Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Wadan Lantamal V Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasioanal Di Lantamal V | Lawu Post

Wadan Lantamal V Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasioanal Di Lantamal V

Senin, 22 Mei 20170 comments

Surabaya (LawuPost) Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Wadan Lantamal) V Surabaya Kolonel Marinir Nana Rukmana, S. E., mewakili Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto, S. E., M. M., memimpin Upacara  peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang digelar di lapangan Yos Sudarso Mako Lantamal V, Surabaya, Senin (22/5).

Tampak hadir dalam upacara tersebut, para Asisten Danlantamal V, para Kasatker dan Kadis, para perwira staf. Sedangkan pasukan upacara terdiri dari satu unit korsik Lantamal V, satu SST perwira, satu peleton Pomal Lantamal V, dua SSK bintara, satu SSK tamtama dan dua SSK pns Lantamal V.
 
Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara MBA, dalam amanat tertulisnya menyampaikan bahwa Semangat kebangkitan nasional tidak pernah memudar, namun justru semakin menunjukkan urgensinya bagi kehidupan berbangsa kita hari-hari ini. padahal semangat itu sudah tercetus setidaknya 109 tahun yang lalu, ditandai dengan berdirinya boedi utomo, namun sampai sekarang tetap sangat ampuh menyatukan dan menyemangati gerak kita sebagai bangsa”.
 
Betapa tak mudahnya para pendahulu merajut angan keindonesiaan saat itu, ketika infrastruktur transportasi dan komunikasi masih terbatas, ketika sumber daya insani yang teguh dengan pemikiran keindonesiaan masih dapat dihitung dengan jari, ketika acuan untuk memperkokoh dasar-dasar kesamaan suku bangsa dan adat masih belum mengakar kuat, ketika semuanya itu berada dalam konteks ketakutan akan  kekejaman kolonialis yang siaga memberangus setiap pemikiran yang memantik hasrat lepas dari belenggu penjajahan.

Presiden Joko Widodo pada awal tahun ini telah mencanangkan penekanan khusus pada aspek pemerataan dalam semua bidang pembangunan. bukan berarti sebelumnya kita abai terhadap aspek ini. malah sejak awal, dalam program nawacita yang disusun pemerintah joko widodo dan wakil presiden jusuf  kalla, aspek pemerataan mendapat porsi perhatian yang sangat tinggi. pemerataan pembangunan antar wilayah hendak diwujudkan dengan membangun indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Pada awal tahun 2017 ini, meski angkanya membaik dibanding tahun sebelumnya, koefesien nisbah gini atau gini ratio, yang merupakan ukuran kesenjangan distribusi pendapatan dan kekayaan penduduk, masih sekitar 40 persen. untuk itu bapak presiden meminta aparat penyelenggara negara bekerja keras menurunkan indeks kesenjangan tersebut melalui berbagai langkah yang multi dimensi.

Memang persoalan pemerataan hampir merupakan masalah semua bangsa. bahkan negara-negara maju pun berkutat dengan isu kesenjangan yang sama. beberapa bahkan mencatatkan indeks yang lebih tinggi, lebih senjang, dibanding indonesia. namun bagi kita mewujudkan pemerataan yang berkeadilan sosial adalah juga menjadi penghormatan terhadap cita-cita para peletak dasar bangunan kebangsaan yang menginginkan tidak ada jurang yang membatasi penyebaran kesejah-teraan bagi seluruh penduduk indonesia. bagi kita, kebangkitan nasional hanya akan berarti jika tidak ada satu anak bangsa pun yang tercecer dari gerbong kebangkitan tersebut.

Tema dari peringatan Harkitnas tahun 2017 ini “pemerataan pembangunan Indonesia yang berkeadilan  sebagai wujud kebangkitan nasional”.(Pen Lantamal V /Red)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost