Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) SMP Negeri 1 Ciawi Laksanakan Literasi Sekolah | Lawu Post

SMP Negeri 1 Ciawi Laksanakan Literasi Sekolah

Sabtu, 26 November 20160 comments

Kab, Tasikmalaya (LawuPost) Gerakan Literasi sekolah (GLS) dan West java Leader’s Reading Challenge (WJLRC) merupakan sebuah upaya untuk membentuk kelompok siswa yang melakukan aktivitas membaca, menulis dan diskusi buku secara terprogarm diluar jam sekolah, di bawah bimbingan guru yang ditugaskan untuk menjadi pembimbing. 
 
Kelompok ini dibentuk dan melakukan aktivitas dalam rangka menjawab tantangan, mampukan mereka secara tuntas membaca sejumlah buku dalam kurun waktu yang ditentukan. Dalam hal ini sejumlah buku yang dibaca minimal 24 buku dalam waktu 10 bulan.Maka untuk itu, beberapa hari yang lalu siswa-siswi SMPN 1 Ciawi melaksanakan kegiatan Literasi sekolah , yang di laksanakan sekitar lingkungan kampus sekolah dan diikuti sebanyak 40 peserta yang dibagi menjadi 8 (delapan) kelompok, masing-masing kelompok ada 5 peserta didamping oleh 1 orang guru pembimbing, selain itu dari masing-masing kelompok diberi nama mengambil dari Astronomi yaitu, Mentari, Bumi, Kejora, Bintang, Bulan, Venus, Pluto dan Mars.Dra. Euis Nurmanah M.Pd selaku perintis Literasi Sekolah, saat ditemui waratawan TC diruangan kerjanya mengatakan.
 
Kegiatan kali ini berbeda dengan hari biasanya, kami dari pihak sekolah sengaja mengundang orang tua siswa, tujuannya adalah selain bersilaturahmi, kami juga ingin mendapatkan tanggapan langsung serta masukan tentang program tersebut, sekaligus   mengenalkan apa itu program Literasi, dan melihat secara langsung anak-anaknya dalam mengikuti program literasi, jadi disetiap kelompok itu selain guru pembimbing damping pula oleh para orangtuanya masing-masing. Selain itu juga alhamdulilah, anak-anak kami dalam kurun waktu dua bulan ini, sudah ada yang mampu menghapal 4 sampai 8 judul buku. Bahkan ada salasatu siswi kami yang berprestasi  bernama Binta Tsania Fathimatuzzahro kelas VIII I dan mampu tampil pada saat acara launcing WJLRC di SMPN 1 Sariwangi. 
 
Maka untuk itu kami berharap mudah-mudhan dengan adanya program Literasi sekolah ini anak-anak lebih suka membaca dan bisa memeberikan wawasan lebih jauh lagi. dikeranakan ada pepatah buku itu adalah gudangnya ilmu. Katanya.Selanjutnya, salah satu orang tua siswa yang bernama ibu Rositawati menyampaikan, Literasi sekolah ini merupakan program yang sangat positif , apa lagi saat ini anak kami bisa mengikuti program tersebut, dan kami juga bangga kepada anak-anak mampu menghapal serta menguraikan buku-buku yang dibacanya, mudah-mudahan program ini bisa terus ada disekolah ini.
 
Lanjut lagi, di tempat terpisa Dra. Hj. Amih Fuji Rahmi M.Pd selaku kepala SMPN 1 Ciawi menegaskan, bahwa sebelumnya disekolah kami ini ada program budaya baca, yang pada saat itu di launcingkan oleh Bupati di sekolah kami ini. Dengan ada program GLS dan WJLRC tersebut, seluruh siswa-siswi SMPN 1 Ciawi sudah terbiasa dengan membaca, dikarena kebiasanan disekolah kami sebelum kegiatan belajar mengajar diwajibkan untuk membaca. jadi dengan adanya program literasi ini anak tinggal memilih, dan anak yang mengikuti program literasi itu harus betul-betul siap dikaranakan per bulanya itu ada tagihan. 
 
Maka untuk itu sekolah kami mengadakan penyeleksian, dari 90 peserta yang mendaptar ada 40 peserta yang tentunya sudah siap untuk mengikuti program literasi.Hj. Amih pun menambahkan, adanya program tersebut tentunya sekolah harus ditunjangi dengan fasiltas dan tempat ruangan yang cukup memadai. Maka dalam hal ini sekolah kami ini sudah siap dengan fasilitas ruangan membaca dan buku-buku dengan berbeda judul. kami sudah menyediakan buku tersebut kurang lebih dengan 1000 judul buku.
 
Buku tersebut didapet dari sumbangan alumi, dari sekolah melalui dana bos dan dari berbagai pihak lainya. Jadi kami berharap, dengan adanya program literasi ini, anak anak kami bisa mempertanggung jawabkan apa yang dibaca dan yang ditulisnya serta bisa memberi tambahhan ilmu dan dapat wawasan lebih guna tangtangan dimasa yang akan datang. tandasnya (Yr).
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost