Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) PDAM Tirta Galuh Ciamis Merancang Program Pemetaan Pelangaan Berbasis TI | Lawu Post

PDAM Tirta Galuh Ciamis Merancang Program Pemetaan Pelangaan Berbasis TI

Rabu, 08 Maret 20170 comments

Ciamis(LawuPost) - Perusahaan Daerah Air Minuman (PDAM) Tirta Galuh Ciamis merancang program pemetaan pelanggan berbasis teknologi informasi. Dengan teknologi tersebut aliran air ke setiap pelanggan bisa terpantau langsung di layar android, mulai dari sambungan, kondisi meteran letak pelanggan. Sehingga  memudahkan petugas untuk melakukan perbaikan jika terjadi gangguan dan untuk pengembangan. “Teknologi ini mempercepat pendeteksian  gangguan aliran air, percepatan perbaikan, pengawasan jaringan semua bisa dipantau  di layar monitor atau android dimanapun dan kapanpun selama jaringan internet tersedia, “ujar Direktur PDAM Tirta Galuh, Cece Hidayat.

Menurut Cece, inovasi di tahun 2017 ini akan meningkatkan layanan PDAM kepada masyarakat yang membutuhkan air bersih. Sehingga bisa memangkas waktu semakin banyak, ketimbang tidak menggunakan teknologi. “Biasanya saat terjadi gangguan tidak terbayang lokasinya, medan gangguannya. Sekarang tinggal klik, bisa terlihat situasi dan kondisi lingkungan rumah setiap pelanggan, “ujarnya.

Cece menambahkan, dari segi kemudahan pembayaran, tahun lalu PDAM sudah bekerjasama dengan kantor pos sehingga pelanggan bisa membayar di kantor pos di seluruh Indonesia. “Sampai sekitar 3000-an pelanggan sudah menggunakan jasa kantor pos dalam membayar tagihan PDAM, ini untuk memudahkan pelanggan membayar. Tidak harus datang ke kantor PDAM, namun yang nunggak masih tetap ada, “ujarnya.

Selain itu, jumlah pelanggan PDAM terus meningkat rata-rata 2000 pelanggan per tahun. Tahun 2016 jumlah pelanggan meningkat sekitar 2.300 sehingga total  pelanggan saat  ini mencapai  25.300 pelanggan. “Penambahan pelanggan sangat dipengaruhi faktor ekonomi masyarakat, jika daya beli masyarakat meningkat, masyarakat pun tidak akan sulit untuk memasang air PDAM, “ujarnya.

Cece mengklaim, pasokan air untuk ke pelanggan di wilayah Ciamis Kota tidak akan lagi mengalami kendala. Bahkan, pelayanan pasokan airnya pun bisa ditingkatkan menjadi 24 jam non stop. Hal tersebut dengan sudah dioperasikannya saluran pipa dari sumber mata air Gunung Cupu ke Instalasi PDAM Sindangrasa Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis.

Menurut Cece, suplay bahan baku air dari Gunung Cupu dan Sungai Citanduy  memasok 220 liter air per detik dalam setiap harinya. Jika begitu, lanjut dia, apabila dihitung dari kebutuhan air di Instalasi PDAM Sindangrasa saat ini, tentunya mengalami surplus bahan baku air. “Kebutuhan bahan baku air di Instalasi PDAM Sindangrasa hanya membutuhkan 120 liter per detik dalam setiap harinya. Dengan adanya surplus pasokan air, tentunya pelayanan PDAM di wilayah Ciamis Kota bisa ditingkatkan menjadi selama 24 jam non stop, ”katanya. Cece menjamin suplay bahan baku air dari Gunung Cupu dan Sungai Citanduy akan stabil, meski saat memasuki musim kemarau sekalipun.

Dukungan dan Peran Aktif Pelanggan PDAM
Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Galuh Ciamis, tegas Cece,  bertekad untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat utamanya para pelanggan. Hanya guna merealisasikannya, dukungan dan peran aktif para pelanggan agar kinerja dan pelayanan PDAM lebih baik lagi masih dinantikan.

Merespon aspirasi pelanggan menjadi penting, sebab kepuasan pelanggan dalam hal pelayanan menjadi prioritas bagi manajemen PDAM. Pihaknya juga terus menambah dan memperbaiki sarana prasarana guna memuaskan konsumen PDAM. “Beberapa SPAM sudah dibangun di sejumlah titik di Ciamis dalam rangka mendekatkan ketersediaan air bersih kepada masyarakat, “jelasnya.

Dewan Pengawas PDAM Tirta Galuh Ciamis, H. Herdiat Sunarya yang merupakan Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis mengapresiasi kinerja PDAM Ciamis yang terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan. Menurutnya, kemampuan PDAM mensiasati kualitas air saat musim hujan yang biasanya kotor, kini sudah bisa bersih. Hanya ia mengingatkan agar pelanggan jangan nakal. Karena beberapa kali ditemukan pelanggan yang masih berusaha mencuri air dengan merusak meteran air dan memotong saluran pipa. “Paling tidak sekarang kebocoran sedikit demi sedikit dikurangi agar PDAM tidak rugi, “ jelasnya.

Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifien mengatakan, keberadaan PDAM Tirta Galuh semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Apalagi saat ini sarana prasarana penyediaan air bersih PDAM terus ditingkatkan dengan bantuan yang datang dari pusat, daerah ataupun pinjaman modal perbankan. Pembangunan bendungan Leuwi Keris di sungai Citanduy di harapkan dapat mendukung dalam hal penyediaan air bersih di wilayah perkotaan Ciamis, sehingga tidak akan ada lagi istilah air tidak ngocor tatkala musim kemarau tiba. (mamay)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost