Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) 112 Taruna AAL Satlat KJK KRI Bima Suci Kembali ke Pangkalan Surabaya Setelah 99 Hari Keliling Nusantara | Lawu Post

112 Taruna AAL Satlat KJK KRI Bima Suci Kembali ke Pangkalan Surabaya Setelah 99 Hari Keliling Nusantara

Selasa, 02 November 20210 comments



AAL, Surabaya (LawuPost.Com) Sebanyak 112 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lll Angkatan ke-68 kembali ke pangkalan Surabaya dengan selamat, setelah 99 hari arungi samudera keliling Nusantara dengan menggunakan Kapal Layar Latih Tiang Tinggi, KRI Bima Suci dari unsur Satuan Kapal Bantu Koarmada II sejak 26 Juli 2021 lalu.

Kedatangannya calon-calon pemimpin TNI/TNI AL ini disambut langsung oleh Panglima Koarmada II, Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, didampingi Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL), Mayor Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr (Han). dalam acara militer yang digelar di Dermaga Madura Ujung, Koarmada II, Surabaya, Selasa (2/11/2021).

“Saat awal berlayar, KRI Bima Suci membawa 221 personel, yang terdiri dari 90 ABK KRI Bima Suci, 19 Staf Satlat dan 112 Taruna Akademi Angkatan Laut Angkatan ke-68, dengan rincian 42 Taruna Korps Pelaut, 16 Taruna Korps Teknik, 15 Taruna Korps Elektronika, 16 Taruna Korps Suplai dan 23 Taruna Korps Marinir dan kembali lengkap,” terang Pangkoarmada ll saat konferensi pers di Dermaga Koarmada ll.

Pangkoarmada ll mengaku bersyukur, Satgas dan Satlat KJK 2021 telah kembali ke pangkalan Surabaya dengan selamat. Pelayaran KJK 2021 dengan menggunakan KRI Bima Suci yang dikomandani Letkol Laut (P) Waluyo ini, merupakan pelayaran yang ke-5 dengan menempuh jarak total 10.850 NM, menyinggahi 13 kota dan 3 pulau terluar Indonesia.

Kota-kota yang disinggahi sesuai dengan rute pelayaran antara lain Surabaya - Labuan Bajo - Tual -Jayapura - Raja Ampat - Morotai – Sebatik – Tarakan – Ranai – Sabang – Nias – Cilacap – Bali dan Surabaya. Sementara tiga pulau terluar yang dikunjungi yakni Pulau Bras, Pulau Laut dan Pulau Berhala.

Selama pelaksanaan KJK 2021, lanjutnya, Satgas dan Satlat KJK telah melakukan berbagai agenda antara lain melatih dan membimbing Taruna AAL angkatan ke-68 dalam praktek operasional di kapal, Courtesy Call kepada Kepala Daerah, Instansi Pemerintahan dan TNI-Polri.

Melaksanakan malam kesenian Taruna, Display Genderang Suling Gita Jala Taruna dan berbagai kegiatan promosi AAL, ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan, city tour, open ship dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, melaksanakan kegiatan latihan dengan unsur-unsur gelar di daerah operasi, memberi bantuan sosial kepada Satgas pengamanan pulau-pulau terluar dan Panti Asuhan yatim piatu dan menggelar berbagai kegiatan kompetisi Taruna yang bersifat edukatif serta Swab Antigen secara rutin kepada seluruh prajurit dan Taruna.

Menurutnya seluruh kegiatan tersebut sesuai dengan tujuan dari pelayaran yakni melaksanakan navigasi lingkaran besar, navigasi astronomi dan mempraktekkan semua pelajaran profesi dasar matra laut yang didapatkan masing-masing Korps pada keadaan sebenarnya.

Sementara itu Gubernur AAL menambahkan bahwa pendidikan Taruna AAL ini merupakan bagian dari pembangunan SDM TNI/TNI AL yang tangguh dan profesional. Latihan Praktek Pelayaran KJK ini adalah salah satu materi ajaran komponen profesi dasar Korps pada pola pendidikan Taruna yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan kecakapan sebagai bekal pada penugasan awal menjadi perwira TNI AL sekaligus pembentukan karakter Prajurit Matra Laut.

Pembangunan SDM ini, lanjutnya, adalah prioritas pertama dari sembilan Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam pembangunan dan pengembangan TNI AL sebagai salah satu alat pertahahan negara.

“Latihan KJK ini, juga merupakan wujud peran diplomasi TNI AL dalam menunjukkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa bahari berwawasan maritim ke dunia internasional. Hal itu sekaligus untuk membuktikan bahwa TNI AL terus berkembang dalam memupuk kemampuan dan kesiapannya, khususnya dalam rangka membangun TNI AL yang handal dan disegani,” pungkasnya.

Tampak hadir dalam penyambutan tersebut Kaskoarmada ll beserta para Pejabat Utama Koarmada ll, Wagub AAL Laksma TNI Rudi Aviantara beserta para Pejabat Utama AAL, Ketua Daerah Jalasenastri Koarmada II beserta jajaran pengurus dan Ketua Cabang BS Jalasenastri AAL yang juga Ibu Asuh Taruna AAL, Ny. Ayu Nur Alamsyah beserta jajaran pengurusnya.***


Berita Foto:







Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost