Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Gubernur AAL Lepas 115 Taruna AAL Tingkat l Lattek Layar Pra Jalasesya | Lawu Post

Gubernur AAL Lepas 115 Taruna AAL Tingkat l Lattek Layar Pra Jalasesya

Rabu, 18 Maret 20200 komentar

Surabaya (LawuPost.Com) Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. melepas 115 Taruna AAL Tingkat l Angkatan ke-68 TA.2020 untuk melaksanakan Latihan Praktek (Lattek) Layar Pra Jalasesya  yang digelar di Lapangan Banda, Depan Gedung R. Soebijakto, Mako AAL, Bumimoro, Surabaya, Senin (16/3).

Tampak hadir Wakil Gubernur AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., Seklem AAL, para Direktur, Komandan Resimen, Kaopsjar, para Kepala Departemen / Kaprodi, perwira staf dijajaran AAL, Pelatih dan Pengasuh dijajaran Resimen AAL lainnya.

Dihadapan 115 Taruna AAL Tingkat l yang 102 orang diantaranya adalah Taruna dan 13 orang lainnya adalah Taruni ini, Gubernur AAL mengatakan bahwa Lattek Pra Jalasesya merupakan latihan pengenalan pelayaran bagi Taruna/Taruni Tingkat l AAL yang telah ditetapkan dalam program pelaksanaan pendidikan AAL tahun 2020, dengan rencana rute perjalanan “Surabaya – Balikpapan – Palu – Surabaya” tentatif selama 14 hari. 

Menurut Gubernur AAL, tujuan Lattek Pra Jalasesya adalah untuk memperkenalkan secara langsung dasar kematraan, tradisi khas TNI AL dan kehidupan dinas dalam di KRI pada saat berlayar serta menumbuhkembangkan kejuangan jiwa bahari  dan membentuk karakter sebagai prajurit matra laut, dimana dalam membentuk karakter tidak sekedar bisa diceritakan, namun harus dilakukan dengan menembus ruang dan waktu serta kegiatan.

Selama melaksanakan Pra Jalasesya, Taruna/Taruni Tingkat I akan dikenalkan dengan hal-hal yang berhubungan dengan keangkatanlautan, seperti Peraturan Umum Dinas Dalam (PUDD) dan Tradisi Khas TNI AL, data-data teknis serta deskripsi kapal dan jenis peran peran di KRI, alat-alat kebaharian, dan organisasi di KRI serta navigasi, persenjataan, permesinan dan sistem keselamatan di kapal.

“Melalui latihan Pra Jalasesya ini, para Taruna akan mengenal beberapa daerah kepulauan sebagai destinasi maupun dari orientasi di peta. Saya berharap agar para Taruna/Taruni mampu menghayati bahwa laut merupakan media pemersatu, media perhubungan, media penyedia SDA,  media pertahanan dan media membangun pengaruh, dimana TNI AL mempunyai tugas untuk menjaga dan mengamankannya,” terangnya.

Gubernur juga berharap, dengan Lattek ini dapat menumbuhkan jiwa bahari pada setiap pribadi Taruna, oleh karena itu manfaatkanlah kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, inisiatif menambah pengetahuan dengan banyak bertanya kepada ABK baik pada saat jaga maupun kehidupan sehari hari.

Kepada komandan latihan beserta staf saya instruksikan  agar melaksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya. Kendalikan Taruna/Taruni berikut pelibatannya dalam segenap kegiatan serta adakan koordinasi dengan pihak kapal dan pihak-pihak terkait untuk menjamin terpenuhinya kegiatan sesuai yang direncanakan. Perwira kesehatan agar melengkapi peralatan dan obat-obatan dengan mengantisipasi endemi yang berkembang.

“Pada setiap destinasi pelabuhan, seiring sedang mewabahnya covid-19, agar didalam melaksanakan kegiatan, termasuk memberikan kesempatan pesiar dilaksanakan secara bijak dengan penuh pertimbangan, koordinasikan dengan pangkalan, hindari ha-hal interaksi yang kurang penting. Tekankan Taruna agar terus menjaga pola hidup sehat termasuk cukup waktu istirahat dan olahraga,” pungkasnya.

Team Redaksi www.lawupost.com
Ucu S/Wahyudi

Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

NUSANTARA BERSATU

Batalyon Artileri Medan 4/105 GS Parahyangan Kodam III/Siliwangi

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost