Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Pasis Dikreg XLII Sesko TNI TA. 2015 Selenggarakan Seminar Nasional | Lawu Post

Pasis Dikreg XLII Sesko TNI TA. 2015 Selenggarakan Seminar Nasional

Kamis, 03 Desember 20150 comments

Puspen TNI (LawuPost) Komandan Sekolah Staf dan Komando Tentara Nasional Indonesia (Dansesko TNI) Letjen TNI Sonny Wijaya membuka secara resmi Seminar Nasional Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) XLII Sesko TNI TA. 2015 di Gedung Merdeka Jl. Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat, Kamis (3/12/2015).

Dalam pernyataan sambutannya Dansesko TNI mengajak peserta yang hadir dalam mimbar akademis tersebut untuk meningkatkan kepedulian terhadap masa depan bangsa Indonesia dengan berdialog secara konstruktif bersama-sama dengan seluruh komponen bangsa. Bahwa perkembangan lingkungan strategis
baik global, regional maupun nasional telah menimbulkan berbagai potensi ancaman aktual dan potensial yang dapat mempengaruhi Stabilitas  Nasional dan dapat memicu kerentanan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pada masa kini, sikap kecurigaan dan paranoid telah menyebabkan kecanggungan dalam menggunakan terminologi Stabilitas Nasional yang dianggap dapat membatasi kehidupan demokrasi, penegakkan hukum dan HAM. Stabilitas Nasional sesungguhnya sangat berpengaruh terhadap keberhasilan Pembangunan Nasional. Kepentingan Nasional Bangsa Indonesia untuk dapat mencapai tujuan nasional sebagaimana diamanatkan dalam Pembukaan UUD 1945 perlu dimaknai bersama dan hanya dapat dilakukan melalui proses Pembangunan Nasional yang berkelanjutan. Oleh karenanya pemahaman kembali mengenai makna Stabilitas Nasional yang dinamis guna memelihara kehidupan Demokrasi Pancasila yang menjamin penegakkan Hukum dan HAM perlu dilakukan oleh seluruh komponen bangsa.

“Keberhasilan Pembangunan Nasional akan berkontribusi pada kekuatan dan kemampuan TNI dan Polri sebagai kekuatan utama pertahanan dan keamanan negara dalam rangka menegakkan kedaualatan negara, menjaga keutuhan wilayah NKRI dan melindungi keselamatan bangsa”, tegas Letjen TNI Sonny Wijaya.

Menurut Dansesko TNI, seminar yang diselenggarakan kali ini merupakan salah satu bentuk dari upaya untuk berdialog dan berharap dapat merumuskan bersama konsep yang konstruktif agar soliditas sesama anak bangsa dapat lebih mantap dan dapat mendoromg terwujudnya sinergitas TNI-Polri bersama lembaga-lembaga pemerintah dan lembaga non pemerintah.

Seminar yang berlangsung sehari itu mengambil tema “Memantapkan Soliditas dan Sinergitas TNI dengan Polri bersama Lembaga Pemerintah dan Lembaga Non-Pemerintah guna Menjaga Stabilitas Nasional dalam rangka Pertahanan dan Keamanan Negara“, dengan keynote speaker Prof. Ir. Purnomo Yusgiantoro, M.Sc., M.A.,Ph.D. Tema tersebut dibuat agar dapat membahas bagaimana memantapkan soliditas dan sinergitas TNI dengan Polri bersama lembaga pemerintah dan lembaga non pemerintah. Guna mendapatkan kesamaan persepsi dalam membina kerjasama yang harmonis serta menghindari adanya kecurigaan yang berlebihan dan sikap ego sektoral yang dapat menimbulkan miskomunikasi, mispersepsi dan misunderstanding dalam membangun pemahaman dan komitmen kebangsaan yang lebih kuat.

Dikreg XLII Sesko TNI yang dibuka pada pertengahan  Maret 2015 yang lalu tersebut diikuti oleh 150 orang Perwira Siswa (Pasis) terdiri  dari Perwira Menengah (Pamen) TNI dan Polri berpangkat Kolonel, 61 Pamen dari TNI AD, 40 Pamen TNI AL, 40 Pamen TNI AU dan 2 Pamen Polri serta 7 orang Pasis dari mancanegara masing-masing satu orang peserta dari Mali, Saudi Arabia, Korsel, Thailand, Singapura, Malaysia dan Australia.

Hadir dalam seminar tersebut, Kasum TNI Laksamana Madya TNI Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A., para pejabat Sesko TNI, Anggota Dewan, akademisi, mahasiswa, pelajar, pemuda/pemudi, Ormas dan instansi pemerintah dan non pemerintah lainnya.

Autentikasi : Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Czi Berlin G. S.Sos., M.M.
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost