Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Pembinaan Kader IMP Untuk Tingkatkan Wawasan Bantu Pelayanan Kepada Masyarakat | Lawu Post

Pembinaan Kader IMP Untuk Tingkatkan Wawasan Bantu Pelayanan Kepada Masyarakat

Rabu, 27 April 20220 comments

CIMAHI (LawuPost.Com) - Pemerintah Kota Cimahi menggelar kegiatan Pembinaan Institusi Masyarakat Perkotaan (IMP) dan Evaluasi Program Bangga Kencana Tingkat Kota Cimahi Tahun 2022 di Aula Gedung A Pemkot Cimahi Jalan Rd. Demang Hardjakusumah, Selasa (29/3/2022). Kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan wawasan para kader IMP agar bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Kota Cimahi.

Plt. Walikota Cimahi Ngatiyana dalam sambutannya mengatakan, kader IMP sekarang ini mempunyai 6 peran dalam rangka ikut mensukseskan proram KB. Meliputi pengorganisasian, pertemuan, kie dan konseling, pencatatan dan pendataan, pelayanan kegiatan dan kemandirian.

"Dengan enam peran baktinya, kader IMP telah menjangkau seluruh aspek, sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang nomor 52 tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan keluarga berencana, yakni pendewasaan usia perkawinan, pengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga, dan peningkatan kesejahteraan keluarga," ujarnya.

Menurut Ngatiyana, yang perlu juga dipahami oleh setiap kader IMP bahwa insensitas dan kualitas pelaksanaan enam peran bakti institusi  dari kader IMP selanjutnya akan diukur berdasarkan parameter yang telah ditentukan. "Berdasarkan peraturan presiden nomor 72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting, kami mengajak kepada semua kader IMP se Kota Cimahi yang sekaligus menjabat sebagai kader tim pendamping keluarga untuk bersama-sama dapat melaksanakan tugas pendampingan kepada keluarga dengan cara mengidentifikasi faktor risiko stunting dan melakukan pelayanan komunikasi, informasi dan edukasi pelayanan kesehatan dan pelayanan lainnya untuk pencegahan risiko stunting di kota cimahi," bebernya.

Dijelaskan Ngatiyana, kader IMP yang menjabat sebagai kader tim pendamping keluarga berperan sebagai pencatat dan pelapor data perkembangan pelaksanaan pendampingan dan atau kelompok sasaran.

"Dalam melaksaanakan tugasnya, tim pendamping keluarga bertanggung jawab dan melaporkan hasil kegiatannya melalui aplikasi edukasi atau sistem elektronik siap nikah dan siap hamil (Elsimil) atau secara berjenjang kepada tim percepatan penurunan stunting (TPPS) tingkat kelurahan," ungkapnya.

 

Saat ini Kota Cimahi memiliki jumlah tenaga lapangan terdepan-KB (Teladan KB) yang semula namanya tenaga penggerak desa atau kelurahan sebanyak 15 orang tersebar di 15 kelurahan, pos KB sebanyak 71 orang, sub pos KB sebanyak 320 orang, dan kelompok akseptor sebanyak 1.728 orang. “Dengan kekuatan tersebut, diharapkan akan mempercepat pencapaian program bangga kencana secara menyeluruh," terangnya.

Pihaknya berharap dengan adanya pertemuan pembinaan IMP dan evaluasi program bangga kencana tingkat Kota Cimahi tahun 2022 ini, dapat lebih meningkatkan wawasan para kader IMP, yaitu setiap pos KB, sub pos KB, dan kelompok akseptor KB dapat mensosialisasikan lagi pengetahuan dan wawasan yang telah diterima  kepada kelompok akseptor lainnya dan kelompok kegiatan (poktan), dan ketahanan keluarga.

“Sehingga dapat menerapkannya pada saat pelaksanaan  kegiatan dan pertemuan kelompok. Dengan begitu dapat terbentuk kelompok kegiatan ketahanan keluarga yang  aktif dan berkualitas akhirnya dapat terwujud atau tercapai keluarga  yang sejahtera di masyarakat," tutur Ngatiyana.***



Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost