Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Lulusan SMKN 1 Kawali Diminati Industri | Lawu Post

Lulusan SMKN 1 Kawali Diminati Industri

Rabu, 27 Juni 20180 komentar

Ciamis (LawuPost.Com)  SMK Negeri 1 Kawali yang beralamat di Jalan Talagasari Nomor 35 Kawali 46253 Ciamis sebagai salah satu sekolah unggulan yang berada di wilayah Ciamis Utara, setiap tahunnya selalu meluluskan setiap angkatan dengan hasil yang memuaskan bukan hanya bagi siswa dan orang tua saja, tapi bisa membanggakan para ibu bapak gurunya.  Berdasarkan prestasi tersebut setiap awal tahun ajaran baru SMKN 1 Kawali selalu kebanjiran peserta didik yang ingin menimba ilmu di sekolah tersebut. Tercatat saat ini dari 399 siswa yang diluluskan tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari program keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR), program keahlian Teknik Komputer Jaringan (TKJ), dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan program keahlian Administrasi Perkantoran (AP) dinyatakan lulus seratus persen dengan hasil yang memuaskan.

Kepala SMKN 1 Kawali, Drs. H. Hadi Sumantoro, M.Pd selepas kegiatan pelulusan kepada tim Lawu News mengakui hal tersebut. Menurutnya, keunggulan SMKN 1 Kawali memiliki sertifikat ISO 9001-2008 untuk menjaga kualitas manajemen dan pendidikan, terakreditasi A untuk semua program keahlian, siswa TKR dibekali kemampuan mengemudi, siswa TKJ dan RPL dibekali kemampuan grafik design, video editing, photography dan video shooting, menyiapkan siswa untuk mendapatkan sertifikasi internasional microsoft office spesialist dan sertifikasi java (oracle), bursa kerja yang menyalurkan siswa ke dunia kerja, kunjungan industri sebagai tolak ukur untuk kebutuhan siswa dalam belajar, serta guru-guru yang memiliki sertifikasi internasional dan berpengalaman.

SMKN 1 Kawali sendiri, kata H.  Hadi, semenjak tahun ajaran baru 2015/2016 membuka program keahlian Teknik Gambar Bangunan (Arsitek) dan Akuntansi selain program keahlian yang sudah ada yaitu Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan Administrasi Perkantoran.”Selain kompetensi keahlian yang sudah ada di SMKN 1 Kawali tahun ajaran 2016/2017, pihaknya membuka program kompetensi keahlian karawitan dengan penekanan kepada seni teater. Hal tersebut berdasarkan pertimbangan bahwa bursa kerja dari kompetensi keahlian tersebut sangat menjanjikan,” kata H. Hadi.

Para siswa disekolah ini, tandas H. Hadi, dibekali dengan perawatan dan perbaikan motor otomotif, perawatan dan perbaikan sistem pemindai tenaga, perawatan dan perbaikan chasis dan suspensi otomotif, perawatan  dan perbaikan sistem kelistrikan otomotif untuk tekhnik kendaraan ringan. Untuk tekhnik komputer jaringan para siswa dibekali untuk menguasai bidang instalasi dan trouble shooting PC dan laptop, trouble shooting jaringan (LAN dan WAN), menguasai perakitan server dan admin jaringan, menguasai perakitan PC dan laptop, membangun jaringan LAN dan jaringan WAN serta memahami pembuatan Web. Sedangkan untuk program keahlian rekayasa perangkat lunak, para siswa dibekali untuk menguasai pembuatan aplikasi berbagai dekstop untuk single user, client server dengan VB. Net, Web dan PHP dan Java, DBMS dengan microsoft access, MySQL dan SQL Server serta memahami design graphis dan jaringan komputer.

Untuk program kompetensi keahlian adminitrasi perkantoran yang mulai dibuka tahun ajaran 2013-2014, kata H Hadi, para siswa dibekali dengan keterampilan dan pengetahuan memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran, mengoperasikan aplikasi perangkat lunak untuk mengelola dokumen, presentasi untuk mengelola bahan informasi, mengelola data informasi peralatan kantor, sistem kearsipan, dana kas kecil melakukan prosedur adminitrasi dokumen-dokumen kantor dan menangani surat/dokumen kantor dan penggandaan dokumen serta memahami pelayanan kepada pelanggan dengan komunikasi yang baik.

Sedangkan untuk tahun ajaran 2016/2017 pihaknya berdasarkan hasil permintaan dari masyarakat dan atas izin dari Dinas Pendidikan membuka program kompetensi keahlian Karawitan. Hal ini dalam rangka menjawab tantangan akan ketersediaan bursa kerja dari perusahaan yang berkecimpung dalam entertainment. “Dari hasil pembekalan tersebut berbagai prestasi akademik maupun non akademik diraih oleh siswa siswi SMKN 1 Kawali. Semenjak tahun ajaran 2017/2018 SMKN 1 Kawali bekerjasama dengan Lembaga BNSP dan LSP membekali siswa didik sehingga lulusannya berbekal dengan sertifikat BNSP dan LSP sudah bisa menjadi jaminan setiap lulusannya langsung terserap ke dunia kerja selain sertifikat yang sudah ada yaitu Mikrotonik, “ kata H. Hadi.

Wakasek Humas Hubin SMKN 1 Kawali, Totong Nurdiana, SPd menambahkan bahwa dalam rangka penyaluran bursa kerja saat ini pihaknya sudah menjalin MOU dengan perusahaan Mitra Nasional. Perusahaan tersebut diantaranya : PA. Andalas Kawali, BM Trijaya, Bengkel Dua Putra, PA. Bandasari, Yudi Bengkel, Bengkel Putra Jati, Bengkel Eco Gardu, LPK. Hidayah, BCS (Bhakti Computer System), Blue Net Service Mobil Printis, CV. Praktis Jaya Komputer, CV. Orbit Sarana Utama, Padasuka Motor, Bengkel Endin, Anugerah Motor, PT. Telkom Kuningan, Sinar Caraka, LPK Bina Karya, LPK ACC Kuningan, Bengkel Pengabdian, Hanum Jaya Motor Kuningan, Bengkel Cilagah, Bima Komputer, PT. Dirgantara Indonesia, PO. Harum Prima Bandung, Media Komputer Ciamis, Senjaya Motor Service, Satria Tech, Dn Gasela Motor, PT. Armada Perkasa Mobolindo.

Toyota Auto 2000 Tbk. PO. Patriot Bandung, Perum Damri, PT. Len Bandung, PO. Budiman, PT. Telkom Bandung, P4TK BMTI Bandung, UNIV. Widyatama Bandung, PT. Inti Bandung, PT. NJS (Nusantara Jaya Sentosa), Asep Maygiver ECS, Komtronik, PT. Bandung Sinergi Akses Teknologi (GREENLINK), PT. Dwi Cipta Busana, PT. Samcon Indonesia, PT. Hyundai Mobil Indonesia, PT. SUAI PO. Gapuraning Rahayu, PT. Sinar Berlian, PT. Setia Jaya Mobilindo, PT. Astra Internasional Tbk, PT. Plaza Auto PrimA, PT. Trimegah Auto Plaza, Mitra Bengkel, PT. Nurhandayani Mega Utama. “Saat ini saja sudah ada permintaan dari beberapa perusahaan yang berada di Subang Purwakarta terhadap anak didiknya meskipun anak didiknya belum menerima hasil Ujian Nasional,” kata Totong.

Selain langsung terserap ke dunia kerja lulusan dari SMKN 1 Kawali ada yang melanjutkan ke perguruan tinggi dan berwiraswasta. “Saat ini saja untuk lulusan tahun ajaran 2017/2018 sudah terserap 30 persen peserta didiknya ke dunia industri meskipun ijazahnya belum diterima oleh anak didiknya. Dan itu sesuai target pihak sekolah dalam satu bulan paska kelulusan minimal 15 persen lulusannya harus langsung terserap ke dunia kerja. Selain terserap ke dunia kerja minat melanjutkan ke perguruan tinggi juga cukup banyak diantaranya ke beberapa perguruan tinggi dan swasta serta sisanya menunggu bursa lowongan kerja dan berwiraswasta, “ kata Totong. (mamay)

 
Admin : Yudi
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

NUSANTARA BERSATU

PEMKOT CIMAHI

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost