Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Panglima TNI Hadiri Serah Terima Kapal Selam KRI Alugoro-405 | Lawu Post

Panglima TNI Hadiri Serah Terima Kapal Selam KRI Alugoro-405

Rabu, 17 Maret 20210 comments


Puspen TNI(LawuPost.Com) 
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menghadiri acara Serah Terima Kapal Selam ke-3 KRI Alugoro-405, yang diserahterimakan dari PT. PAL kepada Menteri Pertahanan RI Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subiyanto, bertempat di Galangan DSME - Okpo Korea Selatan dan PT PAL Indonesia, Surabaya, Rabu (17/3/2021).

Kapal Selam KRI Alugoro di Galangan DSME - Okpo Korea Selatan dan PT PAL Indonesia merupakan kerja sama antara Korea Selatan dan Indonesia pada tanggal 26 Desember 2014 lalu dan peletakan lunas pada tanggal 30 Mei 2016. Pengiriman section dari Korea Selatan ke Indonesia pada tanggal 19 Maret - 25 Mei 2017 dan pemberian nama ALUGORO pada tanggal 11 April 2019 dan penyerahan kepada Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 17 Maret 2021.

Nama Alugoro diambil dari salah satu senjata berbentuk Gada yang dimiliki oleh Prabu Baladewa yang merupakan tokoh wayang yang dikenal adil, tegas dan jujur. Sebelum nama Alugoro juga pernah digunakan sebagai nama Kapal Selam yang didatangkan dari Uni Sovyet yaitu RI Alugoro-406 yang merupakan bagian dari paket pengiriman 12 Kapal Selam Whiskey Class.

Dalam sambutannya Menteri Pertahanan RI Prabowo Subiyanto mengatakan bangga terhadap Prajurit TNI khususnya Angkatan Laut. “Saya yakin suatu saat nanti Kapal Selam dari planning atau perencanaan, merakit sampai menjadi Kapal Selam benar-benar hasil karya anak bangsa Indonesia tanpa campur tangan dari negara asing,” ucapnya.

Turut hadir pada acara tersebut, diantaranya Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. Ketua Komisi 1 DPR RI Ibu Meutya Viada Hafid, Katimlak KKIP Letjen TNI (Purn) Suryo Prabowo, Deputi Bidang Hukum dan Perundang-Undangan Kementerian BUMN Carlo Tewu dan PLT Direktur Utama PT PAL Indonesia Persero Etty Soewardani.

 
Autentikasi : Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (KH) Dr. Drs. Edys Riyanto, M.Si. 

Berita Foto :





Team Redaksi www.lawupost.com
Ucu / Dewi / Wahyudi
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost