Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Drumband Gita Dirgantara AAU Meriahkan Upacara Wisuda Sekolah Penerbang | Lawu Post

Drumband Gita Dirgantara AAU Meriahkan Upacara Wisuda Sekolah Penerbang

Jumat, 03 Agustus 20180 comments

Yogyakarta (LawuPost.Com) Drumband Gita Dirgantara Akademi Angkatan Udara turut memeriahkan upacara penyematan Wing Penerbang oleh Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M; kepada lima puluh Penerbang Muda, di lapangan Jupiter, Lanud Adi Sucipto, Yogyakarta, Jumat (03/08).

Drumband Gita Dirgantara yang berada dibawah pembinaan Gubernur AAU Marsda TNI Sri Mulyo Handoko, SIP, M.AP; ikut merasakan kebahagiaan para lulusan Sekolah Penerbang Terpadu TNI Angkatan
ke-93. Hal ini tampak dalam atraksi Drumband Taruna Taruni AAU ditampilkan dihadapan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP; yang menjadi tamu istimewa kali ini.

Sedangkan, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M; selaku Inspektur Upacara mengatakan dalam sambutannya, berharap agar tetap mempertahankan kedisiplinan serta tetap semangat untuk belajar. Sebagaimana yang telah diterapkan selama berada di lingkungan pendidikan. Meskipun predikat sebagai penerbang telah diperoleh, para perwira harus terus memperdalam ilmu dan mengasah kemampuan secara berkelanjutan. Karena untuk menjadi awak pesawat yang berkualifikasi operasional dibutuhkan persyaratan yang tidak ringan. Selain ilmu, dituntut juga kebugaran jasmani yang prima dalam mendukung tugas-tugas yang menjadi tanggungjawab.

Lebih lanjut dikatakan, untuk menjadi insan udara yang profesional dan berkualifaid juga dituntut untuk memiliki Airmanship yang tinggi. Dimana Airmanship identik dengan profesionalisme sebagai awak pesawat yang meliputi tiga aspek fundamental yakni knowledge (pengetahuan), skill (ketrampilan) dan attitude (sikap).

Seorang penerbang harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang dunia penerbangan serta pengetahuan-pengetahuan lain yang terkait dengan operasi penerbangan. Disamping itu seorang Air-Crew membutuhkan latihan dan pembinaan secara terus-menerus untuk membentuk skill terbang yang mumpuni. Agar dapat melaksanakan segala misi penerbangan dengan aman dan lancar.

“Dan diatas itu semua, aspek yang paling penting adalah attitude atau sikap. Dimana seorang penerbang juga harus memiliki attitude yang baik didalam segala tindakan, apakah itu sikap dan kesigapan selama mengawaki pesawat di udara maupun sikap keperwiraan serta prilaku sebagai seorang penerbang Tentara Nasional Indonesia”, tegas Kasau.

Wisuda Sekolah Penerbang dikenal dengan nama Wing Day Penerbang. Tahun 2018 ini ada lima belas penerbang bergabung menjadi penerbang tempur. Tujuh belas penerbang menjadi penerbang transport. Sebelas penerbang menjadi penerbang Helikopter.

Tujuh penerbang berasal dari matra Angkatan Darat dan Angkatan Laut. Kelimapuluh perwira penerbang akan ditempatkan ke berbagai satuan-satuan udara untuk selanjutnya dilatih secara intensif menjadi awak pesawat yang berkualifikasi siap operasional. Sekolah Penerbang ini membutuhkan waktu selama dua puluh dua bulan pendidikan di Sekolah Penerbang TNI AU Angkatan ke-93 sejak 31 Oktober 2016. Mulai hari ini para perwira telah resmi menyandang predikat Perwira Penerbang Tentara Nasional Indonesia.

Letda PNB Avinash Harits R, ST Han; menjadi yang terbaik dari jurusan fix-wing (tempur dan transport). Sedangkan, Letda Pnb Andi Muhammad Firdaus merupakan lulusan terbaik rotary-wing (Heli). Disamping itu, Komandan Drumband Gita Dirgantara adalah Sermatutar Crisna Nugraha Utama.
 
 Authentifikasi : Kepala Penerangan AAU, Mayor Sus Sanra Michiko,S.Sos; Fotografer AAU Mayor Sus Sanra Michiko, S.Sos.
 
 
 ______________________________
Team Redaksi www.lawupost.com
Reporter/Editor : Yudi
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost