Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Ketua dan Pengurus Cabang BS Jalasenastri AAL Ikuti Acara Angklung Mendunia | Lawu Post

Ketua dan Pengurus Cabang BS Jalasenastri AAL Ikuti Acara Angklung Mendunia

Senin, 08 November 20210 comments

AAL, Surabaya (LawuPost.Com) Ketua Cabang Beridiri Sendiri (CBS) Jalasenastri Akademi Angkatan Laut (AAL) Ny. Ayu Nur Alamsyah didampingi Wakil Ketua CBS Jalasenastri AAL Ny. Hesti Rudhi Aviantara beserta pengurus lainnya mengikuti acara Angklung Mendunia secara virtual, di Gedung Tjut Nyak Dien, Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya, Senin (8/11).

Acara 'Angklung Mendunia' kali ini di gagas oleh Ny.Ani Hadi Tjahjanto selaku Ketua Dharma Pertiwi Pusat dan dibuka oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo  sebagai rangkaian dari memperingati Hari Angklung 2021 yang diperingati setiap 16 November,  dengan tema “Giatkan, Lestarikan dan Generasikan Angklung.”

"Sejak 16 November 2010, UNESCO telah mengakui angklung sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Non Bendawi Manusia. Namun tidak banyak yang tahu setiap 16 November diperingati sebagai Hari Angklung Sedunia," kata Ibu Negara, Iriana secara virtual.

Menurutnya, dunia telah mengapresiasi Indonesia karena memiliki angklung yang bisa memancarkan alunan suara merdu yang khas. Keunikan yang dimiliki bangsa ini dapat menjadi identitas yang harus dijaga kelestariannya.

"Keistimewaan angklung tidak hanya alunan suara merdunya, tapi karena kekhasan dan keunikan yang menjadikan sebagai identitas penting karya dan budaya Indonesia," katanya.

Iriana ingin peringatan Hari Angklung Sedunia 2021 menjadi momentum untuk membangkitkan kecintaan dan kepedulian terhadap alat musik tradisional itu. "Memainkan kembali Angklung di berbagai acara di Indonesia, juga di berbagai belahan dunia, melestarikan dengan membuatnya semakin mendunia," katanya.

Ibu Negara mengaku gembira pada hari ini sejumlah pihak kembali memainkan Angklung dan menyebarkan suara indahnya ke seluruh penjuru dunia. Angklung, ujar dia, saat ini sudah dimainkan di 131 perwakilan negara di luar negeri, 94 KBRI, 3 PTRI, 30 KJRI, dan 4 KRI.

"Semoga keindahan alunan angklung membuat Indonesia semakin di kenal di seluruh dunia, semoga kebudayaan Indonesia semakin lestari, berkembang dan semakin maju. Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, acara Angklung Mendunia saya buka hari ini," pungkas Ibu Negara.***


Berita Foto:






Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost