Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Tingkatkan Kualitas Pembelajaran, Taruna Akademi Angkatan Laut Ikuti Pelatihan E-Learning | Lawu Post

Tingkatkan Kualitas Pembelajaran, Taruna Akademi Angkatan Laut Ikuti Pelatihan E-Learning

Selasa, 25 Agustus 20200 comments

Surabaya (LawuPost.Com)
Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) mengikuti Pelatihan E-learning yang dipandu tim dari Dinas Informasi dan Pengolahan Data Angkatan Laut (Disinfolahtal) Mabesal yang dipimpin Sekdis Infolahtal, Kolonel Laut (KH) Dr. Bambang Suharjo., S.Si., M.Si., CHRMP, Selasa (25/8).

Pelaksanaan pelatihan yang digelar di Gedung Maspardi, Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya ini, Sekdis Infolahtal Mabesal didampingi anggota tim Kapten Laut (KH) Abdillah Imam Julianto, S.Kom dan Letda Laut (KH) Aldilla Mutaqien Affyanto, S.T. membagi Taruna AAL dalam dua gelombang untuk menerapkan physical distancing dan bermasker saat pelatihan berlangsung.

Taruna tingkat lll dan IV mendapat giliran mulai pukul 7.30 – 11.30, sementara itu Taruna Tingkat ll pada pukul 12.30 -15.00. Menurut Bambang –sapaan akrab Sekdisinfolahtal Mabesal ini- materi kali ini beda dengan materi yang diberikan untuk Dosen dan Admin pada hari pertama kemarin. 

“Para Taruna diberikan materi bagaimana dia masuk ke sistem E-learning AAL dalam  pembelajaran  online (eLearning)  yang  berbasis Moodle, hal pertama yang dilakukan  adalah proses pendaftaran akun untuk login ke sistem.  Proses ini wajib  dilakukan bagi seluruh Taruna agar bisa mengakses E-learning AAL secara utuh,” terangnya.

Setelah proses tersebut dilakukan, maka para Taruna dapat mengakses proses kegiatan  belajar  secara  online  yang berisi  mengenai  aktivitas-aktivitas  yang  akan dilaksanakan pada saat proses belajar seperti materi  yang berisi bahan perkuliahan yang dapat didownload atau dilihat secara langsung. 

Kemudian Kuis, merupakan aktivitas berupa ujian (pilihan ganda atau essay), selain itu ada tugas-tugas tentang aktivitas yang dikerjakan di kelas atau di mess. Ada juga Forum, yaitu ruang diskusi antara Taruna dan pengajar serta Obrolan/Chat, yakni ruang diskusi antara Taruna secara online.

Selain itu para Taruna juga dikenalkan dengan cara pembelajaran dengan metode Vicon yang dilaksanakan apabila ada pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Taruna juga dapat melihat langsung nilai-nilai yang di dapat mereka setelah melaksanakan ujian serta mereka dapat juga memberikan penilaian tentang cara pengajaran dari masing-masing dosen.

Menurut Bambang, cara pembelajaran E-learning sangat bagus dan tepat digunakan bagi para Taruna karena mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini. Para Taruna dapat secara mudah melakukan pembelajaran secara online ditengah padatnya kegiatan para Taruna sehingga dapat meningkatkan kemampuan Taruna dan mengembangkan kemampuannya dalam menyelesaikan pendidikan di AAL dengan hasil yang baik dan memuaskan.

Gubernur AAL Laksda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. didampingi Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., Dirrenbang, Danmen, Kadeptek, Kadeplek AAL disela sela melaksanakan olahraga tadi pagi, juga meninjau para Taruna yang sedang melaksanakan pelatihan E-learning.

Gubernur berharap, tujuan Pelatihan E-learning untuk meningkatkan sistem pelayanan elektronika yang modern tentang pendidikan di AAL bagi Taruna dan Taruni AAL dapat tercapai, sehingga dapat meningkatkan daya serap dari Taruna terhadap materi yang diajarkan, meningkatkan partisipasi aktif dari para Taruna, meningkatkan kemampuan belajar mandiri, dan meningkatkan kualitas materi pembelajaran.

Kabagpen AAL, 
Mayor Laut (KH) Rohman Arif, S.Sos. 

Berita Foto :



Team Redaksi www.lawupost.com
Ucu / Dewi / Wahyudi
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost