Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) TNI Bantu Evakuasi Warga Cantigi yang terendam Banjir Sungai Cimanuk | Lawu Post

TNI Bantu Evakuasi Warga Cantigi yang terendam Banjir Sungai Cimanuk

Selasa, 09 Februari 20160 comments

Cimanuk (LawuPost) Ratusan rumah milik warga Desa Lamaran Tarung Blok Waledan Kecamatan Cantigi Kabupaten Indramayu terendam air setinggi 50 cm atau setinggi lebih kurang lutut orang dewasa, Minggu(7/2).

Kejadian tersebut disebabkan debit  Sungai Cimanuk tinggi, hingga meluap mengikis dan mengakibatkan tanggul jebol sepanjang 30 meter. Kejadian diawali luapan air terjadi sejak pukul 06.30 WIB, air mengalir deras dan tiba tiba datang dengan sangat tinggi dan mengikis tanggul hingga menyebabkan kurang lebih 250 rumah buah terendam. Danramil serta para Babinsa sdh di lokasi utk membantu evakuasi warga ke tempat  aman di Balai desa Lamarantarung sebanyak 300 KK. Tidak ada korban jiwa.


Untuk menanggulangi situasi tersebut,  Kodim melakukan koordinasi  dengan Dinas terkait yaitu Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS)  untk mengurangi debit air di daerah Rentang Sungai Cimanuk, sehingga debit air awal 6 mtr,  dialihkan ke 3 bagian ke arah Barat dan Selatan shg air ke arah tanggul yang jebol tinggal 2 mtr.  Dengan demikian banjir berkurang lebih dari 1 mtr dalam wkt 1 jam.

Selanjutnya dilakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan PMI untk penyiapan Posko pengungsi dan dapur umum, dan  koordinasi  dengan  di Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) dengan mendatangkan Exsavator untuk membantu perbaikan sementara tanggul yang  jebol.

Situasi terakhir saat ini, air sudah sudah surut lebih dari 1 mtr, dan warga sudah berangsur kembali ke rumah masing masing.(Pendam III/Siliwangi/Red)

Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost