Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) DANDENMA LANTAMAL V TEKANKAN PENTINGNYA BUDAYA HIDUP BERSIH DAN SEHAT | Lawu Post

DANDENMA LANTAMAL V TEKANKAN PENTINGNYA BUDAYA HIDUP BERSIH DAN SEHAT

Kamis, 05 Maret 20200 komentar

Lantamal V (LawuPost.Com) Komandan Denma Lantamal V Letkol Marinir Ahmad Yudinanto, S.Pd., mengajak kepada seluruh Perajurit Mako Denma Lantamal V untuk membudayakan hidup bersih dan sehat, di lingkungan kerja Lantamal V. hal ini disampaikannya sesuai apel pagi di lapangan apel Denma Mako Lantamal V Kamis, (5/3).

Dalam arahannya Dandenma Lantamal V menyampaikan bahwa, "Ada beberapa hal yang akan saya sampaikan, yang pertama Mari kita Panjatkan Puji Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa dimana hari ini kita masih diberikan kesehatan memenuhi salah satu kewajiban kita sebagai prajurit yaitu apel pagi dengan disiplin. Salah satu bentuk rasa syukur prajurit adalah diberikan kesehatan dengan melaksanakan apel pagi dan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Terkait dengan itu ada beberapa hal khusus meneruskan perintah dari  komando atas yakni Panglima TNI agar seluruh prajurit dan PNS agar melaksanakan apel pagi dengan menggunakan masker.

Kemudian kegiatan pada musim hujan ini mulai kemarin sudah dilaksanakan pembersihan di sektor masing-masing untuk itu kita harus sama-sama peduli dengan lingkungan kita dengan wilayah kita agar terhindar dari beberapa macam penyakit terutama mengenai soal Virus Corona"

Seluruh personel agar tetap melaksanakan pembersihan, dan meningkatkan kedisiplinan,  walaupun sudah berlalu Bulan Trisila bukan berarti kita lupa melaksanakan tugas sebagai Prajurit adalah melaksanakan Apel Pagi.

Kemudian terangnya, guna mencegah penularan virus corona tim kesehatan dari Rumkital Dr. Oepomo Lantamal V Surabaya memberikan tutorial dan cara penggunaan masker yang benar, hal ini disampaikan oleh PNS Septina W. Yang sehari hari bertugas di bagian Infection Prevention Control Nurse (IPCN),  atau Perawat Pencegah dan Pengendali Infeksi RS Rumkital dr. Oepomo Lantamal V  usai apel pagi di lapangan apel Mako Denma Lantamal V.

Masker memang menjadi salah satu sarana utama untuk menghalangi penularan virus atau bakteri ke dalam tubuh melalui mulut atau saluran pernapasan.

Namun, menurut Tim medis lebih menyarankan masker digunakan oleh mereka yang sedang sakit. Virus corona dapat menular melalui cairan yang keluar saat seseorang bersin atau batuk. Penggunaan masker untuk mencegah penularan akan lebih efisien jika dikenakan pasien yang sedang sakit. pemakaian masker yang tepat, sebagai berikut:

 Sebelum mengenakan masker, bersihkan tangan dengan alkohol atau mencucinya dengan sabun dan air.  Kedua tutupi mulut dan hidung dengan masker. Pastikan tidak ada celah antara wajah dan masker. Ketiga jangan menyentuh masker saat menggunakannya. Apabila terpaksa melakukannya, cuci tangan memakai sabun dan air atau bersihkan dengan. Keempat  Segera ganti masker dengan yang baru setelah lembab dan jangan gunakan kembali masker setelah dipakai. Kelima untuk melepas masker, lepaskan dari belakang (jangan sentuh bagian depan masker). Segera buang masker di tempat sampah tertutup. Kemudian bersihkan tangan dengan sabun dan air atau bersihkan memakai alkohol. Keenam setelah melepas masker atau setiap kali secara tidak sengaja menyentuh masker bekas, cucilah tangan dengan menggunakan sabun dan air atau gunakan alkohol untuk membersihkannya. Dan yang ketujuh buang masker sekali pakai setelah setiap kali digunakan dengan segera

Apabila anda mengalami gejala masalah pernapasan, segera kenakan masker medis saat berada di tempat umum, seperti sarana transportasi publik. Penggunaan masker sangat dinajurkan apabila anda berada di kawasan yang terdampak infeksi virus corona.

Sementara apabila berada di ruang tertutup dan tidak memakai masker, tutup mulut dan hidung dengan memakai tisu saat batuk atau bersin. Setelah itu, segera buang tisu ke tempat sampah dan cuci tangan dengan sabun dan air. 

Mencuci tangan yang benar merupakan cara menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penyebaran penyakit melalui kuman tak terlihat. Berikut ini ada 7 langkah cuci tangan yang benar menurut WHO (World Health Organization):

Pertama basahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan dengan menggunakan air yang mengalir, kemudian ambil sabun lalu usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut. Kedua usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian. Ketiga  jangan lupa pada bagian jari-jari tangan untuk digosok di sela-sela jari hingga bersih. Keempat bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkannya. Kelima gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian. Keenam letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok dengan perlahan dan ketujuh bersihkan kedua pergelangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan memakai handuk atau tisu. Demikian semoga tutorial ini bermanfaat, terangnya.***


Team Redaksi www.lawupost.com
Ucu S/Wahyudi
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

NUSANTARA BERSATU

PEMKOT CIMAHI

PEMKOT CIMAHI

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost