Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Pangdam III/Siliwangi : Suku Baduy Adalah Bagian dari Kita Masyarakat Indonesia | Lawu Post

Pangdam III/Siliwangi : Suku Baduy Adalah Bagian dari Kita Masyarakat Indonesia

Sabtu, 18 Januari 20200 comments

Lebak (LawuPost.Com) - Setelah malakukan kunjungan ketempat pengungsian korban bencana alam banjir bandang dan longsor di Dodiklatpur Rindam III/Siliwangi, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto bersama Ketua Persit KCK PD III/Siliwangi dan rombongan melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi masyarakat Baduy di Kampung Ciboleger Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak kemaren, Jum'at (17/1/2020).

Setibanya di terminal Ciboleger (Wisata Baduy), Pangdam III/Siliwangi dan rombongan disambut Saija (Jaro Kanekes/Baduy), ayah Mursyid (Sesepuh Baduy), Dandenpom 34/Serang, Pasi Intel Kodim 0603/Lebak, Danramil 0306 dan Kapolsek serta Camat Leuwidamar.

Pangdam III/Siliwangi dan rombongan langsung diarahkan menuju Rumah Adat Kajaroan Baduy, setelah itu Pangdam III/Siliwangi dan Ketua Persit KCK PD III/Siliwangi menerima cinderamata berupa pengalungan Selendang Adat Baduy.

Pada sambutannya, Jero Saija menyampaikan ucapan, "terima kasih kepada Pangdam III/Siliwangi, Ketua Persit KCK PD III/Siliwangi dan rombongan telah menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Baduy ".

Selanjutnya disampaikan, " kami sampaikan Suku Baduy terdiri dari 68 Kampung, 68 RT dan 13.200 jiwa yang menjalankan kehidupan di wilayah Baduy baik suku Baduy dalam maupun Baduy Luar, " terangnya.

Dilanjutkan, " jarak tempuh dari Baduy Luar ke Baduy Dalam yaitu 25 Km dengan waktu tempuh sekitar 3 sampai dengan 4 jam perjalanan, dengan harapan bapak Pangdam III/Siliwangi dilain waktu bisa berkunjung ke Suku Baduy Dalam, " harapnya.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wuryanto mengatakan, " saya merasa bangga dan terhormat, kehadiran saya kesini disambut dengan upacara adat Suku Baduy yang sangat luar biasa ".

" Indonesia ini memang terdiri dari beragam budaya dan budaya Baduy ini adalah bagian dari kita selaku Kodam III/Siliwangi, inilah yang harus kita lestarikan dan hormati, " ucap Pangdam.

Pangdam III/Siliwangi katakan, " mohon maaf saya sampaikan kepada pemangku atau sesepuh suku Baduy, saya pribadi sebagai Pangdam III/Siliwangi belum bisa bersilaturahmi ke suku Baduy Dalam karena jarak tempuhnya 25 Km dengan keadaan datang siang menjelang sore ini tidak bisa kami paksakan untuk ke Baduy Dalam apalagi kami bersama ibu-ibu Persit dan insya Allah di lain waktu akan saya jadwalkan untuk bersilaturahmi ke suku Baduy Dalam ".

" Kami yang datang kesini dari berbagai wilayah yang berada di Indonesia dari Sabang sampai Merauke, artinya marilah kita dengan berbeda-beda suku dan budaya ini menjadikan keeratan kekeluargaan kita selaku masyarakat dan Bangsa Indonesia, " jelas Pangdam III/Siliwangi.

Lebih lanjut Pangdam sampaikan, " apabila dari suku Baduy ada yang akan berkunjung ke Kodam III/Siliwangi, saya sangat senang dan terbuka serta akan di fasilitasi oleh Danrem 064/MY dan Dandim 0603/Lebak ". 

" Suku Baduy adalah bagian dari kita masyarakat Indonesia, maka apabila ada masyarakat suku Baduy yang akan mendaftarkan diri untuk menjadi anggota TNI atau Polri sangat bisa karena suku Baduy adalah NKRI, "  tegas Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto. (Pendam III/Siliwangi).


Team Redaksi www.lawupost.com
Ucu S/Wahyudi
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost