Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Diklat Pengawas Pendidikan Dilingkungan Pemkab Tasikmalaya Tahun 2016 | Lawu Post

Diklat Pengawas Pendidikan Dilingkungan Pemkab Tasikmalaya Tahun 2016

Rabu, 05 Oktober 20160 comments

Kab, Tasikmalaya (LawuPost) Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Drs. H. Abdul Kodir, M. Pd, membuka Diklat Pengawas Pendidikan dilingkungan Pemkab Tasikmalaya, di Hotel Mangkubumi, yang diselenggarakan hari Kamis tanggal (15/9/2016). Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Lembaga Peningkatan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Barat, Ai Rosilah,    M. Pd, Ketua PGRI Kab. Tasikmalaya, H. Ahmad Djuhana, M. Pd, Inspektur Kabupaten Tasikmalaya, Dr. H. Iwan Saputra, M. Si, Kepala Bidang Diklat BKPLD Kab.Tasikmalaya, para peserta Diklat Pengawas Pendidikan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dan undangan lainnya.

Bupati Tasikmalaya dalam sambutan yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Drs. H. Abdul Kodir, M. Pd, mengatakan, pelaksanaan Diklat Pengawas Pendidikan yang dilaksanakan hari ini  merupakan pelaksanaan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyatakan bahwa Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah wajib membina dan mengembangkan tenaga kependidikan pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, ’’berdasarkan visi dan misi pendidikan nasional, pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak musia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab’’. ’’Peran pengawas sekolah sangat penting dalam mensukseskan program pendidikan nasional khususnya di Kabupaten Tasikmalaya karena para pengawas sekolah bertugas mengontrol dan memastikan bahwa penyelenggaraan pendidikan di setiap satuan pendidikan/sekolah minimal sesuai dengan standar kualitas yang teah ditetapkan  dan dapat terus ditingkatkan kualitasnya sehingga memiliki keunggulan’’, imbuh Bupati.

’’Tugas pengawas satuan pendidikan juga tidak hanya melakukan supervisi manajerial kepada kepala sekolah, namun juga membina guru melalui supervisi akademik, dalam pembinaan guru tentu harus mengacu pada kompetensi guru, terutama kompetensi professional berkaitan dengan proses pembelajaran, sejalan dengan teknologi serta teori-teori pembelajaran, maka gurupun dituntut mampu menguasai dan memilih pendekatan, strategi dan metode pembelajaran yang tepat, sehingga menjadikan siswa aktif, kreatif dan belajar dengan suasana senang serta efektif’’, jelas Bupati.

 Menghadapi   tugas   tersebut  pengawas  tentu  harus  menguasai  strategi/metode/teknik  pembelajaran/bimbingan/yang up to date, bila pengetahuan pengawas sudah ketinggalan, apalagi hanya mengandalkan pengalman tanpadidukung teori-teori, maka pengawas tidak akan mendapatkan respek dari para guruyang dibinanya, paling tidak  untuk jenjang pendidikan dasar pengawas harus memahami garis besar strategi pembelajaran mata pelajaran utama. ’’Keterampilan utama dari seorang pengawas adalah melakukan penilain dan pembinaan kepada guru untuk secara terus menerus meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas agar berdampak pada kualitasa hasil belajar siswa, untuk dapat mencapai kompetensi tersebut pengawas diharapkan dapat melakukan pengawasan akademik yang didasarkan pada metode dan teknik supervisi yang tepat sesuai dengan kebutuhan guru’’, jar Bupati.

 ’’Saya pesan agar saudara-saudara dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh,, bersikap proaktif dan menyerap seluruh materi yang disampaikan narasumber dan yang terpenting adalah nanti setelah selesai mengikuti diklat dapat mengimplementasikannya dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, dan ’’saya berharap seiring dengan peningkatan pengetahuan dan keterampilan, saudara-saudara dapat terus meningkatkan kinerja dan kontribusi yang nyata demi pembangunan di Kabupaten Tasikmalaya,’’imbuh Bupati.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Latihan Daerah Kabupaten Tasikmalaya, dalam laporannya yang disampaikan Kepala Bidang Diklat BKPLD Kab.Tasikmalaya, Drs. Tatang Kusnandar, MM., melaporkan, tujuan diselenggarakannya Diklat Pengawas Pendidikan sebagai salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya untuk meningkatkan kompetensi sumber daya aparatur pengawas yang handal dan berkompeten  dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, dalam jangka panjang kegiatan ini diharapkan menjadi salah satu upaya akselerasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Tasikmalaya. Di samping itu untuk memantapkan kesiapan sumber daya manusia aparatur khususnya Pengawas Sekolah/Madrasah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya. Setelah selesai Diklat para peserta diharapkan mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya yakni pembimbingan dan supervisi kepada para guru dan Kepala Sekolah dibawah tanggungjawabnya dengan lebih baik. (Yr)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost