Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Komisi I DPRD Kota Cimahi melakukan Sidak ke kantor Satpol-PP dan Damkar | Lawu Post

Komisi I DPRD Kota Cimahi melakukan Sidak ke kantor Satpol-PP dan Damkar

Minggu, 26 Maret 20230 comments


CIMAHI  -( LAWUPOST.COM)-
Komisi I  DPRD Kota Cimahi melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke kantor Satpol-PP dan Damkar Kota Cimahi, Rabu (1/2/2023). Salah satu yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah soal oknum anggota Satpol PP yang melakukan pemalakan terhadap para pedagang kecil. Pemalakan tersebut dipergoki langsung Ketua Komisi I DPRD Kota Cimahi dari Fraksi Gerindra, Hendra Saputra.

“Hal ini memang diluar dugaan, jadi diluar koordinasi dengan Kasat, bisa saja pimpinan bercerita begini A-B-C-D, tetapi di lapangan belum tentu dipatuhi anak buah. Namun hal itu dimungkinkan karena situasi dan kondisi, akhirnya oknum tersebut melakukan pemalakan,”kata Hendra seusai Sidak tersebut.

“Ya tapi kita juga harus sadar, merekapun pasti karena ada kekurangan dilapangan, karena mereka juga butuh anggaran, untuk jaga setiap malam, mungkin ide sebentar terpaksa mereka lakukan tanpa melihat resikonya,”tambahnya.
Hendra berharap hal seperti itu tidak terulang kembali karena masyarakat kecil itu harus dilindungi, dan bukan ditekan.” Alhamdulillah sambutan dari Pak Ganis responsif,” katanya.
Di samping itu, lanjut Hendra, pihaknya juga merasa prihatin keadaan ketersediaan armada angkutan Satpol-PP dan Pemadam Kebakaran, serta gedung kantor Satpol-PP yang tidak refresentatif dan perlu perhatian dari Pemerintah Kota Cimahi.


“Kita ingin tahu, permasalahan-permasalahan dilingkungan Satpol-PP,”ujarnya.  Selama ini, kata Hendra, banyak permasahan di masyarakat masalah Satpol-PP. “Ternyata setelah kami datang disini, banyak juga permasahan internal di Satpol-PP itu sendiri,”jelasnya

Dari hasil diskusi antara komisi I dan Satpol-PP, dampaknya menjadi hal yang positif, terutama untuk Satpol PP agar dapat lebih baik lagi untuk melayani masyarakat.

Hasil peninjauan Hendra, ternyata banyak kekurangan di Satpol-PP yang perlu dibenahi, seperti kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM),.”Bagaimana kita mau menegakkan Perda, sementara armadanya kurang. Kedua terkait fasilitas kendaraan operasional juga kurang, juga di Damkar, bagaimana mau melayani masyarakat, kendaraan Damkar sendiri sudah pada tua, sementara masyarakat sendiri perlu pelayanan cepat,” beber Hendra.

Hendrapun akan mendiskusikan permasalahan tersebut dengan pihak pemerintahan Kota Cimahi, terutama masalah anggaran. “Kita minta teman-teman di Bangar memberikan dorongan untuk pengajuan-pengajuan anggaran oleh Satpol-PP dan Damkar,”tandasnya.

Kasatpol-PP dan Damkar, Ganis Komarianto juga merasa senang atas kehadiran Komisi I dan jajarannya, yang telah memberikan masukan-masukan kedepannya, agar lebih baik, lebih maju dalam mengawal Perda, terutama Kota Cimahi, yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

Bahkan secara tegas, Ganis juga sudah menindak lanjuti juga tentang adanya oknum Satpol-PP yang melakukan pemalakan kepada para pedagang,. “Kami juga sudah menindaklanjuti tentang adanya oknum staf kami yang melakukan tindakan tak  terpuji, tapi intinya dalam tahun kepemimpinan saya, diawal kami sudah tegas, tidak ada lagi yang berbuat begitu,”tandasnya.

Karena kata Ganis, Satpol-PP dalam menangani menghadapi masyarakat, harus bersifat persuasif, terutama masyarakat kecil. “Kami sudah komitmen semua dengan Pejabat Satpol-PP/Damkar, bahwa tidak ada lagi hal-hal kegiatan yang merugikan masyarakat,”tandasnya.

“Bila itu terbukti, saya sudah tegas akan saya rekomendasikan keluar dari Satpol-PP, dan itupun sudah ada dukungan dari pimpinan kami, dari Pak PJ dan Plt Sekda mereka mendukung kami dalam penegakan perda, untuk ketertiban dan ketentraman masyarakat Kota Cimahi,” tegasnya.

Bahkan kedepanpun kata Ganis, pihaknya akan mempersiapkan apa yang diintruksikan oleh Komisi I, baik anggaran untuk prasarana kantor, dan alat-alat armada angkutan,.

“Kami akan persiapkan seperti SDM, sarana dan prasaran kantor, anggaran, mereka menunggu informasi-informasi dan ajuan-ajuan kami, dan akan dikoordinasikan dengan tim OPD terkait,” tandas Ganis.

Hadir dalam sidak Komisi I DPRD Cimahi selain ketua Hendra Saputra, Iwan Setiawan (Anggota) Sobari (Anggota) dan Edi Sofyan (Anggota), dengan didampingi Kasatpol-PP dan Damkar, Ganis Komarianto, SE, M.Si, Sekretaris, Titi Ratna Kemala, S.Sos, M.Si, Kabid Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Uus Supriyadi, S.Sn, MM, Kabid Ketertiban Umum, Ketentraman Masyarakat dan Perlindungan Masyarakat, Drs. Sumanto, MM, Kasi Pembinaan, Pengawasan dan Penyuluhan, Neneng Masto’ah, S.Ip, M.Si, Kasi Operasi dan Pengendalian,.

Kasi Penyidikan dan Penyelidikan, Karsa Hudan Wiriadiharja, SH, M.Si,, Kasi Perlindungan Masyarakat, Wahyu Harja Prayoga, SH, Kasi Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Aep Mulyana, SE, MM. (***)

Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost