Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Kopertis Wilayah IV Jabar dan Banten Gelar Pembinaan untuk Civitas Akademika STIKes Muhammadiyah Ciamis | Lawu Post

Kopertis Wilayah IV Jabar dan Banten Gelar Pembinaan untuk Civitas Akademika STIKes Muhammadiyah Ciamis

Rabu, 01 Agustus 20180 komentar

Ciamis (LawuPost.Com) Secara struktural Kopertis Wilayah IV Jawa Barat dan Banten merupakan unit pelaksana teknis Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang melaksanakan tugas Pembinaan, Pengendalian, dan Pengawasan (BINDALWAS) kepada PTS berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 1 Tahun 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta, dan saat ini berubah bentuk menjadi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL-Dikti) berdasarkan Pemenristekdikti no.15 tahun 2018. LL-Dikti merupakan satuan kerja pemerintah yang berfungsi membantu meningkatkan mutu penyelenggaraan Pendidikan Tinggi. Indikator mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi yaitu terlampauinya Standard Nasional Pendidikan Tinggi yang dilaksanakan oleh setiap perguruan tinggi swasta.

Salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh perguruan tinggi adalah menyampaikan data dan informasi penyelenggaraan perguruan tinggi setiap akhir semester yang dapat di input langsung melalui aplikasi Feeder Online Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) yang menjadi dasar dan sumber informasi perguruan tinggi secara nasional. Hal tersebut dikemukakan Ketua Kopertis Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd ketika diklarifikasi tim Lawu News selepas memberikan pembinaan untuk civitas akademika STIKes Muhammadiyah Ciamis di Auditorium KH. Ahmad Dahlan STIKes Muhammadiyah Ciamis, Selasa (10/7) yang dihadiri oleh Ketua STIKes Muhammadiyah Ciamis, H. Dedi Supriadi, S.Sos., S.Kep., Ners., M.M.Kes dan Bendahara Badan Pelaksana Harian STIKes Muhammadiyah Ciamis, H. Cholid Effendi serta para dosen dan karyawan juga tenaga keamanan STIKes Muhammadiyah Ciamis.

Kegiatan yang diikuti oleh civitas akademika STIKes Muhammadiyah Ciamis tersebut, berlangsung mulai pukul 09.00 – 12.00 WIB dan dihadiri langsung oleh Koordinator Kopertis Wilayah IV Jawa Barat dan Banten Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Uman menyampaikan tentang esensi peran dosen dan kepentingan pengembangan karir dosen. Peran dosen dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi-nya menjadi tolak ukur kinerja dosen sekaligus sebagai mediasi guna mengantarkan para dosen tumbuh dan berkembang pada karir dosennya. Meskipun kenyataannya dua (2) unsur  Tri Dharma PT, yaitu Penelitian dan Pengabdian Masyarakat sering diabaikan oleh dosen dan hal ini banyak terjadi di banyak perguruan tinggi. Padahal untuk melakukan dua unsur yang terakhir ini senantiasa dibuka kesempatan dan peluang dengan fasilitas dana dari Dikti.

Diperlukan inovasi dan kreativitas menulis serta semangat meneliti bagi para dosen, jika tidak mau masuk dalam kategori “tergusur” dengan sendirinya. Karena sistem dan regulasi nasional sudah mengatur dan mengarahkan pengembangan dosen dalam bingkai mensukseskan program “hilirisasi”. Program yang menggali potensi keilmuan dosen melalui program penelitian dan pengabdian masyarakat yang mengarah pada nilai-nilai pemanfaatan bagi lingkungan sekitar, mikro maupun makro. “Kalau saat ini dosen STIKes Muhammadiyah Ciamis belum ada yang menjadi Guru Besar, hitungan saya 10 tahun lagi, insya allah akan ada yang sudah jadi Guru Besar, “ungkap Prof. Uman.

Untuk itu, kata Prof. Uman, kedepannya STIKes Muhammadiyah harus memiliki keunggulan yang melebihi standar untuk mendapatkan akreditasi baik sekali tidak cukup memiliki daya saing nasional tetapi harus memiliki ketercapaian daya saing internasional. Sehingga bukan lembaga yang mencari mahasiswa tetapi mahasiswa itu yang mencari lembaga, tentunya hal itu ditunjukan dengan kualitas dari lembaga itu sendiri. Dan saya percaya sudah diwujudkan STIKes Muhammadiyah Ciamis sebagai lembaga pendidikan yang bermutu dengan melihat potensi yang dimiliki seperti dari kualitas SDM dan infrastruktur yang memadai, dan animo masyarakat untuk menimba ilmu di STIKes Muhammadiyah Ciamis sangat tinggi. “Orang lain masih kesulitan mendapatkan mahasiswa tapi kalau di STIKes Muhammadiyah Ciamis ini berlebih mahasiswa. Tinggal bagaimana kita mempertahankan kualitas yang sudah ada dengan komitmen yang sama, “katanya.

Ketua STIKes Muhammadiyah Ciamis, H. Dedi Supriadi, S.Sos., S.Kep., Ners., M.M.Kes menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kopertis Wilayah IV Jawa Barat dan Banten yang telah berkenan hadir untuk memberikan pembinaan kepada civitas akademika STIKes Muhammadiyah Ciamis.

Peningkatan kualitas pendidikan di STIKes Muhammadiyah Ciamis menjadi prioritas utama yang harus dilaksanakan oleh seluruh komponen pendidik. “Komitmen untuk mencetak tenaga kesehatan yang berkualitas dan profesional inilah, STIKes Muhammadiyah Ciamis siap menuju perguruan tinggi bertaraf nasio­nal dan internasional. STIKes Muhammadiyah kini sudah memiliki berbagai fasilitas untuk menunjang proses belajar mengajar diantaranya gedung asrama baru 3 lantai milik sendiri, ruang kuliah dan perpustakaan ber-AC, didukung perangkat teknologi berupa LCD dan Laptop. Untuk lahan praktek kesehatan, STIKes Muhammadiyah menyediakan laboratorium perawatan dasar dan lanjut seperti medical bedah, anak matemis, gawat darurat, komunitas, dan jiwa. Selain itu, laboratorium kebidanan, ibu, anak, KB, laboratorium anatomi fisiologi, laboratorium komputer dan internet, serta laboratorium bahasa asing, laboratorium anatomi, analis kesehatan, sosiologi dan farmaetika. Hal ini untuk mengasah kemampuan mahasiswa-mahasiswi yang dihadapkan angsung dengan pasien, ”jelasnya.

Untuk lulusan STIKes Muhammadiyah Ciamis, nantinya akan berpeluang besar menjadi tenaga kesehatan yang berkualitas dan profesional di lembaga kesehatan tersebut, baik di Ciamis maupun di luar daerah. Menurut H Dedi Supriadi, STIKes Muhammadiyah Ciamis mendorong lima Program Studi (Prodi) di lingkungan perguruan tinggi tersebut yang mampu me­ningkatkan kualitas pelayanan pendidikan dan prestasi. “Hal itu sebagai upaya membuktikan seriusnya dalam mengelola institusi pendidikan kesehatan agar bermanfaat bagi ma­syarakat, bangsa dan negara, ”katanya.


______________________________
Team Redaksi www.lawupost.com
Reporter/Editor : Mamay
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

NUSANTARA BERSATU

KODAM III/ Siliwangi

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost