Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Wakapolres Ciamis Meriahkan Peringatan HUT RI ke-70 di Lingkungan Cibitung Hilir | Lawu Post

Wakapolres Ciamis Meriahkan Peringatan HUT RI ke-70 di Lingkungan Cibitung Hilir

Selasa, 18 Agustus 20150 comments

Ciamis (LawuPost) Peringatan HUT RI ke-70 dilingkungan Cibitung Hilir Rt 03 Rw 10 Kelurahan Kertasari Kecamatan/Kabupaten Ciamis lebih semarak dan meriah ketika seorang aparat keamanan sekelas Wakapolres Ciamis, berbaur dengan masyarakat untuk bersama-sama memeriahkan peringatan Agustusan. Disana tampak jelas keakraban terjalin antara  masyarakat dengan seoranng petinggi di kepolisian resort Ciamis. Potret kehidupan seperti ini sedikit tidaknya bisa menghapus image-image negatif tentang sepak terjang aparat kepolisian yang dilakukan oleh segelintir oknum-oknum tertentu sehingga memunculkan isu-isu bahwa para petugas termasuk pejabat/petinggi kepolisian di negara RI ini sudah tidak sehat.

Komentar tersebut dikemukakan Ketua RW 10 lingkungan Cibitung Hilir, Asep Sulaeman yang diamini masyarakat lainnya. Menurut Asep, baru pertama kali ini peringatan Agustusan di lingkungan Cibitung Hilir menggeliat lagi bahkan bisa dikatakan sangat meriah, hal ini tidak lepas dari kebersamaan yang terjalin antar warga serta banyaknya sumbangan-sumbangan dari para donatur dan tentunya dari Pak Wakapolres itu sendiri. “Kami masyarakat Cibitung Hilir mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pak Irfan, karena semenjak tercatat menjadi warga dilingkungan Cibitung Hilir khususnya Rt 03 Rw 10 dengan kedermawanannya dan jiwa sosialnya bisa membantu membangun lingkungan ini dan menyadarkan masyarakat tentang bagaimana menjadi warga negara yang baik, “kata Asep.

Hal senada diutarakan Ketua Rt 03 Rw 10 lingkungan Cibitung Hilir, Jajang. Bahwa potret kehidupan yang ditunjukan sekelas Wakapolres Ciamis seharusnya bisa disauritauladani oleh para petinggi kepolisian lainnya. “Pak Irfan ketika ada waktu luang disela-sela tugasnya sering menyempatkan diri untuk sholat berjamaah baik itu magrib, isya bahkan shubuh sekalipun, sehingga kami masyarakat pribumi merasa ada sosok figur yang bisa dijadikan tauladan, “kata Jajang.

Menanggapai komentar dari warga, Wakapolres Ciamis, Komisaris Po­lisi Irfan Nurmansyah, mengucapkan terima kasih atas penyambutan warga dilingkungan Cibitung Hilir khususnya Rt 03 Rw 10. Ketika dikonfirmasi tentang makna dari peringatan HUT RI ke-70 sendiri, Irfan menuturkan, bahwa menjelang 17 Agustus masyarakat tiba-tiba disibukkan dengan berbagai kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Indonesia. Hari tersebut rutin diperingati setiap tahun dengan cukup meriah dan hampir seluruh masyarakat Indonesia dari berbagai golongan turut berpartisipasi aktif dalam memeriahkannya. Namun, ironisnya selama ini masyarakat Indonesia justru terlalu larut dalam euforia kemeriahan perayaan semata. Sehingga peringatan HUT Kemerdekaan RI terkesan seremonial belaka.

Setiap peringatan HUT kemerdekaan RI sebenarnya ada hal yang jauh lebih penting dari sekedar luapan kemeriahan, yaitu bagaimana bangsa Indonesia mampu merefleksikan makna dari kemerdekaan itu sendiri. Termasuk bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa, sebab berkat rahmat-Nya bangsa ini bisa merebut kemerdekaan dari tangan penjajah, walau harus ditebus dengan darah para syuhada atau pahlawan yang gugur dalam medan perang. Kini kita sudah merdeka, namun kemerdekaan bukan berarti akhir dari perjuangan bangsa ini. Seperti ungkapan Bung Karno, the founding fathers, kemerdekaan adalah jembatan emas yang merupakan jalan untuk mencapai suatu tujuan yang luhur.

Makna dari merdeka sejatinya, merupakan persoalan pribadi sebelum menjadi persoalan bangsa. Belumlah merdeka sebuah negara yang individu masyarakatnya masih merasakan adanya penjajahan dan penindasan model baru seperti sekarang ini. Maka, sesungguhnya merdeka adalah pertarungan jati diri personal sebelum menjadi perjuangan entitas sebuah bangsa. Makna merdeka bagi individu masyarakat pun harus diluruskan kembali karena selama ini sering kali disalahartikan. Individu sering memaknai kemerdekaan sebagai kebebasan yang sebebas-bebasnya, hingga menjadi kebablasan.

Kita harus menyadari, kemerdekaan sejati akan tercapai ketika para individu sudah bisa mengekang diri dari perilaku yang bisa melanggar atau mencederai kemerdekaan dan hak asasi orang lain. Kemerdekaan sejati mensyaratkan adanya hukum, peraturan, serta norma-norma yang harus kita taati bersama untuk tetap menjaga kekokohan kemerdekaan itu sendiri. Manakala setiap individu telah berlomba-lomba melanggar hukum, peraturan, serta norma-norma yang telah disepakati bersama, maka sejak itulah kemerdekaan yang ada akan dengan mudah diruntuhkan kembali.

Tahun ini genap 70 tahun sudah usia kemerdekaan NKRI. Itu artinya, sudah banyak gemblengan dan proses pendewasaan yang dialami bangsa ini. Namun, masih begitu banyak dan kompleks masalah, ancaman, serta tantangan yang harus dihadapi bangsa ini ke depan. Mulai dari kemiskinan, korupsi, terorisme, kriminalitas, kemerosotan moral, dan sebagainya. Memang tidak mudah menyelesaikan berbagai persoalan bangsa yang semakin ruwet itu dan kita tidak bisa banyak berharap kepada pemerintah. Mestinya, bangsa ini segera bangkit, singkirkan segala ego dan bergerak bersama untuk tuntaskan berbagai persoalan bangsa yang tak kunjung usai secara bijak.

Mungkin saja negara ini belum membuat kita merasa nyaman tinggal di dalamnya. Jangan pusingkan dulu soal maraknya korupsi, moral bangsa, kemiskinan, pengangguran, ataupun pendidikan yang tak kunjung usai. Bagaimanapun kondisinya, ini tetaplah Tanah Air tercinta kita. Jangan sia-siakan waktu luang yang dimiliki bangsa ini hanya untuk saling adu jotos, saling curiga, atau hal-hal tidak penting lainnya. Coba pikirkan apa karya atau prestasi yang bisa kita persembahkan untuk bangsa dan negara ini. Saatnya kita mengisi kemerdekaan yang telah diraih para pahlawan bangsa dengan terus produktif berkarya dan tulus mengabdi. (mamay)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost