Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Ideologi Pancasila dan Radikalisme | Lawu Post

Ideologi Pancasila dan Radikalisme

Selasa, 14 Januari 20200 komentar

Nama : Rizka Wahyu Alvina 
Prodi : Pendidikan Bahasa Inggris 


Ideologi Pancasila dan Radikalisme 


Ideologi pancasila adalah kumpulan nilai-nilai atau norma yang berdasarkan sila-sila pancasila ,dimana pancasila adalah dasar negara Indonesia, sekaligus menjadi salah satu pedoman utama bagi kita dalam keseharian. Tetapi, saat ini ada saja kelompok-kelompok dengan kepentingan tertentu yang memiliki keinginan untuk mengganti dasar ideologi bangsa menjadi ideologi lain

sedangkan arti dari radikalisme yaitu gagasan atau paham dengan cara ingin melakukan perubahan pada sistem sosial dan politik dengan menggunakan cara-cara kekerasan yang ekstrim. Inti dari tindakan radikalisme adalah sikap dan tindakan seseorang atau kelompok tertentu yang menggunakan cara-cara kekerasan dalam mewujudkan perubahan yang diinginkan. Kelompok radikal umumnya menginginkan perubahan tersebut dalam tempo singkat dan secara drastis serta bertentangan dengan sistem sosial yang berlaku.

Contoh dari tindakan radikalisme yang terjadi belakangan ini pada akhir bulan september tahun 2019 yaitu pada saat akan di tetapkan nya (RKUHP) Rancangan Kitab Undang Undang Hukum Pidana dimana mahasiswa dari berbagai Universitas di beberapa kota di indonesia berkumpul menjadi satu di depan gedung DPR untuk demo karena menentang adanya undang undang ini.

demonstrasi mahasiswa di seluruh tanah air dilakukan atas respons terhadap isu-isu terkini yang dinilai akan merugikan masyarakat dan kehidupan demokrasi di Indonesia, tujuan tuntutan mahasiswa kepada pemerintah dan DPR yaitu salah satunya adalah Mendesak penundaan dan pembahasan ulang pasal-pasal yang bermasalah dalam RUU KUHP.pada kejadian ini,demonstrasi berujung bentrok dengan aparat kepolisian,sejumlah mahasiswa pun mengalami luka-luka,bahkan di Kendari bentrokan dengan aparat kepolisian berujung gugurnya dua orang mahasiswa yakni La Randi (21) Muhammad Yusuf Kardawi (19). Dua mahasiswa Universitas Halu Oleo Kendari itu gugur akibat tertembak peluru tajam saat demonstrasi di Kantor DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara.
Q
Kejadian ini sangan bertentangan dengan sila ke 2 yang berbunyi Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab dimana makna sila ini adalah Saling mencintai sesama manusia,Mengembangkan sikap tenggang rasa,Tidak semena-mena terhadap orang lain dan harus Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.bunyi sila ini sangat bertentangan dengan kejadian antara mahasiswa dan aparat,karena tidak mencerminkan sikap kemanusiaan dan saling menghargai.

Artikel kiriman  : Rizka Wahyu Alvina 
Prodi : Pendidikan Bahasa Inggris
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

NUSANTARA BERSATU

Batalyon Artileri Medan 4/105 GS Parahyangan Kodam III/Siliwangi

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost