Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Ciamis Siap Menjadi Tuan Rumah Cabor BMX PON Ke XIX | Lawu Post

Ciamis Siap Menjadi Tuan Rumah Cabor BMX PON Ke XIX

Sabtu, 14 Mei 20160 comments

Ciamis (LawuPost) - Untuk memastikan kesiapan lapangan venue BMX yang akan digunakan untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XIX September mendatang, Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifien, meninjau lokasi pembangunan venue BMX di lingkungan Kelurahan Cigembor Kecamatan/Kabupaten Ciamis. Bupati meninjau lokasi bersama dengan Kepala Dinas Cipta Karya Kebersihan dan Tata Ruang Kabupaten Ciamis, H. Oman Rohman.

H. Iing menegaskan bahwa pembangunan venue BMX sebagai sarana yang akan digunakan pada pagelaran PON September nanti tidak ada masalah baik anggaran maupun perencanaan. “Secara administratif pengerjaan proyek venue BMX sudah tidak ada masalah. Saat ini, untuk bangunan sirkuit BMX sendiri sudah rampung. Hanya saja, saat ini yang sedang dibangun adalah sarana penunjang seperti tribun penonton, lahan parkir, tempat pemanasan minitrek, pedok, dan sebagainya. Untuk proyek pembangunan sarana penunjang ini, April ini dilaksanakan, saat ini proyeknya sudah dilelang dan tinggal menunggu hasilnya,”tegas H.Iing.

H. Iing menargetkan pembangunan kelesuruhan venue BMX, bisa selesai pada Juli 2016 nanti karena September sudah harus digunakan untuk pagelaran PON cabang BMX. “Sebelum PON digelar, venue BMX ini harus sudah selesai, Kami siap menjadi tuan rumah cabang BMX pagelaran PON,”tandasnya.

Ketegasan Bupati Ciamis tersebut, memperkuat pernyataan sebelumnya dari Ketua Komisi 4 DPRD Provinsi Jabar bidang pembangunan, Ali Hasan yang memandang pro­ses pembangunan venue BMX di Kabupaten Ciamis berlangsung lancar dan diyakini selesai tepat pada waktunya. “Kami me­ninjau pembangunan Venue BMX di Kabupaten Ciamis kalau dilihat dari sisi kontruksi yang sudah diban­gun, insya Allah akan ber­jalan lancar dan bisa digu­nakan pada waktunya," ujar Ali saat mengunjungi venue BMX Pekan Olah Raga Nasional (PON) Jabar XIX di sirkuit Hutan Kota Ci­gembor, beberapa waktu lalu.

13 Anggota Komisi IV DPRD provinsi Jabar selama tiga ha­ri melakukan keliling kabupaten dan kota untuk meli­hat persiapan penyelengga­raan PON, terutama pemba­ngunan sarana prasarana yang dibiayai dari APBD Provinsi Jabar. Pada kesem­patan itu, Ali juga meminta seluruh stakeholder, terma­suk unsur pers untuk turut mengawasi pembangunan sekaligus mensukseskan  pe­laksanaan PON nanti. Ali berharap kepada Bupati Ciamis untuk ikut bertanggungjawab den­gan anggaran yang dikucurkan dari provinsi, baik dalam segi pengawasan, kelan­caran tender dan teknis pembangunan di lapangan. "Meski ang­garannya dari pemprov Jabar, saya harap semua ikut bertang­gung jawab termasuk Bupati untuk mengawasi jan­gan sampai ada keterlambatan" ujar­nya.

Kekhawatiran pembangunan Venue BMX tidak akan selesai tepat pada waktunya sempat berhembus kencang, bahkan ada isu yang beredar dan menjadi perbincangan hangat kaum pergerakan, bahwa Kepala Dinas Cipta Karya Kabupaten Ciamis santer akan mengundurkan diri. Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun tim Lawu News, ketika Pemkab Ciamis terus mengintensifkan pembangunan venue untuk pelaksanaan Balap Sepeda BMX PON XIX, belakangan ini berhembus isu yang cukup kencang bahwa pelaksanaan ajang balap sepeda untuk PON XIX akan dipindahkan ke daerah lain. Bahkan dampaknya, isu tersebut cukup mengganggu kon­sentrasi persiapan ajang balap sepeda BMX yang digelar di Sirkuit hutan Kota Cigembor.

Kepala Dinas Cipta Karya Kebersihan dan Tata Ruang (DCKTR) Kabupaten Ciamis, H. Oman Rohman memban­tah beredarnya isu peminda­han ajang balap sepeda BMX PON Jabar XIX ke daerah lain. "Isu pemindahan itu cukup mengganggu, oleh itu kami tegaskan balap sepeda BMX PON Jabar XIX tetap menggunakan sirkuit hutan kota Cigembor yang sudah diputuskan berdasarkan SK Gubernur Jabar Nomor 426.24/kep.758-Disorda/2015 tentang Venue Resmi PON XIX dan pekan Paralympic Nasional XV 2016 di Jawa Barat," tegas H. Oman.

H. Oman menegaskan, venue BMX yang ditargetkan selesai pada 31 Juni mendatang se­dang dalam proses penyelesa­ian sesuai dengan anggaran yang dikucurkan dari APBD Provinsi Jawa Barat maupun APBD Kabupaten Ciamis se­cara bertahap. Tahun 2015, dari APBD Kabupaten Ciamis sekitar Rp 1 miliar dan dari Provinsi Jabar Rp 2 miliar. "Anggaran tahun 2015 sudah digunakan untuk pem­bangunan sirkuit, namun un­tuk pembangunan venue BMX standar nasional harus dilengkapi dengan sarana prasarana penunjang lain, seperti tribun penonton bawah dan atas, ruang sekretariat, ruang medis, kantin, lahan parkir, minitrack untuk pemanasan peser­ta dan sarana lainya," ujar H. Oman.

Oleh karena itu, kata H. Oman, untuk melengkapi sarana pe­nunjang venue, tahun 2016  di­anggarkan sekitar Rp 6 miliar dari APBD Provinsi Jabar dan Rp 1,5 miliar dari APBD Kabupaten Ciamis. Jadi, tegas dia, tidak ada keterlambatan. Pro­ses pembangunan disesuaikan dengan anggaran yang terse­dia. "Untuk venue BMX lengkap standar nasional memang membutuhkan anggaran cu­kup besar. Berkaca pada pem­bangunan venue PON BMX Siak 2012 lalu, anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 12 mil­iar," ujarnya.

Meski anggaran yang dis­alurkan tidak mencapai Rp 12 miliar, kata dia, namun PB PON sudah memproyeksikan venue BMX hutan kota Cigem­bor menjadi sirkut BMX terbaik nasional. Namun selama PON berlangsung tidak boleh digunakan untuk even lain. "Baru setelah PON selesai dan diserahkan secara resmi ke pe­merintah daerah, bisa digunakan untuk even BMX selain PON," ujarnya. Menurutnya, jika sudah menjadi milik Kabupaten Ciamis, venue BMX hutan kota Cigembor akan dikelola secara profesionel oleh Peng­cab ISSI Kabupaten Ciamis guna melahirkan atlet nasional cabor balap sepeda. "Dipilihnya Kabupaten Ciamis sebagai tuan rumah balap Sepeda BMX PON Jabar karena Ciamis banyak melahirkan atlet sepeda nasional, bahkan internasional," ujarnya.

H. Oman menambahkan, ajang balap sepeda BMX PON Jabar rencananya akan digelar pada 17 September 2016 men­datang. Oleh karena itu, pem­bangunan venue harus selesai pada 31 Juni 2016. "Sehingga bisa dilakukan uji coba track oleh kontingen dari tiap pro­pinsi pada 1 Juli 2016," ujarnya. (Mamay)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost