Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) 450 Siswa SMKN 2 Ciamis Lulus Memuaskan | Lawu Post

450 Siswa SMKN 2 Ciamis Lulus Memuaskan

Minggu, 29 Mei 20160 comments

Ciamis (LawuPost) Senyum kebahagiaan terpancar dari wajah para siswa-siswi SMKN  2 Ciamis yang telah selesai menempuh pembelajaran selama di bangku sekolah dengan hasil yang patut membanggakan sekolah dan guru. Mengapa tidak, semua siswa yang menuntut ilmu di sekolah itu dinyatakan semuanya lulus, bahkan beberapa diantaranya telah diterima di berbagai perusahaan dan industri meskipun kelulusan belum dibuka. Dari 450 siswa yang diluluskan terdiri dari program kompetensi keahlian Teknik Gambar Bangunan, Kompetensi Keahlian Teknik Kontruksi Batu dan Beton, Kompetensi Keahlian Teknik Furniture, Kompetensi Keahlian Teknik Permesinan, Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dan Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan.

Pihak SMKN 2 Ciamis melalui Ketua Koordinator BKK SMKN 2 Ciamis, Ugi Sugianto mengklaim bahwa lulusannya sudah diterima bekerja sejumlah 42 orang di perusahaan dalam negeri, yakni PT. Toyota, PT. Wings Putra Sayap Mas, PT. AHM, PT. Astra Daihatsu Motor, PT. Denso Indonesia, PT. Suzuki Indomobil Motor, PT. Mushasi Auto Part dan yang menunggu kontrak berjumlah 14 orang di PT. Astra Honda Motor dan 59 orang sedang menunggu proses selanjutnya yang tersebar di PT. Jiaec, PT. Suzuki Indomobil dan PT. Yutaka Manufacturing”. Dari jumlah tersebut semua ini berasal dari 6 kompetensi keahlian yang ada di SMKN 2 Ciamis, oleh karena itu ada beberapa wisudawan yang tidak bisa menghadiri acara prosesi pelepasan beberapa waktu lalu. “ kata Ugi di sela-sela propesi acara pelepasan kelas XII tahun ajaran 2015-2016 yang dipusatkan di kampus SMKN 2 Ciamis.

Kepala SMKN 2 Ciamis, Drs. Asep Agus, MM selepas kegiatan pelepasan siswa-siswi tahun ajaran 2015-2016 pada tim Lawu News, membenarkan tentang terserapnya lulusan angkatan 2015-2016 meskipun belum menerima ijazah dari pihak sekolah. Menurutnya program penjaringan dari beberapa perusahaan ini merupakan agenda tahunan BKK SMKN 2 Ciamis yang sudah terjalin dengan mitra-mitra perusahaan yang memanfaatkan setiap lulusan dari SMKN 2 Ciamis. “Kepercayaan perusahaan terhadap lulusan SMKN 2 Ciamis dengan setiap tahunnya menggunakan jasa dari setiap lulusan untuk ditempatkan diperusahaannya, padahal anak-anak tersebut masih menempuh jenjang pendidikan yang tinggal tersisa beberapa bulan lagi, jadi memang anaknya belum lulus tapi sudah diminati oleh dunia usaha dan industri. Dan informasi saat ini 60% siswa tahun ajaran 2014/2015 sudah diterima bekerja diberbagai perusahaan dan industri, “kata Asep Agus.

Lulusan SMK, kata Asep Agus, memang disiapkan untuk terjun ke dunia kerja, berwiraswasta dan selebihnya melanjutkan ke perguruan tinggi negeri maupun swasta. Sehingga dalam prosesnya tidak hanya dalam kemampuan akademik dan keterampilan saja melainkan segi kedisiplinan pun jadi perhatian utama sekolah. Hal ini untuk mengimbangi tuntutan dunia kerja yang membutuhkan tenaga kerja terampil dan disiplin. “Alhamdulillah lulusan-lulusan dari SMKN 2 Ciamis bisa bersaing di dunia kerja dan bisa diandalkan di perusahaannya bahkan diantaranya sudah menjabati posisi-posisi strategis di perusahaannya dan sebagian lagi ada yang berwiraswasta sesuai dengan kompetensi keahlian yang digelutinya selama dia menimba ilmu pendidikan di SMKN 2 Ciamis, ”kata Asep Agus.

Saat ini SMKN 2 Ciamis tersedia program kompetensi keahlian diantaranya Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Teknik Kontruksi Batu (TKB), Teknik Gambar Bangunan (TGB), Teknik Permesinan dan Teknik Furniture. Diakuinya, manajemen yang dilaksanakan di SMKN 2 Ciamis mengacu kepada sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 dan pada Oktober menjadi ISO 9001:2015 yang senantiasa setiap tahun di audit lembaga sertifikasi profesi, hal ini dilakukan sebagai pengakuan dari pihak eksternal terhadap mutu pendidikan disekolah. Ini artinya bahwa seluruh kegiatan senantiasa dievaluasi diperbaiki secara terus menerus dan dikendalikan”. Berdasarkan hal tersebut di atas, SMKN 2 Ciamis mampu mempertahankan sistim managemennya pada Februari 2016 dengan memperoleh sertifikat kembali ISO 9001:2008 dari TUV Rheinland yang bermarkas besar di negara Jerman,” kata Asep Agus

Untuk itu pihaknya menggandeng mitra-mitra sekolah dalam penyaluran setiap lulusannya untuk ditempatkan diberbagai perusahaan dan industri. Mitra-mitra sekolah itu diantaranya PT Astra, Honda Motor, Daihatsu Motor, PT Paragon, PT. Denso Indonesia, PT Lucky Print Textile Abadi dan PT Mahameru.  “Produk dan jasa yang dihasilkan SMKN 2 Ciamis meliputi pelayanan penyediaan barang jasa diantaranya tekhnik furniture yang saat ini setiap tahunnya selalu kebanjiran pesanan untuk pengadaan sarana meja kursi selain mesin pencacah limbah hasil kreasi dari anak-anak permesinan, “kata Asep Agus.

SMKN 2 sendiri, tandas Asep Agus, ditunjuk sebagai salah satu SMK rujukan oleh pemerintah pusat, maka saat ini SMKN 2 Ciamis dalam kegiatan belajar-mengajarnya menggunakan kurikulum 2013 dengan pelaksanaan ujian nasionalnya menggunakan komputer atau dengan istilah Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sehingga pemerintah memberi penghargaan sebagai sekolah yang memiliki integritas tinggi di tandatangani oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anis Baswedan. Selanjutnya SMKN 2 Ciamis masih dipercaya oleh pemerintah pusat untuk membina serta mendidik siswa/siswi yang berasal dari Provinsi Papua. “Angkatan pertama wisudawan yang berasal dari Papua adalah Malkin Kosepa yang melanjutkan ke perguruan tinggi ITB di Bandung, “tandasnya.

Salah satu orang tua murid, Tatang (44)  warga Desa Gunungsari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis ketika ditanya tim Lawu News, perihal motivasi menyekolahkan anaknya di SMKN 2 Ciamis, mengatakan bahwa kepercayaan dirinya untuk menyekolahkan anaknya di SMKN 2 Ciamis didasari atas kemauan dari anaknya sendiri,  dan diakuinya anak pertama kakaknya, Wahyu (20)  merupakan salah satu alumni dari SMKN 2 Ciamis jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ). Menurut Tatang, berbekal keterampilan yang dimiliki anaknya kakaknya ketika menimba ilmu di SMKN 2 Ciamis saat ini (Wahyu) dirumahnya bisa memberikan kursus komputer kepada anak-anak SD. “Hal tersebut tentu sangat menggembirakan bagi kami saudaranya dan tentu saja selain itu Wahyu bisa  mempunyai bekal, “kata Tatang.

Dari informasi yang berhasil di serap tim Lawu News, selain keterserapan lulusannya ke bursa kerja berbagai prestasi akademik maupun non akademik ditorehkan SMKN 2 Ciamis. Prestasi tersebut diantaranya, Juara III LKS tingkat Provinsi Bidang Lomba Floor and Tilling yang dipersembahkan oleh Adi Ilham Jatnika kelas XI TKB. Selain prestasi-prestasi di bidang lomba Wall and Floor Tiling, Brick Laying, Autocad Building, Otomotif, Production Machine, Joiney, Cabinet Making, IT Networking Support, Bela Diri, Basket Ball putra, Bulutangkis Putri, Bulutangkis Putra dan Catur yang berprestasi di tingkat Priangan Timur maupun Provinsi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kabupaten Ciamis, Drs. H. Toto Marwoto, MPd mengapresiasi keberhasilan yang diraih SMKN 2 Ciamis. H. Toto mengaku sangat bangga dengan prestasi yang diraih para siswa/siswi tersebut. Meski begitu, dirinya berharap prestasi tersebut agar lebih ditingkatkan lagi. Diakuinya lulusan dari SMK diprogramkan untuk masuk langsung ke dunia kerja bukan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi meskipun sekarang banyak anak-anak lulusan SMK yang melanjutkan ke perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Menurutnya, Lulusan-lulusan SMK di Kabupaten Ciamis seperti halnya SMKN 2 Ciamis, selalu mendominasi ketersediaan akan bursa lowongan kerja disetiap perusahaan dan industri. Hal tersebut tidak terlepas dari pembekalan yang diberikan sesuai program kompetensi keahlian yang digelutinya selama menimba ilmu di SMKN 1 Ciamis dari bapak dan ibu guru sehingga menghasilkan lulusan yang bisa bersaing tinggi dan berkualitas berlomba secara sehat dengan sekolah lainnya yang berada diluar Kabupaten Ciamis untuk mengisi kekosongan jobs pekerjaan yang ada. (mamay)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost