Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Aster Panglima TNI : Generasi Muda Perlu Miliki Karakter Pancasilais | Lawu Post

Aster Panglima TNI : Generasi Muda Perlu Miliki Karakter Pancasilais

Rabu, 08 Agustus 20180 comments

Puspen TNI (LawuPost.Com) Dengan pesatnya perkembangan zaman dan bergantinya generasi dari tahun ke tahun berimplikasi terhadap tantangan bangsa Indonesia kedepan semakin besar. Menjawab tantangan tersebut generasi muda penerus bangsa perlu memiliki karakter yang kuat sebagaimana yang terkandung dalam nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Demikian amanat tertulis Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko, M.D.A. yang dibacakan oleh Paban III/Tahwil Ster TNI Kolonel Kav Harfuddin Daing, S.E., M.M. pada pembukaan Wawasan Kebangsaan Terpusat tahun 2018 di Gedung Serbaguna Suharnoko Harbani, Mabes TNI AU Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (8/8/2018).

Menurut Aster Panglima TNI, kedepan ancaman bangsa telah memasuki sendi-sendi kehidupan bangsa dan negara. “Ancaman tersebut masuk melalui proxy war yang salah satu sasarannya adalah menghancurkan generasi muda bangsa Indonesia (lost generation) yang sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan bangsa dan integritas NKRI,” jelasnya.

“Selain dituntut trampil, cerdas dan kompetitif generasi muda Indonesia harus memiliki mental ideologi yang kuat, berakhlak mulia, berjiwa nasionalisme dan patriotisme, cinta tanah air, berwawasan kebangsaan serta mewarisi semangat keteladanan nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,” ungkap Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko.

Aster Panglima TNI Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko mengingatkan, generasi muda harus selalu waspada terhadap masuknya segala bentuk ancaman nyata kelangsungan hidup bangsa dan negara.   “Saya mengajak kepada seluruh peserta kegiatan Wawasan Kebangsaan Terpusat tahun 2018 dan hadirin sekalian, untuk terus  berjuang dan berkarya menjadi Pancasilais sejati yang bermanfaat bagi lingkungan, masyarakat, bangsa dan negera yang kita banggakan bersama,” ujarnya.

Kegiatan Wawasan Kebangsaan terpusat diselenggarakan oleh  Staf Teritorial TNI dilaksanakan satu hari diisi dengan kegiatan ceremah, diskusi dan tanya jawab, diikuti oleh sekitar 1000 pemuda, pemudi, pelajar dan mahasiswa di Jakarta.

Selain pemapar materi dari pejabat TNI juga diisi oleh pemapar instansi lain, diantaranya Direktur Utama PT. Balai Pustaka (Persero)  DR. Ir. Achmad Fachrodji yang memaparkan tentang peran Balai Pustaka dalam menanamkan nilai-nilai Wawasan Kebangsaan kepada generasi muda melalui buku atau konten-konten lain.

“Kami mempunyai mandat menerbitkan kembali buku-buku yang berkonten wawasan kebangsaan, agar seluruh siswa didik dari mulai Paud, SD, SMP, SMA  dan mahasiswa bisa mengetahui tentang bagaimana mereka bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” katanya.

Dirut Balai Pustaka mengapresiasi kegiatan Wawasan Kebangsaan yang diselenggarakan oleh TNI dan berharap kegiatan ini tidak hanya dilakukan oleh TNI saja, namun dilakukan juga oleh instansi lain agar generasi muda bisa tahu tentang hebatnya bangsa Indonesia dan bagaimana dipertahankannya.  “Menularkan cinta tanah air kepada generasi muda bagian dari strategi Bela Negara, saya menyambut positif kegiatan seperti ini dan kalau bisa ditempat lain juga dapat dilaksanakan,” ungkapnya.

Autentikasi : Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Taibur Rahman


______________________________
Team Redaksi www.lawupost.com
Reporter/Editor : Erwin M
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost