Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Kemitraan USAID dan Pemkab Maros Memberi Manfaat Lebih dari 54.000 Siswa | Lawu Post

Kemitraan USAID dan Pemkab Maros Memberi Manfaat Lebih dari 54.000 Siswa

Rabu, 07 Oktober 20150 comments

Maros  (LawuPost) Direktur Misi USAID, Andy Sisson mengunjungi Maros, Sulawesi Selatan, Rabu (10/7). Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk mengamati dampak  program USAID PRIORITAS di daerah tersebut. Sejak akhir tahun 2012, USAID PRIORITAS telah bermitra dengan Pemerintah Kabupaten Maros untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar di daerah tersebut.

Kerjasama yang telah terjalin antara kedua belah pihak  mendukung secara teknis   peningkatan kualitas pengajaran dan pembelajaran serta tata kelola sekolah-sekolah di Maros.
Lebih dari 355 sekolah (SD, SMP, MI dan Madrasah) di Maros telah menerima manfaat dari program kemitraan ini. Program juga  telah meningkatkan kapasitas  2.326 guru dan staf pendidikan lainnya.  Program Pemerataan Guru yang diimplementasikan di Maros atas asistensi USAID PRIORITAS juga  telah meningkatkan kemampuan pemerintah daerah untuk mengkoordinasikan, merencanakan,  mendanai layanan pendidikan dan melakukan distribusi pendidik berbasis data.

"Kemitraan ini telah memperkenalkan praktik pendidikan kelas dunia untuk Maros," kata Andy Sisson. "Program ini telah membantu  untuk lebih dari 54.000 siswa. Kami berharap program ini dapat membantu siswa lebih di Maros untuk mengembangkan potensi penuh mereka."

Selama di Maros, Direktur Misi USAID berkunjung ke SDN 39 Kassi, salah satu sekolah mitra dan bertemu langsung dengan Sekretaris Daerah Maros, H. Baharuddin, Kadis Pendidikan Maros Ashar Paduppa, dan staf dinas pendidikan Maros lainnya.

Direktur Misi USAID, Andy Sission memberikan apresiasi yang amat besar terhadap dukungan Pemkab Maros yang sangat gencar melakukan penyebarluasan program USAID PRIORITAS ke sekolah-sekolah yang bukan target langsung, sehingga seluruh Sekolah Dasar di Maros telah menerima pelatihan model USAID PRIORITAS.

Sebagai komitmen  peningkatan kapasitas anak didik di Maros, Pemkab Maros telah menghabiskan Rp. 1094, 000.000 melalui  dana APBD tahun 2013/1014 lewat Program Pendidikan Gratis, untuk menyebarluaskan pelatihan model USAID ke semua pendidik.

“Setelah kami melakukan penyebarluasan program USAID PRIORITAS, terjadi trend peningkatan mutu pembelajaran di Maros. Di samping itu, anak-anak menjadi lebih berani, aktif dan percaya diri, bukan saja di sekolah, tapi juga di rumah,” ujar Baharuddin, Sekretaris Daerah Maros saat bertemu rombongan USAID di kantor kepala sekolah SDN 39 Kassi (7/10). 

USAID PRIORITAS adalah program lima tahun yang didanai oleh USAID. Program ini dirancang untuk membawa pendidikan kelas dunia untuk siswa di Indonesia.
Di Sulawesi Selatan USAID PRIORITAS bekerja di 13 kabupaten / kota (Makassar, Bantaeng, Takalar, Maros, Pangkep, Parepare, Bone, Pinrang, Sidrap, Wajo, Soppeng, Tana Toraja, Enrekang) dan dua Lembaga Pelatihan Guru (LPTK):  Universitas Negeri Makassar dan Universitas Islam Negeri Alauddin (UIN Alauddin). Sampai saat ini, USAID PRIORITAS t secara langsung telah memberi manfaat  lebih dari 338.000 siswa di 1.975 sekolah SD dan SMP (SD, SMP dan Madrasah) di Sulawesi Selatan (*/red)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost