Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Warga Sukacita Desa Cisalam Jadi Sasaran TMMD ke-111 | Lawu Post

Warga Sukacita Desa Cisalam Jadi Sasaran TMMD ke-111

Senin, 12 Juli 20210 comments


Warga  Sukacita  Desa Cisalam Jadi Sasaran TMMD ke-111*

Oleh : Kolonel Inf FX. Sri Wellyanto Kasih
(Kapendam III/Slw)

Berdasarkan data dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Serang, pada tahun 2017 di Kabupaten Serang terdapat 12.725 rumah masuk dalam kategori Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Tiga tahun kemudian atau pada tahun 2020, Pemda Kabupaten Serang sudah berhasil membangun 9.168 RTLH menjadi RLH sehingga jumlah RTLH berkurang tinggal 3.557 Rumah lagi.

Terkait hal tersebut Kodam III/Siliwangi bekerja sama dengan Pemerintah Daerah melaksanakan program TNI Manunggal membangun Desa. Dari keempat wilayah yang menjadi sasaran TMMD ke-111 tahun 2021 di wilayah Kodam III/Siliwangi adalah di Kodim 0602/Kabupaten Serang Provinsi Banten.

Pada kesempatan tulisan TMMD kali ini, saya ingin memfokuskan pada program Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang menjadi sasaran fisik tambahan program TMMD ke-111 di wilayah Kodim 0602/Serang. Hal ini dikarenakan jika dilihat dari sisi fisik ke-10 RTLH tersebut sangat memprihatinkan, sekaligus juga merupakan salah satu upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat. 

Pada kegiatan TMMD ke-111 Kodim 0602/Serang yang dimulai pada tanggal 15 Juni 2021 lalu, terdapat 10 sasaran pokok fisik dikerjakan oleh Satgas TMMD yaitu Pembangunan Jalan Tembus yang menghubungkan Kampung Korod dengan Kampung Daragem Desa Cisalam Kecamatan Baros sepanjang 1000 M dan Lebar 4 Meter, Pembuatan Tembok Penahan Tanah (TPT) dengan Panjang 100 M dan tinggi 1,4 M di Kampung Daragem Desa Cisalam Kecamatan Baros, Pembuatan 2 unit gorong-gorong di Kampung Siowah Desa Cisalam Kec.Baros, Pembuatan Jalan Lingkungan di Kampung Sijengkol Desa Cisalam, Pembuatan 1 unit MCK Komunal di Kampung Sijengkol Desa Cisalam, Pembuatan Drainase di kampung Sijengkol Desa Cisalam, serta  Perbaikan Lapangan Bola di kampung Sibopong Cikapas Desa Cisalam.

Sementara itu salah satu kegiatan sasaran fisik tambahan adalah Rehab 10 Unit RTLH di kampung Sijengkol, Kampung Siowah dan Kampung Daragem Desa Cisalam Kecamatan Baros Kabupaten Serang. Ke-10 RTLH yang di Rehab pada Program TMMD ke-111 di wilayah Kodim 0602/Serang tersebut adalah rumah milik Bapak Jahoni Kampung Siowah RT 09/03 Desa Cisalam, Rumah Bapak Cecep Kampung Siowah RT 09/03, Rumah Bapak Kosir Kampung Siowah RT 09/03, Rumah Bapak Suryanta Kampung Siowah RT 09/03, Rumah Bapak Jasi Kampung Siowah RT 09/03, Rumah Bapak Juned Kampung Daragem RT 10/03, Rumah Bapak Subki Kampung Sijengkol RT 04/02, Rumah Bapak Sihabudin Kampung Daragem RT 11/03, Rumah Bapak Marsim Kampung Daragem RT 11/03, serta Rumah Bapak Rohman di Kampung Daragem RT 11/03 Desa Cisalam.

Saat dikunjungi Rombongan Tim Pengawasan dan Evaluasi TNI Manunggal Membangun Desa (Wasev TMMD) dari Mabesad,  Kamis (24/06/2021), progress rumah Bapak Marsim di Kampung Daragem RT 11/03 sudah mencapai 80%.

“ Saya kerjanya buruh Tani Pak Komandan, jangankan untuk memperbaiki rumah, untuk keperluan sehari-hari saja kesulitan” ujar pria berusia 51 tahun dengan tanggungan keluarga 3 orang saat bincang-bincang.

Marsim bersyukur, rumahnya terpilih menjadi salah satu dari rumah yang mendapatkan program Rutilahu pada program TMMD ke-111 yang dipusat di desanya, yaitu Desa Cisalam kecamatan Baros. “ Disini masaih banyak rumah yang sama dengan rumahnya masuk katagori Rumah Tidak Layak Huni”, ungkapnya.

Menurutnya Program TMMD sangat membantu masyarakat di Desanya yang saat ini sedang berlangsung di desanya dan berharap desanya akan mendapatkan program serupa sehingga dengan pembangunan sarana dan prasara, akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal serupa dibenarkan oleh Pasiter Kodim 0602/Serang Kapten Inf Tumiran. Menururtnya di Desa Cisalam ini, sebenarnya masih banyak rumah dengan katagori RTLH, namun karena disesuaikan dengan kemampuan anggaran yang ada, maka dipilih berdasarkan skala prioritas. Di luar TMMD ini, pihaknya akan mengupayakan dengan memanfaatkan CSR yang selama ini terjalin dengan Kodim 0602/Serang seperti CSR BRI dan Baznas. 

Kepala Desa Cisalam, M. Amin, menuturkan pihaknya selama ini  sudah berusaha untuk berkoordinasi dengan dinas/instansi Pemerintah Kabupaten Serang agar mendapatkan bantuan baik untuk pembangunan prasarana jalan maupun Rehab RTLH yang ada di wilayahnya. Namun baru tahun ini warga menyambut dengan suka cita lantaran Desa Cisalam dijadikan sasaran program TMMD ke 111 tahun 2021 ini.

Selain di wilayah Kodim 0602/Serang, sasaran fisik rehab RTLH juga dilaksanakan di Kodim 0613/Ciamis yang dilaksanakan di Kota Banjar sebanyak 2 unit dan di Kodim 0608/Cianjur sebanyak 5 unit.  (*)

Berita Foto :





Team Redaksi www.lawupost.com 
Ucu / Dewi / Wahyudi 
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost