Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Demi Membangun Generasi Muda Bervisi Maritim Bakamla RI Hadir Hingga Di Pelosok Kaltara | Lawu Post

Demi Membangun Generasi Muda Bervisi Maritim Bakamla RI Hadir Hingga Di Pelosok Kaltara

Sabtu, 28 Juli 20180 komentar

Sei Menggaris, Humas Bakamla RI (LawuPost.Com) Bakamla RI mengunjungi salah satu sekolah yang berada di daerah terpencil di perbatasan Indonesia - Malaysia, dalam rangka menyebarkan pengetahuan mengenai Bakamla RI dan demi membangun generasi muda bervisi maritim. Satuan Kerja Humas Bakamla RI yang dipimpin oleh Kepala Bagian Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Laut (KH) Drs. Toni Syaiful beserta rombongan, melakukan sosialisasi di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 01, Sei Menggaris, Jl. Kanduangan, Rt.04, Desa Sekanduyan Taka, Kecamatan Sei Menggaris, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Sabtu (28/07/2018). 

Kedatangan rombongan Humas Bakamla RI di sambut oleh Guru Wali Kelas 8 Suparman, S.Pd, beserta jajarannya, dan siswa/siswi murid SMP 01 Kanduangan.

Kesempatan ini terbilang cukup langka, mengingat sulitnya medan yang ditempuh dan perjalanan jauh yang harus dilalui untuk mencapai sekolah ini. Memanfaatkan momen, Kabag Humas dan Protokol memberikan pemahaman seputar Bakamla RI dengan gaya bahasa yang ringan dan menarik bagi para siswa. Informasi yang disampaikan berupa profil, tugas dan fungsi, visi dan misi Bakamla RI, pengetahuan kemaritiman, serta hal yang terkait bela negara dan cinta tanah air.

Sebagai bentuk kepedulian dan kenang-kenangan, Tim Humas Bakamla RI menyerahkan bantuan berupa peralatan olah raga, dan alat tulis, yang secara simbolis diserahkan oleh Kabag Humas dan Protokol. 

Tidak hanya itu, guna membangun suasana kedekatan dan keakraban antara Tim Humas Bakamla RI dengan para siswa, diadakanlah kuis tanya jawab dengan materi pertanyaan seputar Bakamla RI, pengetahuan kemaritiman, sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia, serta kewilayahan geografi yang dipandu oleh Kasubbag Humas Bakamla RI Mayor Marinir Mardiono.

Hal ini direspon dengan antusias oleh para  siswa, yang ditunjukkan dengan cepatnya jawaban yang diberikan untuk setiap pertanyaan yang dilempar oleh Kasubbag Humas. Usut punya usut, Perwira Menengah Bakamla RI ini pernah bertugas menjaga perbatasan Indonesia - Malaysia di daerah tersebut sewaktu masih bergabung dengan pasukan Marinir TNI AL. Souvenir menarik tak lupa diberikan bagi siswa yang menjawab pertanyaan sebagai bentuk penghargaan terhadap keberanian mereka.

Sekilas tentang SMP 01 Sei Menggaris yang ada di Desa Sekanduyan Taka ini mulai aktif sejak tahun 2015, yang menggunakan gedung Sekolah Dasar Negeri 04 Sei Menggaris secara bergantian. Awalnya sekolah ini menggunakan kolong rumah Kepala Desa .... , dan pada tahun 2015 di relokasi ke bangunan sekolah yang lebih layak.

Teknis proses belajar mengajar di sekolah ini, terbagi menjadi dua sesi. Pagi hari mulai pukul 07.30 - 12.00 WITA, bangunan sekolah digunakan untuk kegiatan belajar/mengajar siswa sekolah dasar. Selanjutnya, sejak pukul 12.30 - 16.00 WITA digunakan untuk kegiatan belajar mengajar siswa sekolah menengah pertama.

Seperti halnya sekolah lain di pelosok pedalaman Indonesia, siswa yang belajar di SMP 01 Sei Menggaris Desa Sekanduyan Taka ini dapat dibilang masih sangat minim. Jumlah keseluruhan siswa kelas 7 sampai kelas 9 hanya sebanyak 33 siswa. Hal ini disebabkan karena jumlah penduduk yang bermukim di pedalaman perbatasan masih sedikit dan hidup berpencar-pencar, sebagian besar hidup sebagai petani kebun kelapa sawit dan petani rumput laut.

Untuk mencapai daerah ini dari Kabupaten Nunukan membutuhkan waktu selama kurang lebih dua jam perjalanan dengan menggunakan transportasi air speed boat, yang dilanjutkan dengan perjalanan darat. Jalur yang dilalui masuk dari Selat Nunukan melewati pos lintas batas laut Malaysia, kemudian masuk lebih dalam dan perairan makin menyempit saat melewati pos lintas batas perairan Indonesia. Perjalanan air berakhir di Dermaga Kayu Sungai Ular. Untuk sampai ke sekolah ini, dari Sungai Ular diperlukan perjalanan darat sekitar satu jam dari titik nol jalan darat Trans Kalimantan hingga Desa Sekaduyan Taka.

Sekolah ini menjadi perhatian khusus Tim Humas Bakamla RI, mengingat para siswa perlu terus dibina terutama dalam pemahaman kenegaraan dan kemaritiman. Selain itu, pengetahuan tentang pentingnya menjaga keamanan dan keselamatan laut, pelestarian lingkungan ekosistem laut, dan kekayaan alam di dalamnya perlu untuk terus disuarakan. Hal ini penting, karena para siswa dan keluarganya, tidak lepas dari aktifitas melaut, sebagai salah satu mata pencaharian penduduk sekitar.

Lebih lanjut, salah satu program Tim Humas Bakamla RI bidang sasaran non fisik, bertujuan untuk membangun karakter mental generasi muda penerus bangsa yang sadar betul akan pentingnya kedaulatan Negara Kepulauan Republik Indonesia.

Tak lupa, Tim Humas Bakamla RI kerap kali menyuarakan sasanti yang tertanam di jiwa setiap personelnya. Raksamahiva Camudresu Nusantarasya - Kami Penjaga Lautan Nusantara. 


Autentikasi: Kasubbag Humas Bakamla RI Mayor Marinir Mardiono.
 
 
Admin : Yudi
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

NUSANTARA BERSATU

KODAM III/ Siliwangi

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost