Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Khidmat dan Sakral, 101 Calon Perwira Remaja AAL Ikrarkan Sumpah Prajurit | Lawu Post

Khidmat dan Sakral, 101 Calon Perwira Remaja AAL Ikrarkan Sumpah Prajurit

Jumat, 25 Juni 20210 komentar


Surabaya (LawuPost.Com)
Menjelang Prasetya Perwira (Pelantikan Perwira TNI) pada 13 Juli mendatang, 101 Calon Perwira Remaja Akademi Angkatan Laut (Capaja AAL) Angkatan ke-66  Tahun 2021 dengan penuh khidmat dan Sakral mengikrarkan Sumpah Prajurit yang dipandu Gubernur AAL, Mayor Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E.M.M., M.Tr (Han) pada Upacara Penyumpahan Prajurit yang digelar di Gedung Mas Pardi, Kesatrian AAL Bumimoro, Surabaya, Jumat (25/6).

Pada upacara yang dihadiri Seklem AAL, Laksamana Pertama TNI Syamsul Rizal, S.E., M.M dan para Pejabat Utama AAL tersebut, tampak empat perwakilan Capaja dari empat agama (Islam, Kristen, Katholik dan Hindu) yang bersumpah di atas kitab suci masing masing yang dibawa dan disaksikan para perwira rohani.

Menurut Gubernur AAL, upacara pengambilan Sumpah Prajurit ini merupakan rangkaian kegiatan integratif Akademi TNI, bagi para Taruna Akademi TNI yang sudah menjadi Capaja sebelum mereka melaksanakan Prasetya Perwira dan dilantik menjadi Perwira TNI menuju masa penugasan. 

“Maknanya bahwa seluruh Capaja yang dahulu merupakan militer sukarela, dididik menjadi Taruna untuk menjadi calon perwira, secara resmi telah terikat dan tunduk terhadap semua Peraturan Perundang-Undangan yang mengatur tentang hak dan kewajiban sebagai seorang prajurit,” kata Gubernur AAL.

Sumpah Prajurit lanjut Alam –sapaan akrab Gubernur AAL ini- merupakan salah satu syarat mutlak untuk menjadi prajurit TNI, sumpah ini merupakan ikrar yang menggariskan tentang rasa tanggung-jawab yang tinggi dalam mencapai visi dan misi kesatuan melalui pengorbanan terbaik, bila perlu nyawa pun dipertaruhkan, bersandar pada hukum positif, Sumpah Prajurit mengandung konsekuensi sanksi hukum bagi yang melanggarnya. 

“Setelah mengucapkan Sumpah Prajurit, secara totalitas kalian mendharma-bhaktikan jiwa dan raga kepada bangsa serta negara, karena sampai dengan tahap ini, kalian  telah berstatus sebagai prajurit TNI, sebagai prajurit TNI, berarti segala tingkah laku dan perbuatan didalam melaksanakan tugas menjadi tanggung jawab kalian secara mandiri,” jelasnya. 

Gubernur AAL juga menegaskan kepada para Capaja AAL, agar jangan pernah menyia-siakan dan mengecewakan diri pribadi, orang tua dan lembaga yang telah membentuk mereka. 

“Ingat, kalian semua adalah masa depan TNI AL, ditangan kalianlah kelak yang akan menjaga agar TNI AL dapat terus mengimbangi menjawab tantangan sesuai perkembangan lingkungan strategis yang dinamis. Jangan pernah tanya apa yang telah diberikan negara padamu, tapi kini tanyakan apa yang akan kau sumbangkan pada bangsa dan negaramu,” tegas orang nomor satu di AAL ini.

Dengan dilaksanakannya pengabilan Sumpah Prajurit ini tambahnya, membawa konsekuensi bagi para Capaja terhadap perubahan status dari masyarakat sipil menjadi prajurit TNI AL, hal ini tentunya juga dibebankan kepadanya hak dan kewajiban sebagai prajurit TNI sesuai ketentuan dan norma serta hukum militer yang berlaku. (*)

Berita Foto :





Team Redaksi www.lawupost.com 
Ucu / Dewi / Wahyudi 
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

NUSANTARA BERSATU

Batalyon Artileri Medan 4/105 GS Parahyangan Kodam III/Siliwangi

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost