Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Pangkalan TNI Angkatan Udara Sam Ratulangi adakan Bakti Sosial HUT TNI | Lawu Post

Pangkalan TNI Angkatan Udara Sam Ratulangi adakan Bakti Sosial HUT TNI

Senin, 05 Oktober 20200 komentar


Pentak Lanud Sam Ratulangi Manado(LawuPost.Com) 
Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb Abram Tumanduk memimpin apel khusus Bakti Sosial. Dalam rangka peringatan HUT TNI ke-75 di halaman Pos Satgas Pengamanan Aset TNI AU Desa Kalawiran, Kakas, Minahasa, Sulut, Sabtu (3/10/2020). Sekaligus, penyerahan masker untuk dibagikan kepada warga Kalawiran dan bantuan alat olahraga kepada Danru Pos Satgas Pam Aset TNI AU di Kalawiran Serka Kustono, dan Hukum Tua Desa Kalawiran Ibu Viane Batas serta Kepala Jaga Dusun Jauh Tasuka Dedi Kalalo.

Dalam sambutannya, Kolonel Pnb Abram Tumanduk menyatakan, dalam melaksanakan tugas pokoknya, TNI harus bahu-membahu dan bersinergi dengan berbagai komponen bangsa lainnya. Berbagai kekuatan yang bersatu itu akan menghasilkan energi yang luar biasa bagi kemajuan bangsa. Oleh karena itulah, tema pokok pada kegiatan HUT ke-75 tahun 2020 ini adalah “Dirgahayu TNI, SINERGI UNTUK NEGERI”.

Optimalisasi sinergi TNI merupakan hal penting untuk menjaga stabilitas keamanan nasional. Sebab stabilitas keamanan nasional akan mendukung program-program pembangunan nasional, termasuk pembangunan SDM yang unggul. Bahkan, seperti yang telah pernah dikatakan Panglima TNI pada beberapa kesempatan. Bahwa didalam membangun bangsa, tidak dapat dilakukan secara perorangan ataupun sendiri-sendiri. Tetapi diperlukan kerjasama kompak dan kolaborasi diantara berbagai komponen bangsa untuk mencapai kemajuan dan keunggulan.

Lebih lanjut, Komandan Lanud Sam Ratulangi atas nama Lanud Sam Ratulangi, menyampaikan rasa hormat dan terimakasih. Kepada anggota Koramil 1302-03/ Kakas, Koramil 1302-09/ Langowan, Jemaat GMIM ‘Sejahtera’ Kalawiran, Pemuda Mesjid Baiturahman Amongena Langowan, serta Polsek Rural Kakas. Atas kesediaan turut-serta dalam pelaksanaan bakti sosial HUT TNI ke-75. Di desa Kalawiran, Kecamatan Kakas Barat dan di desa Amongena Kecamatan Langowan Sulawesi Utara.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan menjelang HUT TNI ke-75 tahun ini adalah, perbaikan ringan dan korve kebersihan lingkungan Gereja GMIM Sejahtera Kalawiran, perbaikan ringan dan korve Mesjid Baiturrahman Amongena Langowan, penyerahan alat kebersihan di Gereja dan Mesjid, pemberian masker bagi masyarakat sekitar Kalawiran, penyerahan alat olahraga untuk masyarakat Kalawiran dan Dusun Jauh Tasuka, penyerahan bibit ternak itik untuk meningkatkan ketahanan pangan masyarakat dan penyuluhan untuk peternakan Itik yang diprakarsai Ketua PIA Ardhya Garini Ibu Lidya Abram Tumanduk di Pos Kalawiran dan diikuti oleh 36 orang masyarakat Kalawiran.

Sementara itu, peserta upacara terdiri dari anggota Lanud Sam Ratulangi, Koramil 1302-03/ Kakas, Koramil 1302-09/ Langowan, dan Polsek Rural Kakas. Serta dihadiri oleh pemerintah setempat yakni Camat Kakas Barat Syane Sumendap, Camat Langowan Timur Jefry Masiouw, Camat Kakas Feky Rombot. Danramil 1302-03/ Kakas Pelda Edward, Kapolsek Rural Kakas Iptu Erly Salangka, Pimpinan Mesjid Baiturrahman Amongena. Pimpinan Jemaat GMIM Sejahtera Kakas, BKSAUA Desa Kalawiran serta Hukum Tua Desa Kalawiran Ibu Viane Batas yang menerima pula bantuan bibit ternak itik. Diserahkan oleh Ketua PIA Ardhya Garini Ibu Lidya Abram Tumanduk, mendukung  ketahanan pangan warga desa Kalawiran.

Pada kesempatan itu, Danlanud Sam Ratulangi meninjau jalannya kegiatan renovasi ringan di dua tempat rumah ibadah. Dilaksanakan oleh gabungan anggota Lanud Sam Ratulangi dan anggota Koramil Kakas maupun Langowan. Sekaligus, menyerahkan bantuan alat kebersihan serta drum tong sampah. 

Pusat kegiatan Bakti Sosial HUT TNI ke-75 tahun ini diselenggarakan di Desa Kalawiran. Dimana, satu Regu Paskhas telah ditempatkan sebagai satuan tugas pengamanan aset TNI AU Kalawiran dan Tasuka. Pada masa panen raya belum lama ini di daerah Minahasa, regu Paskhas telah turut membantu masyarakat Kakas memotong padi yang siap dipanen.

Padi-padi dalam persawahan yang luas ini, berada tepat diatas landasan pacu TNI AU. Mungkin hanya sebagian kecil yang mengenal pangkalan ini, yang sekarang telah menjadi hamparan sawah. TNI AU memiliki landasan pacu yang sangat kokoh di Minahasa hingga saat ini, sejak tahun 50-an. Sesuai dengan sejarahnya, pada tahun 1957 telah pernah ada Komandan Lanud Tasuka yakni Basjir Soerya. Namanya diabadikan menjadi nama ruang rapat di Komando Pemeliharaan Materiel TNI AU di Bandung. 

Belanda di awal abad 19 sudah membangun benteng pertahanan di Tasuka. Pangkalan udara air Tasuka ini adalah tempat turun-naiknya pesawat-pesawat amphibi di pinggiran danau Tondano.. Pangkalan Udara air Tasuka ini berada di depan benteng pertahanan. Tiga bangunan benteng yang kokoh hingga saat ini, lengkap dengan gudang-gudang mesiu. Berada di kaki bukit, tepat di pinggir Danau Tondano. 

Di tempat ini terdapat juga hellipad yang kadang tenggelam kala air danau pasang. Pangkalan Udara Air Tasuka sangat ideal bagi pengembangan TNI Angkatan Udara dengan menambah Skadron Pesawat Amphibi. Tempat ini sangat ideal, untuk dihidupkan kembali. Tanpa disadari Minahasa memiliki cikal bakal bandara Internasional, untuk menggerakkan roda perekonomian Minahasa. Selain itu, ideal sebagai daerah wisata sejarah, seperti halnya Benteng Pendem yang ada di Ngawi. Seandainya Minahasa memiliki bandara Internasional, kemajuan ekonomi daerah akan semakin pesat. 

Satuan Tugas Pengamanan Aset TNI AU melaksanakan perintah BKO (Dibawah Komando Operasi) Pangkoopsau II dalam rangka tugas operasi pengamanan aset TNI AU Kalawiran. Melaksanakan tugasnya berdasarkan Radiogram Komandan Korpaskhas Nomor Sprin/ 230/XI/2019 tertanggal 27 September 2019. 

Sedangkan, Landasan Udara Air Tasuka dan Landasan Udara Kalawiran di Kecamatan Kakas berada dalam wilayah hukum Kabupaten Minahasa. Letaknya sangat strategis dibagian selatan dan barat danau Tondano, provinsi Sulawesi Utara di wilayah Indonesia bagian timur, yang berbatasan dengan negara tetangga Filipina.

Kegiatan Baksos HUT TNI ke-75 ini disambut hangat oleh Ketua P3AU (Putra Putri Purnawirawan Angkatan Udara) Minahasa Nouke Paat, dengan menyajikan jamuan makan bersama di Desa Kaweng. Sebelumnya, bersama Pak Camat Langowan Timur Jefry Masiouw, serta beberapa pejabat pemda setempat secara konvoi telah meninjau landasan udara air Tasuka, Benteng Tasuka serta lokasi olahraga Paralayang diatas bukit Desa Kaweng.***

Authentifikasi : 
Kapentak Lanud Sam Ratulangi Mayor Sus Michiko Moningkey. 

Foto Video : 
Letda Sus Agustinus Tangkidi. 


Berita Foto :









Team Redaksi www.lawupost.com
Ucu / Dewi / Wahyudi
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

NUSANTARA BERSATU

Batalyon Artileri Medan 4/105 GS Parahyangan Kodam III/Siliwangi

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost