Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Sumur Bor Sumber Pengairan Sawah di Kab. Kuningan | Lawu Post

Sumur Bor Sumber Pengairan Sawah di Kab. Kuningan

Minggu, 04 Desember 20160 comments

Kuningan (LawuPost) Air merupakan kebutuhan pokok dalam kehidupan, untuk itu kita sangat membutuhkan sumber air yang baik dan layak dalam keperluan rumah tangga, industri maupun pengairan persawahan, dalam hal ini Dandim 0615/Kuningan Letkol Inf. Arief Hidayat, S.l.P beserta forkopimcam mendapingi dan memantau pembuatan sumur bor di Desa Cihirup Kec. Ciawigebang Kab. Kuningan. Jumat (02/12).

Terdapatnya sumber air bawah tanah di wilayah Kec. Ciawigebang tepatnya di Desa Cihirup benar-benar dapat diandalkan keberadaannya karena dapat dimanfaatkan untuk mengairi sawah seluas 30 hektar, sehingga kegiatan tersebut terwujud atas kerjasama Kodim 0615/Kuningan  dengan
Kelompok Tani Beber Jaya yang diketuai oleh bapak Rusdana.

Pengairan sawah yang terletak di Desa Cihirup, pada awalnya  hanya mengandalkan hujan tetapi dengan adanya sumur bor tersebut di harapkan dapat mengantisipasi tidak stabilnya curah hujan, bahkan untuk suplai air ketika petani membutuhkanya untuk penanaman padi yang berikutnya. Warga yang memanfaatkan sumber air ini sudah diwadahi dalam Kelompok Petani Beber Jaya.

Keberadaan sumur bor ini sudah mampu mengairi sekitar 30 hektar sawah petani, rencananya sistem pembagian aliran air dibagi kedalam blok-blok berdasarkan hari.
Dandim berencana akan membuat saluran air ke rumah-rumah dan pemukiman penduduk, walaupun keinginan ini masih sebatas hasil musyawarah beberapa pertemuan terakhir, pasalnya untuk mewujudkannya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, beberapa sumur warga yang dekat dengan sumur bor terkadang surut apabila intensitas penggunaan sumur bor terlalu  tinggi. (Pendam lll/Slw).
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost