Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) KETERLIBATAN LANAL YOGYAKARTA DALAM UPAYA MENDUKUNG PENANGANAN PASIEN COVID-19 | Lawu Post

KETERLIBATAN LANAL YOGYAKARTA DALAM UPAYA MENDUKUNG PENANGANAN PASIEN COVID-19

Rabu, 22 April 20200 comments

Yogyakarta (LawuPost.Com) Upaya nyata dari Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta Lantamal V Koarmada II dalam membantu penanganan pasien Covid-19 di wilayah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dilaksanakan salah satunya membantu dalam penyediaan fasilitas bilik desinfektan di pintu masuk RS. Happy Land yang berlokasi di Jl. Ipda Tut Harsono No. 53, Jl. Melati Wetan, Kec. Muja Muju Kota Yogyakarta, Rabu (22/4).

Berdasarkan penetapan status tanggap darurat bencana dalam menghadapi pandemi Covid-19 di wilayah DIY, pada tanggal 20 Maret 2020 Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X telah menetapkan status tanggap bencana Covid-19 dengan pertimbangan status bencana ini karena eskalasi pandemi Covid-19 terus meningkat, oleh karena itu Pemprov DIY bersama unsur Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (Forkompinda) DIY menentukan langkah-langkah lebih masif dalam upaya penanganan pasien Covid-19.

Adapun sesuai hasil laporan dari Dinas Kesehatan Kota/Kabupaten serta RS. Rujukan DIY sampai dengan hari Senin, 20 April 2020 menyebutkan rincian jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) total sebanyak 668 orang, Orang Dalam Pengawasan (ODP) total sebanyak 3.720 orang. Dari total 668 PDP menunjukkan 122 orang menjalani rawat inap di RS, 501 orang rawat jalan dan 45 orang dinyatakan meninggal dunia. Sedangkan hasil laboratorium menunjukkan 69 orang positif terjangkit virus Covid-19 dengan rincian masih menjalani perawatan 34 orang, sembuh 28 orang dan meninggal dunia 7 orang.

Memperhatikan situasi dan kondisi wilayah tersebut serta berdasarkan hasil video teleconverence Danlanal Yogyakarta Kolonel Marinir Bambang Adriantoro bersama Danlantamal V Laksma TNI Tedjo Sukmono, S.H, CHRMP beberapa waktu lalu, disampaikan direktif agar Lanal-Lanal Jajaran Lantamal V menyiapkan Sub Satgas Penanggulangan Bencana Covid-19 di wilayah kerja Lanal masing-masing. 

Atas pertimbangan tersebut, Danlanal Yogyakarta telah membentuk Tim Satgas Penanggulangan Bencana Covid-19 Lanal Yogyakarta berkekuatan 25 orang terdiri dari gabungan personel Satuan Markas, Kesehatan, Polisi Militer, Intel dan Penerangan, Logistik dan Angkutan dan telah secara aktif terlibat dalam setiap kegiatan dan bantuan upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 di wilayah provinsi DIY, salah satu kegiatan dilaksanakan hari ini, 10 personel Tim Satgas Bencana Covid-19 Lanal Yogyakarta melaksanakan dukungan penyiapan fasilitas bilik desinfektan di RS. Happy Land Yogyakarta sebagai salah satu upaya preventif mencegah penularan virus Covid-19 di lingkungan RS.

"Semoga keterlibatan Tim Siaga Bencana Covid-19 Lanal Yogyakarta, dapat secara nyata membantu dan meringankan semua pihak akibat masih maraknya penderita virus Covid-19 di wilayah DIY, upaya ini hendaknya kita laksanakan dengan ikhlas dan sebaik-baiknya dengan kita maknai bahwa upaya penanganan Covid-19 harus kita laksanakan secara bersama-sama oleh seluruh kekuatan komponen masyarakat, terlebih kita sebagai bagian kekuatan TNI sudah menjadi hakikat dan pengabdian kita sesuai Sapta Marga dan 8 Wajib TNI", tegas Danlanal Yogyakarta.

Team Redaksi www.lawupost.com
Ucu / Wahyudi

Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost