Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Sestama Bakamla RI Tutup MSDE ke-8 | Lawu Post

Sestama Bakamla RI Tutup MSDE ke-8

Jumat, 12 Mei 20170 comments

Humas Bakamla RI (LawuPost)  Dengan berakhirnya kegiatan Maritime Security Desktop Exercise ke-8 yang berlangsung selama 3 hari ini, maka Sekretaris Utama Bakamla RI Laksda TNI Agus Setiadji, S.A.P. mewakili Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H. secara resmi menutup acara, siang hari tadi, di ruang Ballroom Hotel Aryaduta, Manado, Rabu (10/5/2017).

Pelatihan yang diikuti oleh peserta dari dalam dan luar negeri ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas personel instansi penegak hukum laut di negara-negara kawasan Asia Pasifik. Terhitung perwakilan dari 16 negara kawasan dan juga peserta dari instansi mitra maritim tanah air melakukan diskusi dalam beberapa kelompok sindikat untuk membahas penanganan isu kejahatan transnasional di laut berdasarkan hukum laut internasional, dan kali ini, isu yang diangkat secara khusus adalah isu penyelundupan narkoba.

Penyelundupan narkoba merupakan salah satu kejahatan transnasional yang dilakukan secara terorganisir dengan modus operandi yang kian berkembang, menjadikannya sebuah atensi bersama di kawasan dan menjadi isu utama yang dibahas dalam MSDE kali ini.

Sesi diskusi para kelompok sindikat yang diikuti dengan presentasi oleh tiap kelompok peserta yang terdiri dari beberapa instansi penegak hukum laut di kawasan tersebut merupakan agenda tetakhir pelatihan hari ketiga. Usai penutupan, para peserta melakukan kunjungan ke Dermaga Bitung untuk menyaksikan Latihan Bersama Badan Keamanan Laut dengan Badan Narkotika Nasional yang didukung oleh Polair Polda Sulawasi Utara. Latihan Bersama yang dilaksanakan pada tanggal 10 Mei 2017 tersebut merupakan implementasi dari skenario yang telah dibahas para peserta dalam desktop exercise sebelumnya secara nasional.

Diharapkan dengan adanya kegiatan MSDE ini, para aparat penegak hukum di kawasan dapat bekerja sama dengan lebih baik dalam menangani kejahatan transnasional seperti penyelundupan narkoba, dengan berlandaskan hukum laut internasional.

Dalam sambutan penutupan Kepala Bakamla RI menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para peserta, atas antusiasmenya untuk saling bekerjasama, bertukar ilmu dan pengalaman dalam mencari solusi permasalahan atas skenario-skenario yang terdapat pada sesi Syndicate Group Discussion maupun sesi lainnya dalam rangkaian kegiatan MSDE.

Autentikasi : Kasubbag Humas Bakamla RI, Kapten Mar Mardiono
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost