (LawuPost.Com) Badan Keamanan Laut RI (Bakamla RI) menggelar latihan peran dan tugas bagi Anak Buah Kapal (ABK) KN Singa Laut-4802 di Pangkalan Kapal Patroli Bakamla, Serei, Sulawesi Utara, Selasa (18/7/2017).

Kegiatan pelatihan ini dimaksudkan untuk membekali ABK Bakamla RI, khususnya di Zona Maritim Tengah untuk mempersiapkan fisik dan pengetahuan sebelum melakukan kegiatan operasi keamanan dan keselamatan laut. Kegiatan ini juga dilaksanakan bergantian di dua zona maritim lainnya, yaitu Zona Maritim Barat dan Timur.

Selain itu, kegiatan yang berlangsung dua hari itu bertujuan untuk memberikan gambaran tentang peran-peran dalam pengelolaan dan pengoperasian Kapal Patroli 48 meter, serta untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan keterampilan ABK dalam kesiapan melaksanakan tugas operasi di bidang keamanan dan keselamatan laut.

Materi pelatihan terdiri dari dua tahap. Pada hari pertama, para peserta diberikan beberapa materi, antara lain mengenai pemahaman organisasi kapal, pemahaman tugas dan peran penjagaan, serta memahami peran-peran dalam kapal negara, yang semua itu telah berlangsung Senin kemarin di Hotel Aston, Manado.

Materi ke-dua, para peserta  mempraktikkan teori yang telah diberikan pada hari pertama, yakni dengan melaksanakan berbagai kegiatan di atas kapal KN Singa Laut- 4802 yang sedang berada di Pangkalan Kapal Patroli Bakamla RI, Serei, seperti peran pemanasan peralatan teknis, peran persiapan kapal berlayar, peran muka belakang, peran pemanduan, peran pemeriksaan dan penggeledahan atau yang biasa dikenal dengan istilah Visit Board, Search and Seizure (VBSS), peran cuaca buruk, peran bahaya tubrukan, peran sekoci, dan peran peninggalan kapal.

Seluruh ABK KN. Singa Laut 4802 mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan tuntas dan antusias. Direktur Latihan berharap dengan adanya kegiatan pelatihan ini dapat mematangkan kesiapan ABK dalam melakukan operasi laut dan meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan selama berlangsungnya kegiatan operasi.

Kepala Bakamla RI Laksamana Madya TNI Ari Soedewo, S.E., M.M. pada saat acara pembukaan latihan peran dan tugas Anak Buah Kapal (ABK) Bakamla RI Zona Maritim Tengah yang dibacakan oleh Direktur Latihan Bakamla RI Laksamana Pertama TNI Muspin Santoso, S.H., M.Si. (Han). di Hotel Aston, Manado, Senin kemarin, antara lain mengatakan, dalam rangka menyongsong penguatan organisasi, Bakamla RI terus melakukan peningkatan kualitas sumber daya manusia, khususnya para pengawak kapal, memperbaharui peraturan pelaksanaan, dan menyiapkan inforastruktur kelembagaan yang dalam pelaksanaannya akan selalu bersinergi dengan instansi pemerintah terkait. 

Autentikasi : Kasubbag Humas Bakamla RI, Kapten Mar Mardiono
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost