Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Kembali, Taruna AAL Satlat KJK 2020 Salurkan Bantuan Satgaspam Puter Pulau Laut dan Sekatung | Lawu Post

Kembali, Taruna AAL Satlat KJK 2020 Salurkan Bantuan Satgaspam Puter Pulau Laut dan Sekatung

Sabtu, 07 November 20200 comments


Pulau Laut (LawuPost.Com)
Dalam pelayaran menuju Ranai Kepulauan Natuna, kembali Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lll Angkatan ke-67 yang tergabung dalam Satuan Latihan Kartika Jala Krida (Satlat KJK) 2020 singgah dan salurkan bantuan kepada penjaga perbatasan Satgaspam Pulau Terluar Posal Pulau Laut dan Pulau Sekatung, Sabtu kemarin. 

Menurut Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) KJK 2020 Letkol Laut (P) Aris Dianto, M.Han, 
dalam perjalanan Satgas OBS yang membawa Satlat KJK 2020 dari Tanjung Uban menuju Ranai  Satlat KJK melaksanakan Baksos kepulau terluar yang berbatasan dengan negara Vietnam dan Malaysia.

Kegiatan ini merupakan salah satu agenda dari pelayaran untuk menunjukan kepada Taruna AAL letak batas pulau-pulau terluar wilayah Indonesia, sekaligus memberikan bantuan berupa Alat Kesehatan dan Sembako kepada personel TNI AL yang ditugasi untuk menjaganya.

Pulau Laut lanjut Palaklat,  adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Natuna Kepulauan Riau, Pulau Laut terletak diantara 04 3O 30_4 48 02 LU dam 107 43 06 _108 01 46 BT. Luas wilayah Pulau Laut sekitar 37,58 km2.

Batasan wilayah Pulau Laut yaitu batas utara dan timur dengan Laut Cina selatan dan  Pulau Laut merupakan pulau yang berada di perbatasan antara negara Vietnam dan Malaysia di laut Cina Selatan dan berdekatan dengan pulau Sekatung yang memiliki luas 1,65 Km2 dibawah Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau

Pulau Laut dikelilingi gugusan terumbu karang. Pada surut terendah sebagian area tersebut kering, kecuali bagian cekungan merupakan alur keluar masuk kapal nelayan. Pada saat pasang dan digenangi air, dalam area pesisir, ditemukan beberapa biota antara lain penyu sisik, gerombolan ikan hias dan anakan ikan baronang. 

Dikecamatan Pulau Laut memiliki 3 Desa diantaranya Desa Airpayang, Desa Kasur dan Desa Tanjung Pala serta memiliki 2 buah Suar yaitu Mercusuar Pulau Sekatung dan Mercusuar Pulau Semiun yang memiliki kurang lebih 700 kepala keluarga. Pulau Laut juga memiliki 3 buah rambu suar yang terletak di Pulau Sebatur, Karang Sebuntar dan Tokong Buruk. 

Dibidang Hankam tambah Palaklat, di Pulau Laut, memiliki Pos TNI AL dengan jumlah anggota 3 orang dan pos pengamanan daerah terluar dengan jumlah anggota 31 orang yang terletak di pulau Sekatung. 

Untuk pos Marinir dengan jumlah 1O orang. Selain aparat TNI AL, di Kecamatan Pulau Laut sudah memiliki KORAMIL dengan 6 orang anggota serta 3 orang BABINSA ditiap daerah. 

Komandan Satgas OBS Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr.Hanla, Palaklat KJK 2020 Letkol Laut (P) Aris Dianto, M.Han beserta Paping Korps Suplai Letkol Laut (S) Wahyu Kurniawan, M.Han. didampingi perwakilan Taruna Taruni diantaranya Sermadatar Pelaut Elang T, Sermadatar Elektro Azi, Sermadatar Elektro Arum dan Sermadatar Elektro Anisa turun di dua pulau tersebut. 

Mereka menyerahkan bantuan berupa Alkes dan sembako kepada Danpos Pulau Sekatung Letda Inf B Saragih dan Serma Marinir Hendra Wijaya serta Danposal pulau Laut yang diwakili oleh Babinpotmar Serma Bah Sarno dan Babimkamtipmas Bripka Wahyudi.

Kepada Dansatgas Puter Pulau laut,  Palaklat KJK berharap semoga bantuan yang diberikan oleh Satgas Operasi Bima Suci KJK 2020 ini bisa bermanfaat bagi Satgas Puter Pulau Laut dalam melaksanakan tugas di perbatasan.

"Selamat Bertugas, tetap semangat untuk menjaga kedaulatan NKRI," pungkas Aris memberikan semangat kepada prajurit penjaga perbatasan.  ***


Berita Foto :




Team Redaksi www.lawupost.com
Ucu / Dewi / Wahyudi
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost