Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Gelar Upacara, Prajurit Lantamal V Peringati Hari Nusantara 2018 | Lawu Post

Gelar Upacara, Prajurit Lantamal V Peringati Hari Nusantara 2018

Jumat, 14 Desember 20180 komentar

Lantamal V (LawuPost.Com) Prajurit dan PNS Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) memperingati Hari Nusantara tahun 2018, Wakil Komandan Lantamal V,  Kolonel Marinir C.T.O Sinaga Mewakili Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H., memimpin jalannya Upacara di Lapangan Upacara Yos Sudarso Mako Lantamal V, Rabu (13/12).

Menurut Wadan,  Hari Nusantara,  merupakan peristiwa bersejarah yang ditandai dengan "Deklarasi Djoeanda” pada tanggal 13 Desember 1957, konsep deklarasi ini mendasari perjuangan bangsa Indonesia untuk menjadi rezim negara kepulauan (Archipelagic State).

Tema peringatan tahun ini mengusung tema “Perwujudan Kesatuan Nusantara yang Utuh melalui Deklarasi Juanda Menuju Poros Maritim Dunia”.

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo dalam amanatnya yang dibacakan Wadan Lantamal V mengatakan bahwa pencemaran laut merupakan salah satu masalah lingkungan yang dihadapi saat ini dan seringkali disebabkan oleh aktivitas atau kegiatan manusia, baik yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung.

Kesungguhan pemerintah dalam memperhatikan sektor kelautan dan maritim tidak perlu diragukan lagi, bila selama ini kita telah terlalu lama memunggungi laut, memunggungi samudra, dan memunggungi selat dan teluk.

Kini saatnya bagi kita mengembalikan semuanya sehingga Jalesveva Jayamahe, di laut kita jaya, sebagai semboyan kita di masa lalu bisa kembali.

Maraknya penggunaan alat tangkap tidak ramah lingkungan seperti pukat harimau, cantrang, dan penggunaan bahan peledak juga menjadi perhatian pemerintah karena telah mengakibatkan degradasi lingkungan dan memiliki pengaruh yang sangat besar.

Terjadinya bencana alam seperti tsunami, meningginya permukaan air laut, kondisi cuaca yang tidak bersahabat dan tingginya gelombang laut, berdampak pada kondisi fisik pulau-pulau kecil dan berpengaruh terhadap penghasilan dan kehidupan nelayan dan keluarganya, sehingga perlu peranan pemerintah dan pemerintah daerah untuk mencari solusi konkrit dalam mengatasi persoalan yang ada.

Dengan perayaan Hari Nusantara Tahun 2018, kita jadikan momentum dalam mempertebal  semangat kebangsaan, persatuan dan kebersamaan di tengah kebhinekaan untuk tetap melaksanakan pembangunan Nusantara, meningkatkan kerjasama dalam pengelolaan wilayah laut dan wilayah perbatasan, mempertahankan kedaulatan negara dalam wadah NKRI serta  mendorong masyarakat Indonesia untuk memahami arti penting Wawasan Nusantara.

Bahwa kurang dari 6 bulan lagi kedepan, Bangsa Indonesia akan menyelenggarakan pesta demokrasi secara Nasional yang dilakukan di seluruh Indonesia termasuk di wilayah Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah ini, yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR-RI, DPR-RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota secara bersama-sama. Ini merupakan pengalaman pertama bagi kita melaksanakan Pemilu secara serentak.

Gunakan hak untuk berpartisipasi politik pada pesta demokrasi tersebut, tolak dan lawan politik uang, Hoax, SARA, fitnah, dan kampanye dengan ujaran kebencian, serta jadilah pemilih yang cerdas dengan melihat program, gagasan, dan konsep yang nyata sebagai indikator untuk memilih calon pemimpin negeri ini dan calon-calon Wakil Rakyat pada Pemilu 2019. (Dispen Lantamal V)

______________________________
Team Redaksi www.lawupost.com
Reporter/Editor : Yudi
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

NUSANTARA BERSATU

PEMKOT CIMAHI

PEMKOT CIMAHI

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost