Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) WADAN LATAMAL V, REFORMASI BIROKRASI WUJUDKAN PEMERINTAH YANG PROFESIONAL DAN BERKARAKTER | Lawu Post

WADAN LATAMAL V, REFORMASI BIROKRASI WUJUDKAN PEMERINTAH YANG PROFESIONAL DAN BERKARAKTER

Kamis, 23 Januari 20200 komentar


Lantamal V (LawuPost.Com), 
Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Wadanlantamal) V Kolonel Marinjr Jasiman Purba, S.E, mewakili Komandan Lantamal V Laksma TNI Tedjo Sukmono, S.H., CHRMP. Membuka dan memimpin langsung jalannya Sosialisasi dan Pendampingan Reformasi Birokrasi di Lantamal V yang dihelat di Gedung Serba Guna (GSG) Mako Lantamal V, Kamis (23/1).

Acara sosialisasi dan Pendampingan Reformasi Birokrasi  (RB) TA. 2020 yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya di hadiri para Asisten Danlantamal V, Kafasharkan Surabaya, Ka Kuwil Lantamal V, para Kasatker, para Danlanal jajaran Lantamal V, dan perwira staf Lantamal V lainnya. 

Hadir dari Tim Sosialisasi dan pendampingan RB yang diketua kolonel Laut (S) Diki Atriana M,Sc, beserta Letkol (P) Agus Joko Sulistyo, Kolonel Laut (P) Hadi susilo M,si, Letkol (P) Mufianto M ,E,S,M, Letkol Laut (KH) Drs  Eko Imantoyo dan Letkol Laut (T) R Ivan Syafari K., sekaligus sebagai Tim pemapar sesuai bidangnya masing-masing.

Selain dihadiri para pejabat di jajaran Lantamal acara tersebut diikuti sekitar 150 Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lantamal V,  ditambah  perwakilan dari Lanal Batuporon, Lanal Malang dan dari Rumah Sakit  Angkatan Laut (RSAL) dr. Ramelan.


Mengawali sambutannya Komandan Lantamal V yang di bacakan oleh Wadan Lantamal V Mengucapkan selamat datang di Mako Lantamal V kepada Kolonel Laut (S) Diki Atriana M,Sc, beserta tim. 

Reformasi Birokrasi, sambungnya adalah merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencapai good governence dan melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan. 

Tujuan Reformasi Birokrasi adalah untuk menciptakan birokrasi pemerintah yang profesional dengan karak teristik, terintegrasi, berkinerja tinggi, bebas dan bersih dari KKN, mampu melayani publik, netral, sejahtera, berdedikasi dan memegang teguh nilal-nilai dasar dan kode etik aparatur negara, tegasnya. 

Senada itu, Waasrena Kasal Laksma TNI Erwin S. Aldedharma selaku sekertaris pelaksana  RB TNI AL dalam sambutannya yang di bacakan oleh Ketua Tim RB Kolonel Laut  (S) Diki Atriana M, Sc. mengatakan atas nama  pimpinan TNI Angkatan Laut mengucapkan terima kasih kepada Komandan Lantamal V yang sudah menyediakan fasilitas serta berinisiatif menyelenggarakan kegiatan Reformasi Birokrasi dengan mengundang Tim RB Mabesal. ini merupakan salah satu wujud komitmen pimpinan dalam menjalankan agenda RB. dalam kegiatan ini juga menghadirkan Tim RB dari RSAL Ramelan yang juga akan dibangun sebagai satker  sebagai upaya efektivitas kegiatan. 

Program RB ini, terangnya dimulai sejak era reformasi tahun 1998 dan semakin dipertajam dengan perpres no 81 tahun 2010 tentang grand design dan road map reformasi birokrasi. internal organisasi TNI mulai gencar menggalakkan RB pada tahun 2014. jika kita menilai dengan jujur, pasti kita akui bahwa belum begitu signifikan perubahan yang dihasilkan oleh program reformasi birokrasi. 

Perlu kita pahami bahwa reformasi birokrasi ini merupakan agenda nasional dimana kita sebagai pengawak organisasi TNI Angkatan Laut juga wajib turut dan ikut serta untuk melaksanakannya. seperti kita tahu, bahwa secara rutin Tim dari menpan RB akan mengadakan penilaian RB di TNI termasuk TNI Angkatan Laut.

Komitmen pemimpin TNI AL sudah jelas tentang RB dengan menjadikannya salah satu point penting dalam tata laksana organisasi saat ini dan kedepan. perlu kita ingat bahwa penilaian dari menpan RB inilah yang akan menjadi patokan pada tahun 2020 ini. 

Harapannya, harap sekertaris pelaksana  RB TNI AL,  Lantamal V dan RSAL dr. Ramelan Surabaya dapat menjadi perwakilan satker ZI yang akan dibangun dan diajukan untuk memperoleh predikat wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM). Adapun pendampingan untuk asistensi dan melihat kesiapan di RSAL Ramelan akan dijadualkan pada hari senin tanggal 27 januari 2020. 

Tim RB Lantmal V serta RSAL agar menyiapkan diri dan dokumen pendukungnya, saya harapkan dengan kegiatan ini, para peserta dapat menyerap, memahami dan selanjutnya mengaplikasikan segala materi yang diberikan dalam pelaksanaan tugas sesuai bidangnya masing-masing. manfaatkan kesempatan ini untuk benar-benar memahami apa dan bagaimana prosedur RB ini.


Lebih lanjut, tertang Waasrena Kasal  Tim dari Mabes TNI AL akan memaparkan dan menjelaskan secara rinci tentang reformasi dan birokrasi di lingkungan Lantamal V, adapun materi yang akan disampaikan oleh Tim dari Mabes TNI AL meliputi : bidang manajemen perubahan, bidang penataan peraturan perundang-undangan, bidang penguatan organisasi, bidang tata laksana, bidang tata sistem sdm aparatur, bidang akuntabilitas kinerja, bidang peningkatan pelayanan publik, bidang pengawasan dan bidang monitoring evaluasi. 

Kegiatan sosialisasi akan dilaksankan selama 2 hari yakni hari pertama tanggal 23 januari 2020 meliputi sosialisasi/bidang-bidang RB kepada seluruh anggota Lantamal V dan harl kedua tanggal 24 januari 2020, adalah pendampingan teknis sesuai  bidang masing-masing kepada Tim reformasi birokrasi Lantamal V. 

“Harapannya  kepada seluruh peserta yang hadir untuk mengikuti dengan seksama materi yang akan disampaikan dan jangan ragu ragu untuk menanyakan hal-hal yang belum jelas. karena materi yang akan disampaikan sangat penting dan akan selalu kita laksanakan sampai dengan tujuan dari reformasi birokrasi ini terwujud”. pungkasnya.***



Team Redaksi www.lawupost.com
Ucu S/Wahyudi


Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

NUSANTARA BERSATU

Batalyon Artileri Medan 4/105 GS Parahyangan Kodam III/Siliwangi

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost