Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Pemkot Cimahi Diskusikan Usulan Pembangunan 2024 Lewat FGD Pra-Musrenbang 2023 | Lawu Post

Pemkot Cimahi Diskusikan Usulan Pembangunan 2024 Lewat FGD Pra-Musrenbang 2023

Minggu, 26 Maret 20230 comments


CIMAHI -(LAWUPOST.COM)- 
Pemerintah Kota Cimahi menggelar Pra-Musrenbang tahun 2023 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Cimahi tahun 2024. Pelaksanaan berlangsung melibatkan wakil masyarakat membahas usulan kegiatan dan program pembangunan Kota Cimahi.


PJ. Walikota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan mengatakan, kegiatan pra-musrembang merupakan kegiatan dimana masyarakat bisa melakukan diskusi aktif mengenai gagasan pembangunan Kota Cimahi lewat Focus Group Discussion (FGD). "Nantinya menjadi bahan untuk pengajuan program pembangunan di tingkat Musrenbang Kota Cimahi," ujarnya.

Plt. Sekertaris Daerah Kota Cimahi Herry Zaini menambahkan, FGD Pra&Musrenbang tahun 2023 merupakan kegiatan yang sangat strategis dalam rangka penyusunan RKPD Kota Cimahi tahun 2024. "Kegiatan ini sebagai rangkaian dari kegiatan rembug RW, FGD dan musrenbang partisipatif di tingkat kelurahan, tingkat kecamatan, forum perangkat daerah, serta hasil diskusi setiap bidang yang nanti ditetapkan  pada kegiatan Musrenbang Kota Cimahi 2023 mendatang," ungkapnya.

Herry menyatakan, Musrenbang merupakan agenda tahunan sebagai sarana unsur pemerintah serta seluruh stakeholders bertemu untuk mendiskusikan masalah yang dihadapi dan memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek.

Musrenbang merupakan pendekatan bottom-up yang memberikan ruang bagi masyarakat secara aktif mempengaruhi rencana anggaran dan belanja kota dan bagaimana proyek-proyek pembangunan disusun.

"Masyarakat, pemerintah serta dunia usaha sebagai tiga pilar good governance, memiliki peran dan tanggung jawab yang sama dalam pembangunan. Sehingga partisipasi masyarakat sangat penting karena merupakan kesempatan bersama menentukan masa depan Kota Cimahi. Masyarakat juga harus memastikan pembangunan yang dilakukan pemerintah sesuai dengan kebutuhan," jelasnya.

FGD Pra-musrenbang tahun 2023 yang dilaksanakan sebelum musrenbang, selain sebagai forum diskusi menyampaikan usulan rencana pembangunan, juga untuk mendapatkan masukan dan saran terkait permasalahan dan isu strategis kota cimahi pada tahun 2023 sebagai dasar penyusunan perencanaan pembangunan Kota Cimahi tahun 2024.

Tahun 2023 juga menjadi tahun pertama perencanaan yang mengacu kepada Rencana Pembangungan Daerah (RPD) Kota Cimahi 2023-2026, yang merupakan dasar perencanaan pembangunan pada masa transisi pasca berakhirnya masa jabatan kepala daerah di tahun 2022 lalu.

Tema pembangunan Kota Cimahi tahun 2024 adalah "Pemantapan stabilitas perekonomian dan peningkatan daya saing sumber daya manusia". Tema ini diangkat sebagai kelanjutan dari upaya pemerintah daerah kota cimahi  dalam upaya pemulihan stabilitas sosial dan ekonomi akibat dampak pandemi covid-19 dengan fokus pada program untuk urusan kesehatan, sosial, ekonomi serta tata kelola pemerintahan untuk menunjang pemenuhan pelayanan dasar dan pelayanan publik.

Pemerintah Kota Cimahi juga berkomitmen mendukung roadmap reformasi birokrasi tahun 2020-2024 menuju birokrasi berkelas dunia (world class bureaucracy) serta mewujudkan ASN yang ber-akhlak.

"Masukan dan saran yang disampaikan pada group diskusi tiap bidang diharapkan akan dapat menyempurnakan rancangan awal RKPD Kota Cimahi tahun 2024 yang sedang disusun dan dirumuskan. Semoga dapat memberikan kontribusi dalam mewujudkan visi Kota Cimahi yaitu mewujudkan Cimahi Maju,  Agamis, Berbudaya dan  Sejahtera," tuturnya.***


Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost