Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Ngatiyana Apresiasi Hasil Karya Ilmiah STEM Yang Dihasilkan Siswa Meski Belajar DItengah Pandemi | Lawu Post

Ngatiyana Apresiasi Hasil Karya Ilmiah STEM Yang Dihasilkan Siswa Meski Belajar DItengah Pandemi

Rabu, 27 April 20220 comments

CIMAHI .(LawuPost.Com) - Sejumlah hasil karya ilmiah siswa ditampilkan dalam ajang Impress- Cimahi Sciencepreneur-STEM Festival 2021/2022 di Gedung Cimahi Techno Park Jalan Baros Kota Cimahi, Kamis (31/3/2022). Para siswa berhasil mewujudkan kreatifitas karya ilmiah meski pembelajaran berlangsung ditengah pandemi Covid-19.

Kegiatan terselenggara atas kerjasama Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi dan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kegiatan diikuti 10 SD, 45 SMP, Kepala Sekolah SMP 45 orang, Guru IPA 130 orang, dan Guru Non IPA 111 orang, serta 750 siswa SMP sebagai tim kolaborator sekolah.

Plt. Walikota Cimahi Ngatiyana mengatakan apresiasi terhadap Disdik Kota Cimahi dan P4TK IPA Kemendikbud yang sangat support agar siswa Cimahi bisa lebih baik dan bisa mengembangkan kreatifitas dan inovasi.

“Sangat bagus anak SMP sudah memiliki kemampuan di bidang IPA atau STEM. Anak-anak ternyata kreatifitas dan inovasinya tinggi, selama 2 tahun pandemi masih bisa menciptakan berbagai karya ilmiah dalam bidang STEM,” ujarnya.

Menurut Ngatiyana, para siswa mendapat kemajuan dalam pembelajaran STEM setelah mendapat bimbingan dan pelatihan. “Bisa menciptakan berbagai alat seperti robot pendeteksi banjir, alat buka pintu dengan sensor," ucapnya.

Ngatiyana menegaskan, SDM sebagai modal Kota Cimahi perlu ditingkatkan kualitasnya yang mumpuni dan berprestasi dalam berbagai bidang. Peningkatan kualitas tersebut perlu dilaksanakan secara berjenjang dan kontinu mulai dari sekolah dasar.

“Generasi muda kita perlu lebih mengenal dan belajar dengan pendekatan STEM (sains, teknologi, enginering, matematika secara terintegrasi). Secara umum, ada kebutuhan nyata bagi semua siswa untuk menjadi lebih terpelajar dalam bidang sains dan teknologi saat ini daripada di generasi sebelumnya karena teknologi dan sains memengaruhi dan membentuk kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Pihaknya berharap kegiatan ini dapat memberikan informasi mengenai produk ilmiah karya pelajar Cimahi dan memberi motivasi bagi siswa lainnya. “Diharapkan produk para siswa dapat diakses masyarakat luas dan dapat membantu mengatasi permasalahan masyarakat,” tuturnya.

Kepala Disdik Kota Cimahi Harjono bersama Kepala P4TK IPA Kemendikbud Enang Ahmadi mengatakan, diseminasi, sosialisasi dan realisasi Diklat-diklat yang dilakukan Kemendikbud P4TK IPA menjadi aktualisasi bagi peserta didik yang dapat diapresiasi. “Karena itu diberi ruang untuk ekspose bersama tingkat Kota Cimahi dan diharapkan menjadi selebrasi yang menyenangkan bagi peserta didik dalam belajar sains,” ujarnya.

Turut diumumkan pemenang dari lomba tersebut yang mendapatkan trofi dan penghargaan dari Pemkot Cimahi dan P4TK IPA Kemendikbud.*** 


Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost