Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Rumah Sakit Cibabat Dapat Donasi | Lawu Post

Rumah Sakit Cibabat Dapat Donasi

Rabu, 22 April 20200 komentar

Cimahi (LawuPost.Com) Sebagai garda terdepan tenaga medis yang menangani pasien Covid-19 nyatanya masih merasa kesulitan mendapatkan Alat Pelindung Diri (APD) yang berkwalitas prima. Padahal seharusnya, segala kebutuhan mereka menjadi skala prilritas.

Menurut dr. Adhi Nugraha, Sp.B(K) Onk tim relawan Cibabat Covid-19 pihaknya sejauh ini merasa kesulitan mendapatkan Alat Pelindung Diri (APD) yang sempurna. Seperti, masker N95 tipe 1860 dan 1870, juga baju hazmat yang berkwalitas super.

"Banyak bantuan yang sudah kami terima, namun masih sedikit yang sesuai dengan standart badan kesehatan dunia WHO. Tapi  tidak bermaksud mengecilkan kepada yang sudah memberi batuan kepada RSUD Cibabat." Ujarnya. usai menerima bantuan APD dari IDI Jawa Barat, digedung D RSUD Cibabat Kota Cimahi, Selasa (21/04/20).

Selain bantuan APD yang diberikan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jawa Barat, dirinya atas nama keluarga dr. Adhi Nugraha, Sp.B(K) Onk dan dr. Sonny Sasotya, Sp.OG(K) Urogyn juga menyerahkan Swab Chamber. 

Menurut keterangan Aria Dipajaya Ketua Umum Himpunan Mesin ITB, Swab Chamber adalah alat respirator yang kini sedang dikembangkan himpunan fakultas Teknik Mesin ITB. Swab Sampling Chamber merupakan alat pemeriksaan diagnosis Covid-19.

"Kita bisa bayangkan, untuk pengambilan setiap sample dibutuhkan bahan permeriksaan (sample) apus tenggorokan dan hidung." tuturnya.

Artinya, tenaga medis akan mudah tertular jika APD nya tidak lengkap dan berkwalitas. Sementara, APD sekarang sangat sulit untuk didapat. Dengan bilik Swab test, bisa memungkinkan untuk melindungi petugas agar tidak terkontaminasi.

"Alat ini, selain aman juga melindungi petugas agar tidak tertular. Lain daripada itu, bisa menghemat jumlah petugas. Dan alat ini juga bisa dipindah-pindah." Papar Aria.

Jadi bisa disimpulkan, lanjutnya, alat ini bisa menghemat jumlah APD, SDM, biaya, waktu, dan yang terpenting bisa mengurangi bahaya kontaminasi. 

Dilain pihak, Reri Marliah Plt Direktur RSUD Cibabat menyampaikan terima kasih kepada seluruh donatur yang sudah banyak membantu RSUD Cibabat dalam penaganan Covid-19. 

"Saya ucapkan terima kasih kepada IDI wil Jawa Barat, Ketua Himpunan Mesin ITB, dan PT. Bobo Box yang telah memberikan bantuannya. Semoga bantuan ini bisa bermafaat bagi tenaga medis yang tengah menangani Covid-19." Ungkapnya.

Team Redaksi www.lawupost.com
Tatang / Agil / Wahyudi 

Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

NUSANTARA BERSATU

Batalyon Artileri Medan 4/105 GS Parahyangan Kodam III/Siliwangi

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost