Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Diskes Lantamal V Terima Apd Program Faskes Non Rujukan Covid-19 Dari Diskes Provinsi Jatim | Lawu Post

Diskes Lantamal V Terima Apd Program Faskes Non Rujukan Covid-19 Dari Diskes Provinsi Jatim

Rabu, 06 Mei 20200 komentar

Jatim (LawuPost.Com) Dinas  Kesehatan  (Diskes)  Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V menerima Alat Perlindungan Diri (APD) dalam program APD untuk fasilitas kesehatan non Rujukan Covid-19 dari Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, Kemarin siang.

Dalam wabah pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari 3 Bulan ini, maka status kondisi seseorang muncul dalam berbagai macam kriteria seperti OTG, ODP, maupun PDP. Status OTG atau Orang Tanpa Gejala merupakan kriteria dengan jumlah orang paling banyak. Tidak Ada nya gejala klinis yg muncul pada OTG walau pun carrier virus Covid-19 sangat menyulitkan dalam melakukan penapisan maupun pemantauannya. Kondisi ini membuat para Tenaga Medis juga sangat merasa kesulitan membedakan antara OTG dengan orang yang bersih dari Virus Covid19, ujar Kadiskes Lantamal V.

Bahkan terkadang pasien sendiri pun tidak tahu kalau sedang menyandang status sebagai OTG. Memang diperlukan tindakan test Swab (RT- PCR) agar bisa ditentukan kondisi sebenarnya. Namun adanya keterbatasan dari alat PCR, reagen dan anggaran membuat test RT PCR hanya digunakan secara selektif saja. Hal ini tentu membuat para Tenaga Medis Harus berhati hati dalam melakukan kegiatan Pelayanan Kesehatan rutin terhadap pasien. Padahal layanan kesehatan rutin tidak bisa berhenti begitu saja. Masih banyak penyakit lain diluar Covid-19 yang juga memerlukan perhatian dan pelayanan kesehatan.

Dari Dinas Kesehatan kata Kolonel drg. Bima P. Sp. Prosth. M. Kes., selaku Kadiskes Lantamal V, bahwa Diskes Lantamal V yang membawahi 23 fasilitas kesehatan TNI AL yang tersebar di provinsi Jateng, Jatim, Madura dan Bali tetap membuka kegiatan layanan kesehatan bagi prajurit dan keluarganya serta masyarakat sekitar secara selektif dan profesional agar status kesehatan Prajurit dan keluarganya  tetap terjaga dengan baik.

Tentu hal ini memerlukan APD dan SOP yg tepat bagi tenaga Kesehatan dalam menjalankannya.  Dari Latar belakang inilah maka Dinas Kesehatan Lantamal V didukung oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jatim pada Hari Rabu 6 Mei 2020 membekali  tenaga medis di jajaran Diskes Lantamal V  dengan dukungan APD agar siap melayani pasien non Covid-19 dengan aman dan profesional.

Untuk itu, Kadiskes Lantamal V menyampaikan atas nama seluruh Jajaran Lantamal V mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kesehatan Prov. Jatim atas bantuan APD ini, yang terdiri dari 200 Hazmat, 1000 masker bedah, 40 sepatu boots, 50 Faceshield, dan hal ini akan sangat bermanfaat dalam kegiatan pelayanan kesehatan nantinya.***


Team Redaksi www.lawupost.com
Tatang / Ucu S / Wahyudi

Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

NUSANTARA BERSATU

Batalyon Artileri Medan 4/105 GS Parahyangan Kodam III/Siliwangi

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost