Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Kapal Patroli Tercepat di Indonesia Perkuat Bakamla RI | Lawu Post

Kapal Patroli Tercepat di Indonesia Perkuat Bakamla RI

Kamis, 04 November 20210 comments

Batam (LawuPost.Com) Satu unit Kapal High Speed Craft (HSC) baru karya putra bangsa, secara resmi masuk jajaran kapal patroli Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI).

Peresmian kapal HSC yang bernomor lambung HSC 32-02 ditandai dengan penekanan sirene dan pengguntingan pita dalam suatu rangkaian acara peresmian yang dipimpin langsung oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia di Dermaga PT Palindo Marine Shipyard, Batam, Provinsi Kepri, Kamis (4/11/2021).

Adapun spesifikasi Kapal HSC tersebut memiliki panjang 14.30 meter, lebar 3.3 meter, bahan badan kapal alumunium, mesin 3 x 425 HP, kecepatan hingga mencapai 65 knots dan akomodasi 6 orang. 

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia dalam sambutannya mengatakan kapal HSC ini merupakan kapal kedua dimiliki Bakamla RI, dan sangat diandalkan dalam penegakan hukum khususnya di wilayah pesisir selat Malaka yang selain berbatasan dengan negara tetangga juga sangat terbuka sehingga memiliki potensi ancaman penyelundupan.

Menurutnya, karakteristik penyelundupan saat ini bergerak dengan menggunakan kapal berkecepatan tinggi sehingga untuk menghadapinya diperlukan aset patroli yang memiliki kecepatan tinggi pula. “Dengan hadirnya kapal HSC 32-02 diharapkan mampu meningkatkan daya gentar terhadap pelaku kejahatan penyelundupan yang secara tidak langsung akan menekan niat dan mereduksi aktivitas penyelundupan,” ungkap Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia.

Mengakhiri sambutannya, Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia mengatakan, kita patut bersyukur karena keberhasilan dari PT Palindo dalam membangun HSC ini yang merupakan wujud kemampuan industri maritim dalam negeri terhadap keamanan maritim nasional. “Saya berharap kedepan kerja sama terus dapat berjalan dan PT Palindo Marine Shipyard terus dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dalam penyediaan sarana patroli,” pungkas Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia.

Secara simbolik peresmian kapal HSC ditandai dengan pernyataan dari Kepala Bakamla RI yang menyatakan, “Pada hari ini Kamis, tanggal 4 November 2021, pukul 10.02 WIB HSC 32-02 saya nyatakan resmi sebagai unsur patroli Bakamla RI dan masuk dalam jajaran unsur patroli Zona Maritim Barat”. Kemudian dilanjutkan dengan penekanan sirene.

Sebelumnya acara didahului dengan penandatanganan naskah berita acara serah terima kapal dari Dirut PT Palindo Marine Shipyard Harmanto kepada Kepala Biro Sarpras Bakamla Laksma Bakamla Supriatno,  M.Tr (Han), kemudian penandatanganan naskah berita acara serah terima kapal dari Kepala Biro Sarpras Laksma Bakamla Supriatno, M. Tr (Han) kepada Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia dan penandatanganan naskah berita acara kapal dari Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia kepada Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat Laksma Bakamla Hadi Pranoto, S.Sos.,M.Si (Han).

Peresmian kapal HSC juga diwarnai dengan pemotongan pita oleh Kepala Bakamla RI yang dilanjutkan dengan peninjauan kapal serta sea trailtrail kapal HSC.

Kehadiran Kepala Bakamla RI pada acara peresmian tersebut didampingi Deputi Informasi Hukum dan Kerja sama Laksma Bakamla Drs. I Putu Arya Angga S, Kepala Unit Penindakan Hukum (UPH) Laksma Bakamla Iman Wahyudi, S. IK., M.Si., M.H., Kepala Biro Perencanaan Bakamla Laksma Bakamla Phundi Ruspandi, dan dihadiri tamu undangan dari Direktur Utama PT KAS Frengky, perwakilan Batalyon Infanteri 10 Marinir Setokok Mayor Mar Arif serta sejumlah pejabat lainnya. 

Seluruh rangkaian kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama dengan latar belakang kapal HSC yang baru saja diresmikan tersebut.


Autentikasi : Kabag Humas Bakamla RI Kolonel Bakamla Dr. Wisnu Pramandita, S.T., M.M., M.Tr.Hanla


Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost